Macam – macam Alat Tes Narkoba

Macam – macam alat tes narkoba –  Narkoba merupakan obat terlarang yang peredaran dan penggunaannya semakin menyebar dan membahayakan semua kalangan. Meskipun peraturan mengenai ancaman pidana bagi pengedar dan pengguna sudah ditetapkan, namun hal ini tidak menurunkan angka pengguna narkoba di Indonesia. Maka dari itu, beberapa instasi besar atau lembaga pemerintahan selalu meminta surat keterangan bebas narkoba kepada calon karyawannya.  Beberapa instasi terkadang tidak hanya meminta surat keterangan narkoba bagi para calon karyawannya, namun juga melakukan uji tes narkoba secara mendadak bagi para karyawannya di kantor masing-masing. Alat tes narkoba ini disebut juga alat tes urine narkoba karena menggunakan sampel urine dalam pengerjaannya.

Pemeriksaan narkoba sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang benar-benar pernah menggunakan narkoba ataukah tidak. Untuk melakukan tes narkoba sebenarnya sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu pergi ke BNN, rumah sakit umum terdekat, atau klinik kepolisian. Jika di rumah sakit umum biasanya anda akan ditanyakan jenis narkoba apa yang ingin dicek, tentunya dengan biaya periksa per jenis narkoba yang lebih mahal. Seperti kita tahu jika jenis narkoba ada berbagai macam, misalnya saja amphetamine, metaphetamine, opiate, marijuana, cocaine, dan benzodiazepine. Sedangkan jika melakukan tes narkoba di BNN dan klinik kepolisian anda akan mendapat beberapa hasil langsung mengenai keenam jenis narkoba tersebut dengan harga yang jauh lebih murah. Selain itu anda juga bisa melakukan jenis rapid tes, atau pemeriksaan yang dapat dilakukan sendiri secara cepat.

drugs

Berikut beberapa alat yang seringkali digunakan dalam melakukan pemeriksaan jenis zat narkoba :

  1. Rapid Tes Strip / Strip Test

Alat rapid test pertama yang bisa anda gunakan berbentuk strip atau berbentuk seperti alat cek kehamilan. Alat ini bisa digunakan untuk mengetes tiga jenis narkoba, yakni Marijuana (THC), Amphetamine (AMP), dan Morphine (MOP). Selain itu ada juga yang dapat mengetes enam jenis narkoba sekaligus, yakni Amphetamine, Metaphetamine, Morphine, Marijuana, Cocaine, dan Benzodiazepine. Alat ini secara khusus telah dirancang supaya mudah digunakan oleh siapa saja dan dimana saja tanpa membutuhkan keahlian khusus. Hanya butuh waktu 3-10 menit strip tes akan memberikan hasil yang akurat.

Alat strip test ini menggunakan metode imunokromatografi kompetitif kualitif menggunakan urin. Hasil nantinya akan ditunjukan oleh beberapa garis yang tertera pada alat. Jika hanya berupa 1 garis pada area control (C) itu berarti hasilnya positif, namun jika terdapat 2 garis pada area control (C) itu berarti hasilnya negative. Salah satu kelemahan penggunaan alat ini adalah, pembacaan hasil tidak dapat dilihat dalam jangka waktu yang lama, yakni hanya perlu waktu 5-10 menit setelah pemeriksaan. Lebih dari 10 menit hasil akan berbentuk positif palsu.

  1. Rapid Test Card / Card Test

Selain strip test, rapid test juga memiliki variasi lain yakni card tes. Penggunaan card tes hampir sama dengan strip tes, yang membedakan adalah jika pada strip test alat harus dimasukkan kedalam tempat yang telah berisi urine, maka pada card tes urin hanya perlu diteteskan pada card tess diantara zona sampel 3-4 tetes urin.

  1. Alat Tes Narkoba 3 Parameter

Alat ini bisa digunakan untuk memeriksa tiga jenis zat narkoba sekaligus, yakni Morfin, Marijuana, dan Ampetamine. Harga alat tes narkoba 3 parameter ini beragam tetapi biasanya di kisaran Rp. 20.000an per tes kit. Per box biasa dijual dalam kemasan isi 25 test kit.

  1. Alat Tes Narkoba 5 Parameter

Hampir sama dengan alat tes narkoba 5 parameter, sesuai namanya rapid test combo NAPZA 5 dapat digunakan untuk memeriksa 5 jenis zat narkoba sekaligus. Parameter yang diukur adalah sebagai berikut :

  • AMP Amphetamines (1000 ng/ml)
  • COC Cocaine (300 ng/ml)
  • MET Methamphetamines (1000 ng/ml)
  • MOR Heroin (Opiates/Morphine) (300 ng/ml)
  • THC Cannabis (50 ng/ml)
  1. Alat Tes Narkoba 6 Parameter

Terakhir untuk alat rapid test combo NAPZA 6 dapat digunakan untuk memeriksa enam jenis zat narkoba.

Test-Urine

Alat tes narkoba 6 Parameter mengukur Marijuana, Morfin, Amphetamine, methamphetamine, Ekstasi (MDMA), dan Kokain. Alat tes narkoba ini paling lengkap yaitu 6 parameter.

Secara umum kelima alat untuk memeriksa zat narkoba di atas menggunakan sampel urin. Urin merupakan salah satu sampel yang paling sering digunakan untuk memeriksa jenis zat narkoba karena dianggap paling akurat. Akan tetapi beberapa sampel lain juga bisa digunakan untuk memeriksa jenis zat narkoba yang ada dilama tubuh manusia, misalnya saja seperti saliva atau keringat, darah, dan rambut.

Itulah tadi beberapa jenis alat yang bisa anda pilih untuk melakukan pemeriksaan jenis zat narkoba. Anda bisa memilih jenis alat pemeriksaan jenis zat narkoba sesuai kebutuhan. Untuk beli alat tes narkoba di Palembang atau daerah mana saja di Indonesia bisa dilakukan di distributor alat tes narkoba terdekat di kota Anda atau beli di alkes online. (dwy)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *