Cara Kerja Autoclave Dalam Mensterilkan Alat Medis

Cara Kerja Alat Autoclave Dalam Mensterilkan Alat Medis – Berbagai alat kesehatan yang dipakai di seluruh pelayanan kesehatan pasti semua mengandung bakteri. Karena setiap harinya alat tersebut akan hinggap di tubuh pasien yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kebersihan di semua tempat pelayanan kesehatan menjadi suatu kewajiban untuk mendukung pula kesehatan sang pasien. Cara membersihkan peralatan medis itu pun harus dengan cara yang benar. Karena jika tidak, maka bukannya berkurang, bakteri justru akan semakin berkembang biak di alat medis itu dan suatu saat dapat berpindah ke pasien.

Autoklave

Ada satu alat yang digunakan untuk dapat mensterilkan alat-alat medis yaitu Autoclave. Autoclave sebenarnya tidak hanya digunakan untuk mensterilkan alat medis saja, tetapi juga untuk alat-alat laboratorium yang lain. Pada dasarnya, prinsip kerja Autoclave adalah seperti prinsip kerja alat kukusan yang biasa untuk menanak nasi dengan cara tradisional. Bedanya disini adalah, Autoclave memiliki tekanan yang sangat tinggi dan menghasilkan panas yang lebih tinggi daripada alat penanak nasi biasa. Tujuan dari suhu yang tinggi ini adalah untuk benar-benar mematikan bakteri yang menempel pada alat medis tersebut 100%.

0-fI3KishGT9xDDWIG

Prinsip Kerja dan Macam Autoclave

Tahap untuk sterilisasi sebenarnya tidak memakan banyak waktu yaitu sekitar 15 menit dalam suhu 121oC. Tetapi, waktu keseluruhan yang dibutuhkan untuk pemanasan awal untuk menaikkan suhu hingga pendinginan untuk menurunkan suhu memakan waktu kurang lebih 2 jam lamanya. Tujuan dari lamanya proses ini adalah untuk membunuh endospora. Endospora adalah sel resisten yang diproduksi oleh bakteri dimana sel ini tahan terhadap pemanasan, kekeringan dan antibiotic. Endospora dapat dibunuh pada suhu yang harus mencapai 100oC dimana suhu tersebut adalah titik didih air pada tekanan atmosfer yang normal. Kemudian, pada saat suhu dinaikkan menjad 121oC maka endspora dapat dibunuh dalam waktu 4 – 5 menit.

Karena alat medis yang dibersihkan cukup banyak, maka waktu yang diperlukan untuk membuat semua alat medis bersuhu 121oC akan semakin lama. Hal ini disebabkan karena transfer panas pada bagian dalam Autoclave juga melambat. Akan dibutuhkan waktu 10 – 15 menit untuk membuat panas itu merata ke seluruh alat medis.

Ada tiga jenis Autoclave yang kita ketahui adalah sebagai berikut :

  1. Gravity Displacement Autoclave

Setiap Autoclave yang membedakannya adalah proses penghilangan udara dari dalam Autoclave saat proses sterilisasi. Untuk Autoclave jenis ini, prinsipnya adalah memanfaatkan massa uap air yang ringan lalu dibandingkan dengan udara. Pada proses ini, udara lalu terletak di bawah uap air. Caranya adalah dengan memasukkan uap dari atas Autoclave sehingga udara tertekan ke bawah dan keluar melalui saluran bawah Autoclave. Setelah itu, suhu meningkat dan terjadilah sterilisasi. Autoclave ini bisa bekerja sampai suhu 121-134oC dan memakan waktu 10 – 30 menit.

  1. Prevacuum atauHigh Vacuum Autoclave

Autoclave ini bekerja dimulai dengan proses pengeluaran udara selama 8 – 10 menit. Dengan dilengkapi pompa yang mengevakuasi hampir semua udara dari dalam Autoclave membuat keadaan vakum tercipta dan uap dimasukkan ke dalam Autoclave. Akibatnya, uap akan segera melapisi seluruh permukaan benda. Lalu, suhu meningkat dan terjadilah proses sterilisasi. Proses ini bekerja pada suhu 132-135oC dengan waktu 3 – 4 menit.

  1. Steam-Flush Pressure-Pulse Autoclave

Autoclave ini bekerja menggunakan aliran uap dan dorongan tekanan di atas tekanan pada atmosfer secara berulang-ulang. Waktu sterilisasinya tergantung pada benda yang akan disterilisasi.

autoclave-yx-280d-18-liter

Cara Kerja Autoclave

  1. Cek dahulu volume air dalam Autoclave, pastikan tinggi air pada batas yang telah ditentukan. Lebih baik gunakan air hasil destilasi, untuk menghindari adanya kerak atau karat.
  2. Masukkan peralatan dan bahan. Pastikan semua bagian alat medis yang akan disterilisasi terkena air. Khususnya botol bertutup ulir, kendorkan tutupnya agar air bisa masuk.
  3. Tutup Autoclave dengan rapat dan kencang agar uap tidak keluar. Klep pengaman Autoclave jangan dikencangkan dulu.
  4. Nyalakan Autoclave, lalu atur timer minimal 15 menit dengan suhu 121oC
  5. Tunggu air mendidih untuk menciptakan uap yang memenuhi kompartemen Autoclave dan terdesak keluar dari klep pengaman. Kencangkan klep pengaman sampai selesai. Waktu 15 menit dihitung mulai dari tekanan mencapai 2 atm.
  6. Jika alarm berbunyi tanda selesai, tunggu tekanan dalam kompartemen turun sehingga tekanannya sama dengan udara di lingkungan (angka 0).
  7. Angkat isi Autoclave dengan hati-hati.

Mudah bukan terlebih jika anda membeli autoclave di medicalogy yang terjamin kualitasnya? Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Tetapkah berhati-hati saat melakukannya.

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *