6 Alat Kesehatan yang Sering Digunakan Saat Pemeriksaan Medis

Bagi tenaga medis dan dokter, penggunaan alat kesehatan itu mutlak diperlukan. Sebab dengan adanya alat ini kegiatan untuk memeriksa pasien akan lebih mudah dilakukan. Seperti saat mendiagnosa sebuah penyakit pasien, diperlukan alat-alat yang bisa mendeteksi mengenai kondisi yang sedang dialami pasien. Dengan alat tersebut juga bisa diketahui gejala-gejala yang berhubungan dengan sebuah penyakit. Sehingga kemudian dokter bisa memberikan penanganan yang tepat bagi pasien.

alat kesehatan

Berikut sejumlah alat medis yang sering dipakai dokter saat melakukan pemeriksaan kesehatan pasien.

1. Stetoskop adalah alat kesehatan yang paling terkenal. Alat ini identik digunakan oleh para dokter. Sekalipun tenaga medis yang lainnya pun dapat menggunakannya. Dengan alat ini, kondisi pasien bisa dideteksi dengan lebih mudah. Stetoskop ini digunakan untuk mendengarkan denyut jantung, paru-paru dan juga aliran daerah pada pembulus arteri dan vena.

Selain digunakan untuk diagnosa pasien secara umum, dokter juga sering menggunakan alat ini untuk pemeriksaan penyakit pasien secara khusus. Seperti misalnya untuk pasien yang sedang mengidap penyakit paru-paru, sakit bronkhitis, dan sakit jantung.

Sering kali alat ini digunakan bersama sphygmomanometer yang berfungsi untuk mengukur tekanan darah pasien.

Dalam perkembangannya, teknologi stetoskop ini terus mengalami perkembangan. Ada jenis stetoskop elektronik yang mampu mendeteksi dengan lebih peka mengenai kondisi di dalam tubuh pasien. Stetoskop elektronik ini bisa dihubungkan dengan komputer sehingga hasil diagnosa ini pun dapat disimpan secara digital.

2. Sphygmomanometer adalah alat medis yang digunakan untuk mengukur tekanan darah pasien. Sehingga bisa diketahui bagaimana kondisi pasien secara keseluruhan. Alat ini sering digunakan tiap kali memeriksa pasien, apapun penyeakit yang sedang dialami.

Secara khusus, alat ini juga berguna untuk mendiagnosa pasien yang mengalami sakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, diabetes, dan lainnya.

Jenis atau tipe alat sphygmomanometer ini juga bermacam-macam. Ada sphygmomanometer manual yang sering terdapat di rumah sakit, ruang praktik dokter, maupun klinik kesehatan. Selain itu juga ada jenis sphygmomanometer aneroid. Kalau yang sifatnya praktis dan berukuran kecil, ada yang namanya alat pengecek tekenan berukuran mini dengan sistem digital. Ukurannya yang kecil memudahkan alat ini untuk dibawa. Penggunaannya juga mudah. Di samping itu juga ada sphygmomanometer digital dengan kemampuan yang lebih canggih. Biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang berguna untuk memudahkan pemeriksaan pasien.

3. Otoskop adalah alat kesehatan yan memungkinkan dokter untuk melihat kondisi liang telinga pasien. Alat ini sering digunakan saat memeriksa pasien yang mengalami infeksi telinga, mengalami telinga berdenging (tinnitus), pasien sering mengalami pusing, dan lainnya.

Jenis otoskop ini pun bermacam-macam. Ada yang biasa maupun yang canggih seperti Dinolite Pro Earscope Otoskop. Alat ini sangat berguna khusunya bagi para dokter THT, karena dapat memudahkan saat memeriksa pasien yang mengalami masalah THT.

4. Alat EKG adalah alat yang digunakan untuk memeriksa aktivitas elektrik jantung pasien. Dengan menggunakan alat ini, denyut jantung pasien dapat diketahui dengan akurat. Alat ini sering dibutuhkan untuk mendiagnosa penyakit jantung pasien.

5. Termometer juga sering digunakan, baik saat pasien dirawat di rumah sakit maupun saat masih di rumah. Saat ini jenis termometer ini beragam. Ada seperti termometer elektronik yang canggih yang bisa digunakan untuk mengukur suhu bagian tertentu pasien, seperti di mulut, dibawah ketiak, atau di telinga.

6. Penlight adalah alat berbentuk pulpen yang dilengkapi dengan penerangan. Dengan alat ini bisa membantu saat melakukan pemeriksaan pada mulut, THT, atau mata pasien. Alat ini sekalipun terlihat sepele tapi sangat diperlukan. Perlengkapan wajib yang harus dimiliki para dokter, dokter co-as, perawat, bidan, dan tenaga medis yang lain.

Banyak memang jenis alat kesehatan yang dibutuhkan dokter maupun rumah sakit. Sebab memang penyakit yang diderita pasien memang beraneka-ragam. Yang penting, dalam memilih alat kesehatan itu pastikan kualitas produknya terjamin. Sebab kualitas alkes itu berbanding lurus dengan hasil yang dimunculkan oleh alkes tersebut.

Jika memilih alkes yang berkualitas tidak bagus, bukan tidak mungkin diagnosa yang dilakukan bisa keliru. Sehingga kemudian dapat membuat penanganan yang dilakukan pun bisa salah. Untuk itu, utamakan selalu untuk membeli alat kesehatan berkualitas setiap kali hendak belanja alkes. Dengan menggunakan alkes yang bagus, nantinya juga berdampak pada kepuasan pasien saat Anda tangani. (Idr)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *