Memahami Fungsi Penggunaan Korset Lutut atau Deker

variteks-articulated-knee-stabilizerAktivitas sehari-hari manusia menuntut mobilisasi atau pergerakan tubuh yang baik, salah satu bagian tubuh yang berperan adalah kaki dengan aktivitas-aktivitas seperti berjalan, berlari, berkendara, hingga berolahraga. Pada aktivitas-aktivitas tersebut, mobilisasi kaki harus memiliki performa sebaik mungkin agar memberikan kenyamanan dan tidak mengganggu aktivitas tersebut. Performa yang kurang baik dapat menyebabkan tidak nyaman seperti nyeri, keseleo, cedera, hingga kerusakan sendi.

Lutut kaki merupakan bagian penting karena lutut menopang bobot tubuh, apabila lutut mengalami performa yang kurang baik tentu akan mengganggu dan menyulitkan aktivitas sehari-hari. Maka menjadi penting untuk mencegah atau mengatasi kondisi yang dapat mengganggu performa lutut kaki.

Pada kondisi dan tujuan tertentu, beberapa orang menggunakan alat pendukung berupa korset lutut  untuk meningkatkan performa lututnya. Perlu diketahui bahwa korset lutut memiliki beberapa fungsi berkaitan dengan kondisi lutut pada saat menggunakannya serta maksud dari penggunaannya, diuraikan sebagai berikut :

  1. Profilaksis atau Pencegahan

Dalam fungsi profilaksis, korset lutut berfungsi untuk melindungi lutut yang sehat dari tekanan atau beban berat saat beraktivitas dan mencegah atau menurunkan resiko terjadinya cedera. Cedera yang amat sering terjadi yakni pada bagian persambungan lutut atau yang sering disebut ligamen. Dalam kegiatan olahraga seperti berlari, melompat, dan angkat beban, korset ini melindungi sisi ligamen agar tetap stabil dan terlindung dari tekanan luar. Manfaat ini amat besar dirasakan oleh para atlet yang menekuni bidang olahraga setiap harinya. Untuk mencegah cedera lutut, tak cukup hanya dengan menggunakan korset lutut, namun harus dibersamai dengan latihan dan teknik yang benar agar gerakan yang dilakukan tidak mencelakai lutut.

Selain itu, beberapa korset lutut dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi nyeri lutut selama beraktivitas atau setelahnya. Korset lutut ini juga dapat digunakan untuk membatasi gerakan tulang lutut apabila dikendaki. Juga meningkatkan memampuan menjaga keseimbangan tubuh, misalnya untuk tujuan berdiri dengan satu kaki.

  1. Fungsional

Korset lutut juga dapat berfungsi sebagai pelindung lutut yang pernah mengalami cedera sebelumnya agar tidak mengalami cedera lainnya. Korset lutut dapat menstabilkan lutut yang tidak stabil akibat cedera dan mengkontrol gerakan agar terhindar dari cedera tambahan. Para atlet banyak yang menggunakan korset lutut untuk melindungi sendi lutut mereka yang telah disembuhkan dari cedera besar sebelumnya.

Selain itu, korset lutut juga dapat meredakan nyeri osteoarthritis lutut karena pada dasarnya korset lutut membantu meluruskan kembali lutut, menghilangkan tekanan dari area lutut yang rusak untuk menghilangkan rasa sakit dan mengembalikan fungsi lutut. Korset lutut adalah salah satu cara non-operasi untuk merawat osteoarthritis lutut dan/atau menunda kebutuhan untuk operasi penggantian sendi pada pasien osteoarthritis.

  1. Rehabilitatif atau Pemulihan

Selain fungsi pencegahan dan fungsional, korset lutut berfungsi sebagai pelindung saat lutut baru saja mengalami cidera atau setelah operasi. Penggunaannya dimaksudkan untuk menjaga struktur lutut dari beban berat dan menjaga lutut tetap stabil selama penyembuhan, sehingga korset lutut ini didesain sedemikian rupa yang memungkinkan pergerakan lutut menjadi terbatas.

Berkaitan dengan beberapa fungsi korset lutut yang telah dipaparkan diatas, kamu bisa memilih korset mana yang sesuai dengan yang Anda butuhkan di Medicalogy. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa penggunaan korset sebaiknya untuk tujuan pencegahan atau perawatan cedera lutut. Bukan menjadikan korset lutut sebagai penopang. Anda perlu untuk tetap melakukan program pelatihan untuk memperbaiki cedera dengan perubahan intensitas aktivitas sedikit demi sedikit untuk menghindari beban berlebih pada lutut.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *