PT Tekno Medicalogy adalah distributor resmi alat kesehatan | Izin PAK:  FK.01.01/VI/163/2017
Kategori Produk
harga Stetoskop 3M Littmann Classic

Stetoskop 3M Littmann Classic

Berat: 1.0 kg Brand: 3M SKU: 09100UKS

Dijamin original dan bergaransi

Stetoskop yang akurat dengan harga terjangkau. Mudah digunakan dan dirawat.

Download brosur Stetoskop 3M Littmann Classic

Harga Stetoskop 3M Littmann Classic :

Rp1,836,000.00
Rp1.415.000 22% off
Tersedia cicilan hingga 12 bulan dengan kartu kredit BNI
Quantity:

Produk yang dibeli bersamaan:

Stetoskop 3M Littmann Classic
Rp1.836.000
Rp1.415.000
Total = Rp1.480.000
( 2 of 2 items selected )

Deskripsi Stetoskop 3M Littmann Classic

Stetoskop

Stetoskop adalah peralatan medis akustik yang dipakai untuk auskultasi, atau mendengarkan suara dalam tubuh hewan atau manusia. Terdapat resonator berbentuk lempeng kecil yang diletakkan di dada, dan 2 tabung yang terhubung ke alat pendengar. Biasanya untuk mendengar suara paru-paru dan jantung. Kadang juga untuk mendengarkan usus dan aliran darah pada pembuluh. Kombinasi dengan sphygmomanometer digunakan mengukur tekanan darah. Terdapat juga stetoskop mekanik untuk mendengar suara mesin, untuk mendeteksi kesalahan pada mesin bagian dalam. Stetoskop juga dipakai memeriksa kebocoran pada ruang hampa udara, dan berbagai tugas akustik skala kecil. Stetoskop yang meningkatkan suara auskultatori disebut phonendoskop.

Sejarah, Stetoskop mula-mula buatan Laennec

Screen Shot 2017-03-26 at 10.56.13 AM

Stetoskop mula-mula

Screen Shot 2017-03-26 at 10.56.47 AM

Stetoskop jenis Traube terbuat dari gading

Stetoskop ditemukan di Prancis pada 1816 oleh René Laennec di Necker-Enfants Malades Hospital di Paris. Alat ini terbuat dari tabung kayu dan memiliki lubang dengar. Laennec menciptakan stetoskop karena dia tidak nyaman menaruh telinganya di dada wanita untuk mendengar suara jantung. Dia mengamati bahwa gulungan buku yang diletakkan diantara dada pasien dan telinganya dapat memperbesar suara tanpa adanya kontak fisik. Alat Laennec mirip dengan terompet telinga, salah satu bentuk alat bantu dengar; walaupun bentuk dan fungsi alat temuannya tidak jauh berbeda dengan terompet telinga atau mikrofon, Laennec menyebut alatnya dengan stetoskop (stetho- + -scope, "pemeriksa dada"), dan digunakan untuk "menyalurkan auskultasi", karena alat ini menghubungkan auskultasi antara tubuh pasien dan telinga pemeriksa. (Saat ini kata auskultasi menyatakan semua jenis mendengarkan, terhubung ataupun tidak). Stetoskop fleksibel pertama yang memiliki 2 lubang dengar dengan sambungan tidak begitu dijelaskan pada 1829. Pada 1840, Golding Bird pertama kali menampilkan deskripsi stetoskop tersebut pada tulisannya tentang desain awalnya dia menyebutnya sebagai terompet telinga berbentuk ular. Stetoskop Bird memiliki satu lubang dengar.

Rappaport dan Sprague mendesain stetoskop baru pada 1940, yang menjadi standard ukuran stetoskop lain, memiliki 2 sisi, yang satu digunakan untuk sistem pernapasan, yang lain untuk sistem peredaran darah. Alat Rappaport-Sprague lalu dibuat oleh Hewlett-Packard. Divisi produk kesehatan HP adalah bagian dari Agilent Technologies, Inc., yang menjadi Agilent Healthcare. Agilent Healthcare dibeli oleh Philips sehingga menjadi Philips Medical Systems, sebelum walnut-boxed, $300, stetoskop Rappaport-Sprague yang asli mulai ditinggalkan kira-kira tahun 2004, bersama dengan merek Philips (diproduksi oleh Andromed, di Montreal, Canada) model stetoskop elektronik. Model stetoskop Rappaport-Sprague berat dan pendek (18–24 in (46–61 cm)) dengan tampilan antik dikenali dari 2 tabung karet besar yang menghubungkan sepasang alat pendengaran berbentuk f dengan alat pemeriksa bagian dada.

Pada tahun 2015, Dr. Tarek Loubani mengumumkan sebuah stetoskop open-source 3D-printed berdasarkan model stetoskop pada era Littmann Cardiology 3 tahun 1960, yang habis masa patennya. Hasil 3D-printed hampir sama bahkan lebih besar dan lebih mudah dijangkau daripada stetoskop non-3D-printed dan membuat peralatan medis lebih mudah didapat, terutama di negara berkembang.

Penggunaan Stetoskop Terkini

Stetoskop merupakan simbol perawat profesional, karena seringnya terlihat stetoskop menggantung di leher mereka. Laporan penelitian tahun 2012 menunjukkan stetoskop memberikan dampak positif terhadap kepercayaan pada praktisi yang memakainya.

Perkembangan praktikal, ultrasonografi secara luas pada akhir 1990 hingga 2000 membuat para ahli bertanya kapan stetoskop menjadi tidak terpakai. Lainnya berpikir penggunaan stetoskop dan alat digital akan berubah sebelum stetoskop tidak terpakai lagi. Pada 2016, masih terdapat 2 sisi lempengan. Beberapa orang berkata stetoskop sudah mati atau sebentar lagi akan menjadi tidak terpakai. Pertimbangannya adalah karena hal ini bergantung pada segmen kesehatan (pelayanan medis darurat, perawatan, obat) dan spesialisnya. Stetoskop meemang berguna untuk mendengarkan paru-paru dan perut untuk petunjuk adanya penyakit. Tetapi para ahli menyatakan bahwa auskultasi itu berlebihan dan penggunaan stetoskop mungkin segera ditinggalkan.

Jenis - jenis Stetoskop

Stetoskop Akustik

Screen Shot 2017-03-26 at 11.04.47 AM

Stetoskop Akustik, dengan lonceng di bagian atas

Stetoskop akustik cukup umum bagi banyak orang, dan mengirimkan suara dari dada, melalui tabung berisi udara, ke telinga pendengar. Lempeng dada biasanya terdiri dari 2 sisi yang bisa diletakkan pada tubuh pasien untuk mendengarkan suara; diafragma (lempeng plastik) atau bel (mangkuk berlubang). Jika diafragma diletakkan pada pasien, suara tubuh akan menggetarkan diafragma, menghasilkan tekanan gelombang akustik yang disalurkan ke telinga pendengar. Jika bel diletakkan pada pasien, getaran dari kulit langsung menghasilkan tekanan gelombang akustik ke telinga pendengar. Bel menyalurkan suara frekuensi rendah, sedangkan diafragma untuk frekuensi suara yang lebih tinggi. Stetoskop 2 sisi ini ditemukan oleh Rappaport dan Sprague di awal abad 20.

Salah satu masalah dengan stetoskop akustik adalah kadar suara yang sangat rendah. Masalah ini diatasi pada 1999 dengan penemuan lumen bertingkat,  dan mekanisme akustik kinetik pada 2002.

Stetoskop Elektronik

Screen Shot 2017-03-26 at 11.05.01 AM

Stetoskop elektronik (atau stethophone) mengatasi suara yang rendah dengan memperbesarnya secara elektronik. Akan tetapi, pembesaran stetoskop menghubungkan artefak, dan klep komponen (respon frekuensi dari mikrofon stetoskop elektronik, arus listrik sebelum dan saat pemakaian, dan speaker) membatasi pembesaran suara dengan memperbesar suara menengah, dan mengecilkan suara frekuensi tinggi dan rendah. Beberapa perusahaan menawarkan stetoskop elektronik. Stetoskop elektronik perlu mengubah gelombang suara ke sinyal listrik yang dapat diperbesar dan diproses untuk pendengaran optimal. Tidak seperti stetoskop akustik, yang berdasar pada fisik yang sama, pemakaian pada stetoskop elektronik sangat beragam. Metode termudah dan kurang efektif untuk mendeteksi suara adalah dengan menaruh mikrofon di dada. Suara lingkungan dapat mengganggunya. Metode lain memakai stetoskop Welch-Allyn's Meditron, terdiri dari kristal piezoelektrik pada bagian atas, dan bagian bawahnya menyentuh diafragma. 3M juga memakai kristal piezoelektrik yang diletakkan dalam busa dibelakang diafragma dari karet tebal. Thinklabs' Rhythm 32 memakai Electromagnetic Diaphragm dengan permukaan dalam konduktif untuk membentuk sensor kapasitif. Diafragma ini merespon gelombang bunyi, dengan perubahan dalam medan listrik mengganti perubahan pada tekanan udara. Eko Core membuat transmisi tanpa kabel dari suara jantung ke smartphone atau tablet.

Karena suara dikirimkan secara elektronik, stetoskop elektronik dapat menjadi alat tanpa kabel, alat perekam, mengurangi suara bising, menguatkan sinyal, dan mengeluarkan output berupa gambar dan suara. Sekitar tahun 2001, Stethographics memperkenalkan peraangkat lunak berbasis komputer yang memungkinkan dilakukan phonocardiograph, tampilan grafis dari suara kardiologi dan pulmonologi yang ditampilkan menurut algoritma. Fitur ini sangat menolong untuk tujuan telemedicine (diagnosa terkontrol) dan mengajar.

Stetoskop elektronik juga digunakan dengan program Computer-aided Auscultation untuk menganalisa suara rekaman jantung atau suara jantung yang halus.

Recorder Stetoskop

Beberapa stetoskop elektronik memiliki fitur pengeluaran suara langsung yang dapat digunakan bersama alat perekam eksternal, seperti laptop atau perekam MP3. Sambungan yang sama dapat digunakan untuk mendengarkan rekaman auskultasi sebelumnya lewat headphone pada stetoskop, untuk penelitian lebih lanjut serta evaluasi dan konsultasi pada kondisi khusus pasien dan telemedicine, atau diagnosa terkontrol.

Terdapat beberapa aplikasi smartphone yang bisa dipakai sebagai stetoskop. Suatu alat memakai mikrofon telepon untuk memperkeras suara, menghasilkan visualisasi, dan mengemail hasilnya. Aplikasi ini dapat dipakai untuk latihan atau kesenangan, tetapi belum ada pengesahan untuk penggunaan medis profesional.

Diskusi Stetoskop 3M Littmann Classic


Tidak menemukan jawaban yang Anda cari? Tanya disini!
Pertanyaan Anda:

Review Stetoskop 3M Littmann Classic


Belum ada ulasan.
Perlindungan Pembeli
Full refund jika pesanan tidak diterima
Refund atau tetap miliki produk yang tidak sesuai dengan deskripsi
Butuh Bantuan? Hubungi:
  0897 7000 201
  087775554616
  info@medicalogy.com
Rekomendasi Produk
Rossmax Stetoskop Dual Head EB 200
92% off
Rp1.850.000
Rp132.225
Jabes Stetoskop
25% off
Rp6.600.000
Rp4.933.500
Stetoskop GC Warna Warni
26% off
Rp150.000
Rp110.000
GC Stetoskop Premier
50% off
Rp300.000
Rp150.000