Tips Memilih Lancet Sesuai Kebutuhan Anda

Woman Performing Blood Test on Herself

Bagi penderita diabetes, rutinitas cek darah bukanlah hal yang asing. Tidak hanya mempercayakan pada tenaga kesehatan, pasien diabetes juga dapat mengecek kadar gula darah secara mandiri. Selain mengukur gula darah, pengecekan darah juga kerap ditujukan untuk mengukur kadar kolesterol total, kadar asam urat, nilai hemoglobin, dan lainnya. Dalam proses pengecekan darah, setidaknya terdapat tiga komponen utama yang dibutuhkan, yakni: alat cek darah digital, strip pengukur (strip test), serta jarum lancet dan alat lancet (lancet pen).

Lancet merupakan jarum halus berujung tajam yang digunakan untuk melukai kulit yang bertujuan untuk mengambil sampel darah dari ujung jari. Jarum ini digunakan hanya sekali, sehingga apabila telah digunakan harus dibuang dengan benar. Ada beberapa jenis lancet yang tersedia di pasaran untuk memenuhi kebutuhan setiap pasien yang berbeda-beda. Jika Anda akan melakukan pengecekan darah secara madiri, maka sangatlah penting untuk memahami mana jenis lancet yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

lancet-100-pcs-box-32g

Ukuran

Lancet tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan diameter dan panjangnya. Diameter dinyatakan dengan satuan gauce (G) ataupun milimeter (mm). Panjang jarum dinyatakan dalam satuam milimeter (mm) dan mempengaruhi kedalaman tusukan. Sebagai contoh Lancet jenis Stainless Steel memiliki diameter 0,3-0,8 mm dan menembus 0,7-1,3 mm.

Jarum dengan nilai G yang semakin besar memiliki diameter yang semakin kecil, dan sebaliknya. Nilai G berada dalam rentang 12-38. Untuk pasien dewasa, ukuran standar lancet yang digunakan adalah 28G. Sedangkan panjang jarum berada pada kisaran 1-3 mm. Meskipun jarum yang pendek menghasilkan rasa sakit yang lebih sedikit, penusukan yang dangkal menghasilkan volume darah yang lebih sedikit yang mungkin tidak cukup untuk pengecekan darah. Apabila jumlah darah yang dibutuhkan kurang saat pengukuran darah, maka dapat menyebabkan error dan tidak memberikan hasil. Hal ini tidak efektif, karena Anda perlu membuang strip tes tersebut dan mengambil yang baru. Jadi, nilai G dan panjang lancet dapat disesuaikan dengan keadaan Anda melalui pertimbangan sisi kenyamanan dan toleransi rasa sakit Anda serta kebutuhan darah dalam pengecekan.

Ukuran lancet dapat dinyatakan pula dengan istilah lite, universal, extra, dan special. Lancet Lite menghasilkan sampel darah paling sedikit dan ideal untuk mengecekan gula darah. Lancet universal dapat digunakan untuk menghasilkan sampel darah yang lebih besar yakni untuk pengecekan hemoglobin, koagulasi, kolesterol, dan gas darah. Lancet extra dapat digunakan untuk pasien dengan kulit yang keras. Dan lancet special didesain untuk dengan pisau ultra yang tajam untuk menghasilkan sampel darah yang terbesar dari ukuran lancet lainnya.

 

Merk

Medicalogy menjual lancet dengan berbagai merk seperti Gluco Dr, Xinda, Safe Dr, GEA, Medilance Plus, Medilance Solo, Avico, Accu-Chek, Onemed, dan lain-lain. Setiap merk memiliki ciri khas masing-masing untuk menghasilkan pengecekan yang paling efektif bagi pasien. Dalam pemilihan lancet, akan lebih baik untuk menyeragamkan pemilihan merk dengan alat cek darah ataupun lancet pen.

Selain hal penggunaan ukuran yang tepat serta karakteristik jarum yang sesuai, hal terpenting dalam penggunaan lancet adalah single use. Yakni setiap satu jarum lancet hanya dapat digunakan untuk sekali pemakaian. Hal ini dikarenakan sifat jarum lancet adalah steril. Sifat steril ini dibutuhkan untuk menjaga pasien tidak terkena infeksi apapun karena dalam proses penusukan ujung jari memberikan jalur bagi virus/bakteri untuk masuk ke tubuh kita. Apabila telah usai menggunakan lancet, maka sangatlah penting untuk membuangnya secara benar dengan terlebih dahulu menutup bagian jarum dengan penutup karet. Selanjutnya dapat disimpan pada safety box atau wadah limbah medis khusus.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *