Jenis – Jenis Alat Kesehatan di Rumah Sakit dan Kegunaannya

ekg 2016

Pernah ke rumah sakit? Kalau iya, berarti Anda sering melihat jenis – jenis alat kesehatan yang terdapat di ruang periksa dokter. Banyak alat yang terdapat di sana. Anda mungkin ingin tahu apa saja fungsi dan kegunaan alat-alat kesehatan tersebut. Berikut ini penjelasannya.

– Kalau masuk ke ruang bedah, di sana biasanya terdapat mesin anestesi. Fungsi dari alkes anestesi itu adalah untuk melakukan anestesi pada pasien. Biasanya sebelum pasien dioperasi akan dilakukan anestesi terlebih dulu. Sehingga kemudian proses operasi bisa lebih mudah dilakukan oleh tim dokter.

Alat anestesi ini biasanya terdiri dari sirkuit nafas, flowmeter, alat penguap (vaporizer), oksigen flush control, sungkup muka dan pipa endotrakeal.

– Lampu operasi, seperti namanya, digunakan saat melakukan operasi pada pasien. Dengan lampu ini, proses operasi akan lebih mudah dilakukan. Sebab sorot atau cahaya lampu akan membuat organ pasien yang sedang dioperasi menjadi terlihat jelas. Sehingga dokter pun bisa lebih mudah melakukan tugasnya dalam mengoperasi pasien.

– Masih di ruang operasi, biasanya terdapat alat electrosurgical yang digunakan saat operasi. Alkes ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kekurangan darah pasien saat proses operasi berlangsung.

– Di ruang obat rumah sakit, biasanya terdapat alat racik puyer. Sesuai namanya, alat ini digunakan untuk membuat obat puyer. Sehingga petugas obat lebih mudah menyiapkan obat yang dipesan.

– Kalau di ruang kesehatan paru, biasanya terdapat peak flow meter. Alkes ini digunakan untuk mengukur tingkat asma pasien.

– Masih di ruang dokter paru, biasanya juga terdapat alat pengeluar dahak. Dengan alat ini proses pengeluaran dahak bisa lebih mudah dilakukan.

– Kalau di ruang pemeriksaan jantung rumah sakit, biasanya terdapat mesin EKG. dengan alat ini, pasien akan diperiksa bagaimana kondisi jantungnya. Alat tersebut mampu mencatat aktivitas elektrik yang terjadi pada jantung pasien.

Nah itu tadi jenis – jenis alat kesehatan yang biasanya terdapat di rumah sakit. Sekarang, Anda menjadi lebih paham kan?

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *