18 Ciri Oximeter yang Bagus

Bagi pasien yang mengidap sakit jantung atau mengalami masalah pernafasan, penting untuk memiliki oximeter. Sebab dengan alat ini bisa membantu untuk mengecek kadar oksigen dalam darah. Namun tidak semua orang tahu seperti apa oksimeter yang bagus. Karena itulah kali ini Medicalogy akan jelaskan mengenai ciri-ciri oksimeter terbaik untuk Anda beli.

oximeter

1. Pengukurannya akurat
Ini salah satu ciri utama yang penting Anda perhatikan. Oximeter yang bagus itu mendeteksi kondisi denyut jantung dengan akurat. Sehingga kondisi pengguna selalu dapat terpantau dengan baik. Ketika terjadi kondisi memburuk, alat ini pun bisa membantu untuk mengetahuinya dengan cepat.

2. Ukurannya kecil
Agar lebih mudah dibawa, sebaiknya pilih oximeter yang ukurannya kecil. Sehingga saat hendak digunakan sambil beraktivitas pun tidak akan masalah. Untuk tempat menyimpannya mudah. Bisa ditaruh di tas atau cukup dimasukkan di saku baju atau celana.

3. Tidak Sakit
Oximeter yang bagus itu tidak terasa sakit saat digunakan. Jadi pengguna tidak merasakan apa-apa. Normal-normal saja seperti biasanya.

4. Multi fungsi
Ada oximeter yang selain bisa berguna untuk memantau kadar oksigen, bisa juga dipakai untuk mengecek denyut jantung. Kemampuan lebih yang dimiliki sebuah oksimeter ini akan sangat berguna.

5. Tahan lama, bisa sampai 24 jam
Ada oximeter yang bisa digunakan sampai 24 jam. Dengan begitu, pengukuran bisa terus dilakukan. Alat seperti ini sangat diperlukan bagi yang memiliki gagal jantung, penyakit paru-paru obstruktif kronis atau asma bronkial. Sehingga pemantauan terus-menerus dapat dilakukan tanpa berhenti.

6. Dapat di-charge
Ada oximeter bagus yang dapat di-charge dengan memaakai kabel USB. Ini membuat ketersediaan daya pada oximeter lebih mudah dijamin.

7. Awet
Oksimeter berkualitas itu yang awet. Yang dapat Anda gunakan hingga bertahun-tahun mendatang. Karena itu kualitas produk yang perlu dikedepankan dibanding dengan ahrga oksimeter yang murah.

8. Nyaman digunakan
Alat oksimeter yang bermutu itu terasa nyaman saat dipakai. Tidak menimbulkan sakit maupun terasa mengganggu. Ukurannya terasa pas saat dijepitkan ke jari kita. Dan bisa disesuaikan dengan jari-jari yang kita miliki.

9. Ringan
Biar lebih praktis, Anda sebaiknya pilih alat oximeter yang ringan. Sehingga saat dikenakan tidak akan terasa berat di jari.

10. Pengukuran berlangsung cepat
Oksimeter yang bagus akan dengan cepat menampilkan hasil pengukuran kadar oksigen. Jadi begitu dipasang, tak lama kemudian hasilnya pun langsung terlihat. Kecepatan dalam mengukur kadar oksigen ini juga penting. Sehingga ketika terjadi perubahan akan langsung diketahui. Jadi data yang muncul adalah data real-time.

11. Fleksibel bisa digunakan untuk dewasa maupun anak-anak
Oximeter berkualitas jempolan itu yang bisa mengkomodasi semua ukuran jari. Jadi baik digunakan oleh jari anak-anak maupun orang dewasa, sama-sama bisa.

12. Mudah digunakan
Oksimeter kualitas terbaik itu gampang digunakan. Jadi cukup dengan memasukkan jari ke dalam oksimeter, lalu tekan tombol power untuk mengetahui hasil kadar oksigen saat ini.

13. Terdapat fitur alarm
Yang lebih bagus lagi adalah oksimeter yang dilengkapi dengan alarm. Jadi kita bisa atur sampai angka berapa hasil kadar oksigen itu daat ditolerir. Ketika angka tersebut terlampaui maka alarmpun akan berbunyi untuk mengingatkan pengguna maupun orang di sekitarnya akan kondisi kadar oksigen seseorang.

14. Desainnya bagus
Tak sekedar fungsi, oximeter terbaik tentu didesain cemerlang. Sehingga saat digunakan pun tidak akan membuat malu seseorang.

15. Sangat sensitif
Untuk pembacaan kadar oksigen terbaik, alat oksimeter ini memang ahrus sensitif. Sehingga proses pengukuran pun bisa berlangsung dengan akurat.

16. Terdapat software oximeter
Ada jenis oksimeter yang dilengkapi dengan software khusus. Dengan software tersebut, data kadar oksigen itu pun dapat dianalisis. Hal ini tentu akan sangat penting untuk melihat bagaimana kondisi pasien dalam periode tertentu.

17. Berfungsi baik untuk semua orang
Kadang ada oksimeter yang tidak bekerja optimal pada orang yang berkulit gelap. Namun oksimeter yang bagus tetap dapat mengukurnya dengan baik, tidak peduli apa warna kulit seseorang.

18. Bergaransi
Alat kesehatan yang bagus pastilah akan dilindungi dengan jaminan garansi. Karena itu, sebaiknya Anda membeli oksimeter yang semacam ini. Supaya lebih terjamin saat digunakan.

Inilah 18 ciri oximeter yang bagus untuk Anda miliki. Anda bisa perhatikan hal-hal ini sebelum membeli oksimeter supaya bisa mendapatkan produk alat kesehatan yang berkualitas tinggi. (Idr)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *