Cara Kerja Alcoscan AL 6000

Cara Kerja Alcoscan AL 6000? – Alkohol adalah salah satu penyebab dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Bukan hanya itu, alkohol dapat merusak otak dan  membuat orang yang meminumnya menjadi lemah dan tidak fokus dalam melakukan kegiatan. Alkohol ternyata tidak hanya terdapat pada minuman keras. Tapi juga ada ditemukan dalam bahan makanan atau pada makanan yang sudah jadi, karena itu dengan perkembangan ilmu kesehatan sekarang ini ada sebuah alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi dan mengukur kadar alkohol dalam nafas kita yaitu Alcoscan AL 6000.

Alcoscan AL6000 adalah alat cek kadar alkohol dengan menggunakan hembusan nafas secara langsung dari mulut/bibir penggunanya. Cara penggunaan alat ini sangat mudah selain itu perangkat ini sangat higienis sehingga membuat kita tidak perlu khawatir dalam menggunakan alat ini. Alat yang terbilang canggih untuk menguji kadar alkohol dalam nafas, dengan desain yang portabel dan dengan tingkat akurasi yang tepat dan terpercaya. Cara menggunakan Alcoscan AL 6000 yaitu orang yang akan dites kadar alkoholnya meniupkan nafasnya ke alat Alcoscan AL 6000 yang kemudian akan menampilkan hasil dalam bentuk angka atau secara kualitatif. Angka inilah yang disebut  dengan Blood Alkohol Concentration (BAC) yaitu kadar alkohol dalam darah seseorang ketika tes dilakukan. Alat ini tidak dapat mendeteksi kadar alkohol setelah lewat 24 jam karena biasanya sekitar 1 ons senyawa alkohol akan tinggl dalam sistem metabolisme seseorang dalam waktu sekitar 1,5 jam .

[20061108 (LA/A3) -- (no caption) -- PHOTOGRAPHER: Myung J. Chun Los Angeles Times 20061108 (LA/F7) -- BOTTLED UP: Single-malt Scotches that have been finished in various woods, such as Oloroso sherry or Burgundy casks. -- PHOTOGRAPHER: Myung J. Chun Los Angeles Times] *** [Chun, Myung J. -- - 116490.FO.1019.scotch.MJC -- Single malt Scotch whisky. Photo shot on Thursday, October 19, 2006.]

Dalam beberapa menit setelah seseorang mengkonsumsi alkohol, kadar alkohol dalam darah perlahan akan naik. Tidak seperti makanan, alkohol diserap langsung oleh dinding lambung  kemudian menuju aliran darah, lalu diangkut keseluruh tubuh dan otak. Hal ini menyebabkan kadar alkohol dalam darah dapat naik dengan cepat setelah alkohol dikonsumsi. Kadar alkohol dalam darah bisa mencapai kadar tertingginya dalam 60 menit setelah mengkonsumsi alkohol. Adanya makanan dalam lambung juga akan meningkatkan waktu yang diperlukan untuk mencapai kadar alkohol tertinggi dalam darah. Sebagian besar alkohol terurai di dalam hati sementara sisanya akan dibawa keluar tubuh melalui urin dan melalui nafas yang dihembuskan. Ketika sesorang menghembuskan nafas ke alat Alcoscan AL 6000 ini, etanol yang terdapat dalam nafas akan teroksidasi menjadi senyawa asam asetat pada anoda alat, pada bagian katoda alat, oksigen atmosfir akan tereduksi menjadi asam asetat dan air. Arus listrik dihasilkan dari reaksi ini diukur dengan menggunakan mikroprosesor dan ditampilkan sebagai perkiraan kadar alkohol dalam darah atau  BAC oleh Alcoscan AL 6000.

alcoscan-al-6000-alat-cek-alkohol-1Alcoscan AL 6000 bekerja dengan menggunakan kombinasi dari waktu dan sensor tekanan untuk mencapai tingkat akurasi yang lebih tinggi dari alat detektor lainnnya. Memiliki dua mode pengaturan yang dapat diatur sesuai keinginan (mode normal dan mode cepat). Berdasarkan indikasi BAC, mode normal : (0.00-4.00% atau 0.000-0.4000% BAC atau 0.00-2.00mg/L BAC (Breath Alcohol Concentrate/kadar alkohol napas) dengan display LED.  Mode cepat (skrining) dapat mengganti pengaturan mode secara cepat dengan hasil skrining :”0”- tidak ada alkohol yang terdeteksi , “low” terdeteksi alkohol dalam jumlah yang cukup , “high” – terdeteksi alkohol dalam jumlah banyak, akan muncul peringatan (lampu flash di depan detektor). Selain itu Alcoscan AL 600 dilengkapi dengan sensor alkohol tipe semikonduktor, fungsinya untuk mendeteksi alkohol dalam nafas seseorang dengan sensitivitas yang sangat baik dan respon yang cukup utuk detektor alkohol, tingkat akurasi  kurang lebih 0.01%BAC pada 0.05% BAC.

Sebelum melakukan tes kadar alkohol dalam nafas tunggu hingga 15 menit setelah mengkonsumsi alkohol sebelum melakukan pengukuran. Sisa alkohol pada mulut dari minuman terakhir atau penggunaan mouthwash akan menyebabkan hasil pengukuran keliru, jangan merokok dalam 1 hingga 5 menit sebelum melakukan pengukuran BAC. Lakukan  jeda waktu sekitar 15 menit sebelum melakukan pengukuran alkohol selanjutnya, nyalakan alat dan biarkan alat melakukan pemanasan selama beberapa menit sebelum digunakan. Setelah itu letakkan bibir dengan baik pada mouthpiece. Bernafaslah dengan stabil dan terus menerus pada alat selama 4 hingga 6 detik. Gunakan satu nafas panjang setelah itu hasil pengukuran akan ditampilkan pada layar alat Alcoscan AL 6000 dalam beberapa menit setelah pengukuran dilakukan.(dwy)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *