Alat Alat Kedokteran Umum yang Sering Dipakai

stetoskop-gc-warna-warni

Apakah nama alat alat kedokteran yang paling sering digunakan? Membahas soal ini sebetulnya sangat tergantung dari dokter jenis apa. Namun, secara umum yang paling sering dipakai adalah alat-alat yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit pasien dan memeriksa kondisi pasien.

Biar lebih jelas, berikut ini daftar nama alat yang sering digunakan dokter.

  1. Stetoskop. Ya, peralatan yang satu ini yang paling sering dipakai dokter. Alat ini berfungsi untuk mendengarkan suara yang terdapat di dalam tubuh. Seperti mendengarkan sura paru, memeriksa detak jantung, dan memeriksa gangguan pada usus dan lambung.

Sejak pertama kali ditemukan di tahun 1819, alat ini terus digunakan sampai sekarang. Hingga saat ini stetoskop ini sudah sering mengalami perubahan model hingga terlihat lebih modern.

  1. Otoskop (otoscope) adalah alat yang sering digunakan dokter THT. Sebab alat ini berfungsi untuk membantu memeriksa saluran telinga pasien. Dengan menggunakan alat ini, dokter bisa mengecek apakah telinga pasien mengalami infeksi.
  2. Termometer adalah alat yang paling dikenal pasien. Fungsi alat adalah untuk mengukur suhu tubuh. Jenisnya pun ada beberapa macam, seperti termometer oral dan resital,, termometer digital, dan termometer telinga.
  3. Penlight atau senter medis. Alat ini sering dibutuhkan dokter untuk mengecek telinga, mata dan hidung pasien. Dokter wajib memiliki alat ini sehingga kapanpun dibutuhkan bisa cepat digunakan.
  4. Tensimeter juga merupakan alat yang sering digunakan dokter. Tidak hanya dokter, tapi semua tenaga medis seperti perawat dan bidan juga akan sering memakai alat ini. Kegunaan alat ini adalah untuk mengecek tekanan darah.

Dalam perkembangannya, tensimeter ini ada yang model digital. Jadi dalam alat tersebut akan terlihat angka-angka yang menunjukkan tekanan darah pasien.

  1. Timbangan. Ya ini alat yang selalu ada di ruang dokter. Kegunaaannya untuk mengukur berat badan pasien. Selain timbangan, di ruang dokter biasanya juga terdapat pengukur tinggi badan. Setiap pasien sebelum diperiksa biasanya akan dicek terlebih dulu berapa berat badan, termasuk juga tekanan darahnya.

Ya, itulah alat alat kedokteran umum stetoskop-gc-warna-warniyang paling sering dipakai. Setiap dokter pastilah memiliki alat tersebut untuk digunakan saat memeriksa pasien.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *