Cell Counter, Alat Hitung Kepingan Darah

Cell Counter, Alat Hitung Kepingan Darah – Darah merupakan salah satu cairan dalam tubuh manusia yang memiliki peran sangat penting bagi kesehatan manusia. Darah memiliki fungsi sebagai alat transportasi untuk mengangkut oksigen, karbondioksida, nutrien dan sisa metabolisme di dalam tubuh. Selain itu yang tidak kalah pentingnya, darah juga berfungsi sebagai alat komunikasi, yakni mengalirkan hormon dari kelenjar menuju jaringan sasaran, sebagai alat pertahanan tubuh (membaca antibodi dan sel darah putih untuk melawan infeksi), serta mengatasi pendarahan.

Mengingat darah memiliki fungsi yang sangat banyak dan penting, maka darah pun terdiri dari beberapa komponen seperti plasma darah sebanyak 55%, serta sel darah 45% meliputi sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan sel darah pembeku (trombosit). Selain itu, dalam darah juga memiliki zat antikoagulan, yakni sebuah zat yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah.

sel-darah-merah

Secara umum pemeriksaan darah yang sering kita lihat adalah mengetahui jenis golongan darah, padahal sebenarnya, ada beberapa jenis pemeriksaan darah yang jarang kita temui, yakni menghitung jumlah sel darah lengkap. perhitungan sel darah (CBC, complete blood cell count) merupakan penilaian dasar dari komponen sel darah.

Bagaimana Cara Menghitung Sel Darah Lengkap ?

Perhitungan sel darah dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah alat tertentu yang disebut cell counter. Cell counter merupakan sebuah alat penghitung sel darah yang bekerja secara manual maupun otomatis. Cell counter yang bekerja secara manual di antaranya ada hemositometer, yakni sebuah alat yang terdiri dari kamar hitung, kaca penutup, serta dua macam pipet. Sedangkan cell counter yang bekerja secara otomatis terdiri dari dua jenis, yakni blood cell counter sebuah alat yang dapat menghitung sel-sel darah dengan waktu yang sangat cepat, serta differential cell counter sebuah alat yang digunakan untuk mengklasifikasikan dan menghitung jumlah sel darah putih.

Mengapa Sel Jumlah Sel Darah Perlu Dihitung ?

Setiap sel darah, baik eritrosit, trombosit maupun leukosit memiliki jumlah dan bentuk khas yang berbeda-beda. Jumlah sel darah ketiganya dalam tubuh manusia memiliki kapasitas yang berbeda-beda pula. Ketika jumlah eritrosit, trombosit, maupun leukosit dalam tubuh sudah tidak sesuai dengan kapasitas normalnya dapat menyebabkan kelainan atau penyakit berbahaya lainnya. Misalnya saja, yang sering kita dengar adalah penyakit leukemia atau kelebihan sel darah putih. Hal inilah yang menjadikan perhitungan jumlah sel darah penting dilakukan.

heamocytometer-diff-cell-counter-dbc-9-9-keysPerhitungan jumlah sel darah menggunalan cell counter akan memberikan informasi yang lebih spesifik mengenai infeksi, jenis penyakit, atau kelainan yang dialami seseorang. Bisa juga dilakukan untuk mengatahui apakah ada infeksi virus, bakteri atau parasit. Sehingga, dengan begitu berbagai permasalahan kesehatan bisa diatasi dengan penanganan yang tepat.

Jenis cell counter yang dijual di pasaran sudah sangat banyak. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitupun dengan harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi. Diantaranya ada Cell Counter DBC-9, Cell Counter DBC-6, Cell Counter DBC-2, dan masih banyak lainnya. Perbedaan dari ketiga jenis tersebut hanya terletak pada jumlah Key, berat, totalizer, dan tentunya harga. Sedangkan untuk dimensi, kisaran, serta fitur-fitur lainnya semuanya memiliki spesifikasi yang sama.

Untuk dapat memiliki alat ini anda bisa membelinya di berbagai toko alat kesehatan, sebab alat ini sudah dipasarkan secara luas. Sebelum membeli pastikan anda mengetahui sistem kerja alat dan keaslian produk. Mengingat, semakin banyak peminat terkadang ada produsen nakal yang memproduksi produk imitasi demi mendapatkan untung yang tinggi. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan alat kesehatan berkualitas dengan harga bersaing, anda bisa mendapatkannya di www.medicalogy.com.

Medicalogy merupakan distributor alat kesehatan online terlengkap dan terbesar di indonesia. Medicalogy hadir untuk memenuhi kebutuhan semua masyarakat indonesia di berbagai daerah, terlebih lagi mereka yang memiliki kesulitan akses mendapatkan alat kesehatan. Semua produk alat kesehatan dari berbagai merek dan jenis, seperti Cell Counter DBC-9, Cell Counter DBC-6, Cell Counter DBC-2 tersedia lengkap di sini. Tidak hanya lengkap, medicalogy juga memeberika kemudahan dan keuntungan bagi para pelanggan setianya. Mau tahu apasaja kemudahan berbelanja di medicalogy ? Yuk segera ketahui dan buktikan sendiri dengan berbelanja mudah dan murah hanya di www.medicalogy.com. (dwy) 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *