Alat Alat Laboratorium Kesehatan dan Fungsinya

carestart-g6pd-biosensor-rapid-test-kit

Di rumah sakit atau klinik, biasanya terdapat laboratorium medis atau kesehatan. Di ruang ini diolah hasil tes pasien untuk mengetahui seperti apa kondisi kesehatan pasien. Nah, di dalam lab kesehatan ini terdapat alat alat laboratorium berikut yang sering digunakan. Berikut ini jenis alat tersebut.

  1. Alat rapid test adalah alat yang digunakan untuk melakukan diagnosa medis secara cepat. Beberapa alat rapid test itu misalnya digunakan untuk tes narkoba, HIV, kehamilan, malaria, sifilis, malaria, dan lainnya.
  2. Alat cek urine. Sesuai namanya alat ini dipakai untuk mengetes urine. Bentuknya ada yang berupa alat dan ada juga yang berupa strip.
  3. Alat sentrifus. Alat ini sering digunakan digunakan di laboratorium medis untuk memisahkan cairan dan padatan dengan cara diputar sangat cepat.

Sentrifus ini banyak jenisnya. Ada yang berupa sentrifus tangan, mikroliter, desktop, atau hematokrit.

  1. Alat penyediaan darah juga wajib ada di laboratorium. Dengan alat-alat-alat ini proses pengambilan darah pasien akan lebih mudah dilakukan. Jenis alat ini juga banyak dan merupakan kesatuan yang saling melengkapi. Ada seperti cooling box untuk darah, alat penghangat darah, freezer darah, dan lainnya.
  2. Kulkas laboratorium harus ada. Sebab kulkas ini akan secara khusus digunakan untuk menyimpan kebutuhan lab. Jenisnya pun beragam, ada kulkas obat, freezer obat, dan freezer laboratorium.
  3. Alat cek sel darah. Nama alat ini adalah hematology analyzer. Dengan alat ini pekerjaan untuk mengukur dan memeriksa sel darah akan lebih mudah dilakukan. Bentuk dan tipenya pun beragam, ada yang semi otomatis dan ada yang otomatis.
  4. Alat mengecek ketahanan tubuh pasien. Alat ini penting dimiliki di laboratorium. Sehingga analis bisa mudah untuk memeriksa kadar pertahanan tubuh pasien. Dengan alat yang canggih ini, kondisi pasien akan cepat diketahui.

Itulah jenis alat alat laboratorium yang sebaiknya dimiliki. Apakah laboratorium Anda sudah memilikinya? Jika belum, bisa beli online di Medicalogy.com. Kualitas produk terbaik dan bergaransi disediakan situs tersebut.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *