Sentrifus Tangan, Ini Hal Yang Perlu Anda Ketahui!

Sebuah laboratorium tidak akan lengkap jika tidak memiliki sentrifus. Sentrifus merupakan alat yang biasanya digunakan pada medical ataupun laboratorium untuk memisahkan partikulat padat kedalam bentuk cair. Bentuk sederhana yang dimiliki sentrifus terdiri dari motor dan rotor atau juga kumparan sentral, alat yang dapat memutar rotor pada kecepatan tertentu. Untuk meletakkan wadah yang berisikan sampel, rotor dilengkapi dengan lubang-lubang atau yang dinamakan kepala sentrifus yang terlileksasi pada kumparan sentral. Selain itu tentu saja tabung yang berisikan sampel tidak ketinggalan.

Jenis Sentrifus Tangan

manual-ft (1)Pada saat kumparan sentrifus berputar, maka gaya sentrifugal akan bekerja terhadap tabung yang berisikan sampel. Tabung akan berayun pada posisi horizontal sehingga partikel yang berada dalam suspense terdorong pada dasar tabung. Partikel ini terkonsentrasi pada dasar tabung yang membentuk konsentrat, konsentrat ini dapat dipisahkan dari supernatant yang kemudian akan diperiksa.

Alat Alat Laboratorium Kesehatan dan Fungsinya

Sentrifus memiliki dua jenis berdasarkan penggeraknya, yaitu:

  1. Sentrifus menual atau sentrifus tangan

Seperti namanya, sentrifus ini digerakkan dengan manual menggunakan tangan untuk memutar engkol yang menjadi penggeraknya. Sentrifus manual ini bisa menggerakkan sampel yang ada ditabung sebanyak dua atau 4 tabung. Biasanya sentrifus tangan hanya digunakan untuk pemeriksaan konsentrat urine dan juga pemeriksaan parasit tertentu dalam fases.

Untuk memisahkan plasma darah dengan sentrifus tangan tidak dapat mendapatkan hasil yang sempurna, bisa dikatakan eritrosit dalam darah tidak bisa terpisah secara sempurna. Sentrifus ini bisa menyebkan kecelakaan yang besar jika tidak memperhatikan cara penggunaanya dengan tepat, berikut ini cara penggunaan sentrifus tangan:

  • Pertama pastikan sentrifus terkunci dengan kuat yang telah diletakkan pada permukaan yang tetap, seperti tepi meja.
  • Seimbangkan tabung dengan meletakkan secara bersebrangan
  • Untuk menjalankan, putar engkol pada sentrifus dan jaga jarak aman
  • Jika ingin menghentikan mesin kecepatan memutar engkol jangan dikurangi, akan tetapi tarik engkol dengan yakin dan menjauhi mesin.
  • Dengan perlahan dan juga hati-hati angkat tabung yang berisi sampel agar tidak merusak endapan.
  • Lumasi engkol secara berkala

Jika memiliki alat ini anda bisa membaca petunjuknya secara lengkap untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak pernah diinginkan.

  1. Sentrifus elektrik

hettich-rotor-1025Seperti dengan namanya sentrifus ini dijalankan menggunakan mesin yang tersambung dengan listrik. Dibandingkan dengan sentrifus tangan, sentrifus ini menghasilkan hasil yang lebih akurat, dan bila memungkinkan sentrifus ini sangat dianjurkan untuk digunakan. Sentrufus elektrik memiliki dua jenis kepala, yaitu kepala sudut (angle head) dan kepala ayun (Swing out head).

6 Alat Kesehatan yang Sering Digunakan Saat Pemeriksaan Medis

Jenis angle head menahan tabung selama sentrifugasi pada sudut 45 derajat. Jenis angel head ini berguna pada teknik pemeriksaan tertentu, seperti uji aglutinasi yang digunakan dalam penentuan golongan darah pada metode tabung reaksi. Jenis swing out head adalah yang sering digunakan. Swing out head dirancang dapat mengayun tabung berisi sampel dengan posisi horizontal selama proses sentrifugasi.

Sentrifus elektrik memiliki beberapa wadah tabung yang memang telah dirancang secara khusus, yang sesuai dengan model sentrifus yang digunakan. Sentrifus yang dibuat dengan hanya satu wadah untuk satu tabung sampel, memuat dua tabung dan memuat sembilan tabung dengan ukuran tabung yang berbeda. Selain itu sentrifus elektrik juga dirancang dengan jenis yang memiliki pengaturan waktu yang berguna untuk menghetikan secara otomatis sentrifus sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Memiliki bilik pendinginan sendiri yang berguna untuk mencegah pemanasan sempel selama proses sentrifugasi. Selain itu juga memiliki perhitungan rpm yang menunjukkan kecepatan mesin selama proses sentrifugasi, dimana komponen ini juga berguna pada beberapa metode dalam pengonsentrasian parasit.

Pada sentrifus elektrik ini tabung berisi sempel bisa saja pecah pada saat proses sentrifugasi, untuk mencegah hal itu terjadi pastikan selalu alasi dasar wadah tabung sentrifus dengan bantalan karet yang sesuai dan khusus diperuntukan untuk jenis sentrifus tersebut. Selain itu ukuran tabung juga bisa membuat tabung pecah, misalnya saja terlalu panjang ataupun terlalu pendek.

Untuk mencegah terjadinya bahaya lain jangan mengisi tabung sampel dengan penuh, pastikan sentrifus tertutup sebelum memulai, tingkatkan kecepatan secara bertahap sampai batas kecepatan yang diinginkan, dan jangan mencoba untuk membuka sentrifus sebelum alan benar berhenti.(dwi)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *