Solusi Memilih Baju Pasien yang Sesuai

videoblocks-tilt-up-of-cheerful-female-patient-in-hospital-gown-chatting-and-shaking-hands-with-unrecognizable-doctor_sfzuaiwsdf_thumbnail-full01Memperoleh layanan tanpa diskriminasi merupakan salah satu hak pasien yang diatur dalam Permenkes RI No. 69 tahun 2014. Pernahkah Anda menyangka bahwa salah satu tujuan dari penggunaan baju pasien merupakan usaha perwujudan peraturan tersebut? Ya. Baju pasien mewakili kesetaraan dalam pengobatan yang akan diterima oleh setiap pasien hingga mencapai proses penyembuhan yang optimal. Ketika pasien datang ke rumah sakit dalam keadaan gawat darurat, maka sangat dimungkinkan ketidaklengkapan perihal kebutuhan pakaian pasien. Ataupun ketika pasien sedang dalam keadaan pakaian yang tidak bersih, misalnya pasien yang mengalami kecelakaan. Dalam dua kondisi tersebut, baju pasien menjadi hal yang sangat penting untuk keberlangsungan penanganan pengobatan pasien.

Baju pasien merupakan baju yang dirancang khusus untuk pasien. Tidak hanya pasien yang dirawat dirumah sakit, namun juga pasien yang dirawat di rumah membutuhkan baju pasien agar merasa lebih nyaman selama proses perawatan. Oleh karena itu, dalam hal memilih baju pasien perlu memperhatikan berbagai aspek. Setidaknya terdapat tiga hal yang dapat dipertimbangkan dalam memilih baju pasien yang paling sesuai.

Warna

Umumnya baju pasien tersedia dengan warna hijau dan biru. Kedua warna ini merupakan warna dengan spektrum yang berkebalikan dengan merah. Alasan inilah yang mendasari pemilihan warna baju pasien pada saat operasi. Ketika spetrum warna berkebalikan, maka warna merah dapat lebih jelas terlihat sehingga dapat meminimalisir kesalahan pembedahan selama operasi. Sementara warna putih cukup jarang menjadi pilihan karena mudah menyerap kotoran. Medicalogy juga memiliki pilihan baju pasien berwarna coklat yang memberikan kesan kenyamanan dan ketenangan.

Bahan

Pemilihan bahan juga merupakan hal yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan pada pasien. Bahan yang paling sering dipilih yakni adalah bahan katun. Bahan katun memiliki sifat yang lembut, ringan, menyerap keringat, tidak panas, dan sangat jarang menimbulkan alergi di kulit. Pemilihan bahan juga berkaitan dengan kemudahan dalam mencuci. Baju pasien harus selalu dalam keadaan bersih karena dalam keadaan sakit umumnya sistem imun tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit lain. Oleh sebab itu, bahan yang Anda pilih sebaiknya merupakan bahan yang mudah dicuci dan cepat kering.

Cara pemakaian

baju-pasien-do-p-03Kemudahan dalam penggunaan sangatlah penting untuk dipertimbangkan. Pasien yang dalam keadaan sulit bergerak membutuhkan pakaian yang mudah dipakai ataupun dilepaskan. Dalam hal ini, Anda bisa memilih model baju kimono. Baju kimono kerap juga dipilih untuk pasien yang hendak dipasang beberapa alat medis pada bagian dada. Jika dibutuhkan untuk menutup bagian depan tubuh pasien secara sempurna, Anda dapat memilih baju pasien model ikat belakang. Baju jenis ini umumnya digunakan untuk pasien bed rest ataupun hendak dibedah. Baju ikat belakang juga memudahkan tindakan medis pada pasien, misalnya hendak dilakukan anastesi ataupun penyuntikan.

Ukuran

Pada saat membeli, umumnya pembeli mendapatkan info spesifikasi ukuran baju pasien yang biasa dinyatakan dengan ukuran S, L, M, XL, ataupun XL. Apabila Anda tidak mengetahui ukuran yang sesuai, Anda dapat memilih ukuran all size.

 

Kualitas baju pasien sangatlah penting agar tidak mengganggu proses penyembuhan pasien. Baju pasien yang berkualitas dan sesuai kebutuhan dapat Anda dapatkan di Medicalogy. Selain kualitas yang terjamin, Anda juga dapat memperoleh harga spesial dengan beragam penawaran diskon di Medicalogy. Pembelian secara online amatlah praktis karena Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk berkunjung ke toko melainkan hanya menunggu pesanan Anda tiba dilokasi tujuan.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *