5 Alat Alat Kedokteran beserta Fungsinya yang Paling Terkenal

Beurer-Timbangan-Badan-Digital-Baby-JPS-07

Saat kita pergi ke rumah sakit, dokter, atau puskesmes, pastilah kita akan melihat dokter menggunakan alat tertentu untuk mempermudah pemeriksaan pasien. Ya, itulah yang disebut dengan alat-alat kedokteran. Alat kedokteran itu banyak jenisnya. Supaya lebih tahu, Anda bisa menyimak daftar alat alat kedokteran beserta fungsinya berikut ini.

  1. Stetoskop adalah alat yang digunakan dokter untuk mendengar suara di dalam tubuh manusia. Stetoskop ini juga banyak jenisnya. Ada yang modelnya dual head, ada yang namanya jabes stateskop dan ada yang warna-warni.
  2. Timbangan adalah alat untuk mengukur berat badan. Ya, ini adalah alat yang paling sering dilihat saat pasien datang ke dokter. Berat badan pasien penting diketahui sebagai informasi bagi dokter untuk memberikan penanganan yang tepat.
  3. Tensimeter adalah alat kedokteran yang dipakai untuk mengukur tekanan darah (tensi) seorang pasien. Sering dokter menggunakan alat ini sebagai alat bantu untuk mengetahui bagaimana tekanan darah pasien. Sehingga bisa diputuskan kemudian bagaimana cara pengobatan yang tepat supaya pasien cepat sembuh.
  4. Termometer adalah alat di dunia kedokteran yang dipakai untuk mengukur suhu tubuh. Dengan menggunakan alat ini bisa diketahui berapa suhu pasien.

Selain penting dimiliki dokter, rumah sakit, puskesmas dan klinik kesehatan, termometer juga penting ada di setiap rumah tangga. Gunanya, supaya bisa dipakai saat ada anggota keluarga yang tiba-tiba suhunya naik. Dengan menggunakan termometer ini, kita jadi tahu sampai berapa suhu anggota keluarga kita sehingga bisa kita lakukan tindakan yang tepat.

Supaya tersimpan rapi, alat termometer ini sebaiknya diletakkan di kotak P3K di rumah.

  1. Alat USG (Ultrasonography) juga termasuk alat dokter yang banyak dikenal pasien. Alat ini sering digunakan untuk mengecek janin di dalam tubuh tubuh hamil. Dengan alat ini, bisa diketahui perkembangan janin. Gunanya, mempermudah untuk mendeteksi jika ada kelainan pada janin maupun ibu hamil sehingga bisa dilakukan tindakan lebih dini.

Ya, itulah daftar alat alat kedokteran beserta fungsinya yang paling terkenal di Indonesia. Anda pun pastinya tahu alat-alat tersebut kan?

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *