Macam-Macam Alat Tes Darah

Macam-Macam Alat Tes Darah – Darah adalah salah satu hal  dalam tubuh manusia yang paling sering diteliti, sebab dari darah ini kita bisa mengetahui  bagaimana kondisi kesehatan seseorang. Itu sebabnya juga dalam dunia kesehatan  seperti rumah sakit  selalu membutuhkan stok alat cek darah, tahukah anda apa saja macam-macam jenis alat cek darah itu? Berikut daftarnya:

  1. Jarum Tes Darah Model Pulpen/Penlancets

Jarum tes darah model pulpen atau yang biasa disebut Penlancets ini adalah salah satu alat medis yang digunakan untuk mengambil contoh darah. Penlancet ini dipakai untuk membuat luka tusukan kecil dijari untuk mengambil darah kita dalam ukuran yang sangat sedikit. Pengambilan darah ini bisa digunakan untuk mengecek gula darah, kolesterol, ataupun asam urat seseorang. Penlancet ini dapat digunakan berulang kali, namun jarum yang digunakan dibagian dalamnya harus dipakai hanya sekali saja untuk menghindari kontaminasi dengan bakteri atau virus yang bisa saja membahayakan bagi orang lain/pasien lain. Dalam satu paket penlancet biasanya terdapat 10 buah jarum tes darah yang dapat digunakan secara langsung.

  1. Easy Touch GCU

Alat Tes DarahAlat tes darah Easy Touch GCU adalah alat cek darah dengan tiga fungsi sekaligus yaitu cek kolesterol,cek gula darah, dan asam urat.Waktu pengecekan dengan Easy touch GCU yang paling tepat adalah pagi hari sebelum sarapan pagi sehingga hasilnya akan lebih akurat. Masing-masing strip yang ada di Easy Touch GCU terdapat waktu kadaluarsa, untuk itu sebaiknya digunakan sebelum waktu kadaluarsa. Cara memakai Easy Touch GCU terbilang mudah langkah pertama masukan baterai dan nyalakan mesin kemudian atur jam, tanggal dan tahun pada mesin. Setelah itu ambil chip warna kuning masukan kedalam mesin untuk cek mesin, jika layar muncul ok berarti Easy Touch GCU siap digunakan.

  1. Nesco MulticheckAlat Tes Darah

Alat tes darah ini sangat multifungsi , dalam satu kali pengecekan , alat ini mampu mengecek kadar glukosa darah, tingkat asam urat, hemoglobin dan kolesterol. Alat tes darah ini juga sangat cepat dalam waktu satu kali pengecekan hanya membutuhkan waktu 6 detik saja untuk mendapatkan hasilnya. Nesco multicheck sangat mudah digunakan dan hasil pengukuran dari alat tes ini tidak diragukan lagi karena tingkat akurasinya yang yang cukup tinggi.

  1. Accu-Check Active Kit

accu-check-performa-strip-cek-gula-darah-isi-100Banyak yang menyebut alat ini sebagai alat yang efektif digunakan karena ukuranya yang tidak terlalu besar, beratnya juga cukup ringan, sekitar 0,3 kg , Accu Check Active Kit  merupakan alat yang tidak diragukan lagi akurasinya. Alat ini hanya memerlukan sedikit sampel darah yakni sekitar 1 hingga 2 mikroliter.  Selain itu alat ini juga bisa mengunakan semua sampel darah seperti arteri, vena, kapiler, dan neonatus, alat ini hanya membutuhkan waktu 5 detik untuk menunjukan hasil tes kepada pengunanya.

  1. Hematology Analyzer

Hematology Analyzer adalah alat yang Alat Tes Darahdigunakan untuk memeriksa darah lengkap dengan cara menghitung dan mengukur sel darah secara otomatis berdasarkan impedansi aliran listrik atau berkas cahaya terhadap sel-sel yang dilewatinya. Dengan sampel darah alat ini dapat mendiagnosis penyakit yang diderita seorang pasien seperti kanker, diabetes dll. Pemeriksaan hematologi rutin seperti pemeriksaan hemoglobin, menghitung sel leukosit, dan menghitung jumlah sel trombosit.

Prinsip kerja alat ini dengan pengukuran dan penyerapan sinar akibat interaksi sinar yang mempunyai panjang gelombang tertentu dengan larutan atau sampel yang dilewatinya. Alat ini bekerja berdasarkan prinsip flow cytometer. Flow citometri adalah metode pengukuran (=metri) jumlah dan sifat-sifat sel (=cyto) yang dibungkus oleh aliran cairan (=flow) melalui celah sempit tersebut sedemikian rupa sehingga sel dapat lewat satu per satu. Kemudian dilakukan perhitungan jumlah sel dan ukurannya. Alat ini  juga dapat memberikan informasi intraseluler termasuk inti sel.

Cara mengunakan alat ini adalah sebagai berikut : yang pertama hubungkan kabel power ke stabilisator (stavo) lalu hidupkan alt (saklar on/off ada di sisi kanan atas alat), alat akan self check, pesan “please wait” akan tampil dilayar kemudian alat akan secara otomatis melakukan self check kemudian background check pastikan alat pada ready, cara kerja pemeriksaan sampel darah harus dipastikan homogen dengan antikoagulan tekan tombol ID dan masukan nomor sampel lalu tekan enter kemudian tekan bagian atas dari tempat sampel yang berwarna ungu untuk membuka dan letakan sampel dalam adaptor, tutp tempat sampel dan tekan “run” hasil akan muncul pada layar secara otomatis .

Untuk mendapatkan beberapa alat tes darah tersebut, Anda dapat mengunjungi website medicalogy.com. Anda juga bisa mendapatkan alat kesehatan lainnya maupun info terbaru yang berkaitan dengan kesehatan.

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *