Mengenal Timbangan Badan Manual dan Timbangan Badan Lainnya

Timbangan atau neraca merupakan alat yang dipakai untuk melakukan pengukuran masa pada suatu benda. Timbangan ini dibagi menjadi dua jenis yaitu timbangan digital dan timbangan mekanik. Salah satu timbangan sederhana adalah neraca pegas dimana menggunakan pegas sebagai alat pengukur masa yang diukurnya. Neraca pegas untuk mengukur berat badan label angkanya sudah dibagi dengan gravitasi. Berdasarkan klasifikasi yang dimilikinya timbangan dapat dikategorikan menjadi beberapa bagian yaitu:

  1. Timbangan manual

Timbangan manual merupakan jenis timbangan dengan sistem pegas dimana bekerja secara mekanis. Timbangan ini biasanya bekerja menggunakan indicator yang berupa jarum untuk petunjuk ukuran berat yang telah terskala.

Menimbang Berat Badan setiap Hari dapat Menurunkan Obesitas!

  1. Timbangan digital

Timbangan digital adalah timbangan yang bekerja secara elektronis dalam mengukur masa. Timbangan digital ini dilengkapi oleh tenaga listrik yang akan menampilkan jumlah masa pada layar bacaan yang telah disediakan.

  1. Timbangan Hybrit

Timbangan hybrit ini memiliki cara kerja paduan antara timbangan manual dan timbangan digital. Timbangan hybrit ini menggunakan display digital akan tetapi dapa bagian platform, plat mekanik yang digunakan. Jadi jika tidak ada aliran listrik timbangan ini masih bisa digunakan.

Fungsi Timbangan

Berdasarkan penggunaan yang dimiliki, timbangan masih dikelompokkan lagi menjadi beberapa bagian yaitu:

Sudahkah-Anda-Punya-Timbangan-Berat-Badan-Ini

  1. Timbangan badan

Seperti halnya namanya timbangan ini digunakan untuk mengukur berat badan seseorang. Timbangan badan ini masih dikelompokkan menjadi beberapa, seperti timbangan bayi, timbangan badan anak, dewasa dan juga timbangan badan digital.

  1. Timbangan emas

Timbangan emas ini memiliki akurasi yang tinggi untuk mengukur berat dari emas.

  1. Timbangan gantung

Timbangan gantung adalah timbangan yang penenpatanya digantung dengan sistem tuas untuk mengukur masa benda.

  1. Timbangan duduk

Timbangan ini juga biasa disebut dengan timbangan platform scale, dimana benda yang di ukur dalam keadaan duduk.

Fat Body Monitor – Alat Pengukur Lemak yang Sedang Naik Daun

  1. Timbangan lantai

Timbangan ini digunakan untuk mengukur masa yang besar, sehingga timbangan ini diletakkan dipermukaan lantai

  1. Timbanga meja

Timbangan yang biasanya diletakkan diatas meja, timbangan ini bisa berupa timbangan manual dan timbangan digital.

  1. Timbangan ternak

Tentu saja timbangan ini digunakan untuk hewan ternak, seperti sapi, kambing dan lain-lain

Kabanyakan dari wanita pasti sangat peduli dengan berat badan yang dimilikinya, jadi sangat penting untuk memiliki timbangan badan dirumah. Tidak hanya wanita saja, pria pun juga perlu menggunakan timbangan badan untuk mengukur barat yang dimilikinya agar tidak terjadi obesitas. Jika memiliki berat badan berlebih bisa menimbulkan berbagai penyakit yang tidak kita inginkan, jadi memantau selalu berat badan sangat penting agar berat badan tidak naik. Jika belum memiliki timbangan badan, akan lebih baik jika membelinya. Sebelum itu berikut ini jenis timbangan badan yang perlu anda ketahui, jadi bisa menentukan timbangan badan mana yang akan anda pilih.

  1. Timbangan badan manual

Timbangan badan manual atau biasa disebut dengan timbangan analog dalam pengoprasianya tidak perlu listrik atau batrai dengan kata lain sistem yang digunakan pada timbangan ini adalah manual. Timbangan ini menggunakan jarum yang bergerak dalam menunjukkan hasil dari pengukurannya. Berat maksimal yang bisa dicapai untuk timbangan ini adalah sampai 130 kg yang dilengkapi tombol kalibrasi sehingga cocok untuk usia remaja dan juga dewasa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya timbangan ini diletakkan pada tempat yang datar. Jika mengukur berat badan akan lebih baik jika berdiri tegak agar hasil yang diperoleh maksimal. Dalam penggunaanya timbangan manual ini sebaiknya tidak  digunakan diatas karpet. Pastikan jarum yang terdapat pada timbangan dalam posisi 0 sebelum digunakan. Anda bisa mengatur pada posisi 0 jika belum, dengan memutar tombol pengatur yang ada pada timbangan.

  1. Timbangan badan digital

Timbangan badan digital ini bisa menghasilkan pengukuran yang lebih akurat dari timbangan badan manual. Cara penggunaanyapun sama, anda hanya harus berdiri dengan tegak diatas timbangan maka akan muncul angka dari pengukuran yang terdapat pada layar digital yang ada. Dalam pengoprasiannya timbangan ini menggunakan batrai atau harus menggunakan arus listrik. Beberapa timbangan digital dilengkapi dengan memori yang dapat merekam hingga 10 orang yang telah menggunakannya.(dwi)

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *