Seberapa Bagus Sih Benang Operasi Ini?

Seberapa Bagus Sih Benang Operasi Merk Covidien Ini? –  Operasi dilakukan dengan membuka bagian tubuh yang akan ditangani dan selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan. Operasi diakhiri dengan menjahit atau menutup luka. Dalam proses operasi, profesional medis akan membutuhkan berbagai perlengkapan salah satunya adalah benang operasi. Benang operasi juga seringkali disebut sebagai benang bedah. Sesuai dengan namanya benang operasi merupakan perlengkapan yang digunakan dengan bentuk benang. Benang bedah atau benang operasi ini berfungsi dalam mengikat atau ligasi pembuluh darah. Fungsi lainnya adalah untuk melakukan aproksimasi atau menyatukan dan mengikat jaringan.

Benang operasi memiliki beberapa spesifikasi khusus untuk bisa digunakan dalam pembedahan atau operasi. Beberapa spesifikasi tersebut antara lain harus steril saat digunakan, mudah digunakan,tensil strenght atau kekuatan memegang jaringan diketahui, massa penyerapan atau absorption ratenya diketahui, simpul aman, minimal trauma jaringan. Benang operasi memiliki beragam ukuran. Ukuran terkecil biasanya menjadi ukuran paling aman bagi setiap jenis jaringan. Ukuran terkecil dari benang operasi atau benang bedah adalah 11-0 atau 12-0, sedangkan ukuran terbesarnya adalah 1. Kemasan benang biasanya telah mencantumkan diameter serta panjang benang yang dalam satuan centimeter.

operasi

Penggunaan benang bedah atau benang operasi selain harus sesuai dengan spesifikasi khusus juga didasarkan pada pemilihan materi tertentu. Beberapa hal yang mempengaruhi pemilihan material benang antara lain: panjang dan lokasi sayatan, karakteristik biologi material dalam jaringan, karakteristik penyembuhan jaringan, keberadaan kontaminasi, infeksi serta drainese, masalah kesehatan lain yang dimiliki pasien serta karakteristik fisik material benang.

Secara garis besar ada dua macam jenis benang operasi yaitu non absorbable atau benang yang tidak dapat diserap tubuh dan absorbable atau benang yang mudah diserap tubuh. Penggolongan benang operasi juga bisa dilakukan berdasarkan bahan pembuatan, penggunaan dan untaian serat. Jenis benang absorbable akan terserap dalam tubuh dan terurai dengan aman. Penguraian tersebut terjadi bertahap dan tidak meninggalkan bekas jahitan. Enzim penyerapan yang berada dalam tubuh memiliki peran yang sangat besar untuk menyerap benang. Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan penyerapan benang bervariasi. Hal ini tergantung dari kondisi jaringan dan jenis benang yang digunakan. Proses penyerapan dapat berlangsung antara tiga hari hingga tiga bulan. Benang absorbable biasanya digunakan untuk jahitan bagian dalam tubuh atau digunakan secara internal. Jenis benang non absorbable berbeda lagi. Jenis benang ini dibuat dari bahan atau material yang tahan enzim penyerapan. Penghilangan benang non absorbable harus dilakukan secara manual karena benang ini berbeda dengan benang absorbable yang dapat hilang secara alami. Benang jenis non absorbable akan berada dalam jaringan tubuh selama bertahun-tahun jika tidak dihilangkan. Benang non absorbable umumnya digunakan untuk jahitan dibagian luar tubuh atau digunakan secara eksternal.

ini-dia-fakta-operasi-plastik-yang-harus-anda-ketahuiAda beragam bahan dalam pembuatan benang bedah ini. Anda bisa menemukan benang operasi dengan variasi bahan pembuatan. Beberapa diantaranya yaitu catgut dan bahan sintetik. Benang catgut berasal dari usus domba tepatnya dari lapisan sub. Mukosa usus domba. Bahan alami lain yang juga digunakan dalam pembuatan benang operasi catgut adalah serabut collagen tendon flexor sapi. Catgut terdiri dari dua jenis yaitu catgut murni dan catgut kromik. Catgut murni lebih cepat diserap tubuh dibandingkan dengan catgut kromik. Catgut kromik membutuhkan waktu dua hingga tiga minggu untuk bisa diserap tubuh sedangkan catgut murni membutuhkan waktu satu minggu. Benang operasi berbahan sintetik merupakan benang dari asam poliglikolik atau poliglaktin. Ada juga benang alami yang terbuat dari kapas dan sutera. Benang berbahan alami tersebut juga dapat bereaksi dengan tubuh meski minimal karena adanya zat kimia alami.

Jenis benang bedah juga bisa diklasifikasikan berdasarkan penampang benang yaitu benang monofilamen dan benang multifilamen. Benang monofilamen memiliki permukaan yang halus dan rata namun benang jenis ini tidak sekuat benang multifilamen. Benang multifilamen lebih kuat dan mudah digunakan namun kelemahannya adalah celah yang dimiliki bisa menjadi tempat bersarangnya mikroba.

Saat ini banyak sekali yang menyediakan benang operasi yang bisa anda temukan dengan berbagai merk yang menawarkan variasi harga dan jenis. Salah satu tipenya yaitu merk Codiven merupakan salah satu benang operasi yang bisa anda temukan di pasaran.

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *