Alat Emergency Kit dan Obat yang Seharusnya Ada di Rumah

emergency kit

Di setiap rumah sebaiknya memiliki emergency kit. Guna memudahkan jika ada anggota keluarga yang sakit atau mengalami cedera. Dengan memiliki perlengkapan P3K ini, pertolongan terhadap anggota keluarga ini dapat dilakukan dengan cepat. Nah, tahukah Anda apa saja alat-alat P3K yang seharusnya dimiliki di setiap rumah itu? Dan apa saja obat yang harus ada di dalamnya?

1. Kotak P3K. Ini benda penting yang pertama kali Anda harus Anda miliki. Kotak ini nantinya yang akan menjadi tempat menyimpan obat-obatan dan peralatan P3K yang dibutuhkan.

Mengenai jenis dari kotak P3K ini bermacam-macam. Ada kotak P3K kecil yang harganya murah. Juga ada tas emergency yang bagus digunakan untuk menyimpan peralatan kesehatan dan obat. Tas semacam ini penting dimiliki oleh petugas medis yang sering berkeliling. Sehingga tinggal masukkan semua peralatan yang dibutuhkan ke dalamnya. Jadi lebih praktis. Saat hendak pergi, tinggal bawa saja tas ini. Semua peralatan dan obat yang diperlukan sudah ada di dalamnya.

Ada juga yang berupa first aid responder kit yang dapat menampung banyak perlengkapan P3K. Sehingga saat terjadi situasi darurat, dengan sigap Anda siap untuk melakukan pertolongan pertama.

2. Perban P3KBenda ini juga harus ada di kotak P3K. Sebab sering digunakan saat memberikan pertolongan pertama.

3. Sarung tangan steril. Benda ini penting terdapat di kotak P3K. Agar proses pertolongan yang diberikan pada seseorang dapat berlangsung dengan baik.

4. Salep antibiotik. Salep ini sering digunakan untuk memberikan pertolongan pertama.

5. Termometer yang dipakai untuk mengukur suhu tubuh. Dengan alat ini, ketika ada anggota keluarga yang tiba-tiba suhunya naik, Anda pun dapat melakukan pengukuran segera. Ketika suhu tubuh mencapai batas yang tidak dapat ditolerir, maka Anda pun dapat melakukan tindakan lebih lanjut seperti membawa ke dokter atau rumah sakit.

6. Obat mata. Untuk mengobati sakit mata. Obat ini penting ada sebab terkadang anggota keluarga ada yang mengalami sakit mata. Anda bisa lakukan pertolongan pertama dengan memberikan obat ini.

7. Obat tanpa perlu resep. Seperti misalnya aspirin dan obat anti diare.

8. Gunting kecil. Sering dibutuhkan untuk menggunting perban. Pilih gunting yang tahan karat.

9. Pinset. Terkadang diperlukan saat melakukan pertolongan pertama. Seperti misalnya untuk mengambil benda berukuran kecil yang ada di dalam luka. Pinset ini juga dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menjepit kapas.

10. Selimut tahan api. Fire blanket ini memang tidak untuk dimasukkan ke dalam kotak P3K. Tapi alat ini sangat penting dimiliki di setiap rumah. Dengan selimut ini misalnya ketika ada kompor meledak atau ada api yang menjalar di dalam rumah, Anda tinggal menempatkan selimut ini di atas nyala api untuk memadamkannya.

selimut pemadam api

Aneka jenis selimut tahan api itu dapat dilihat di sini.

11. Antiseptik. Ini sering digunakan saat membersihkan luka, seperti ketika seseorang mengalami luka lecet, memar, luka bakar ringan, dan lainnya.

12. Alat kompres. Ini juga peralatan yang sering dibutuhkan. Saat ada anggota keluarga yang demam, kompres ini sering digunakan untuk mengkompres badan.

13. Kasa steril. Sering dibutuhkan untuk menutup luka.

14. Kapas. Diperlukan untuk membersihkan luka dan untuk mengoleskan obat.

15. Lampu senter. Dipakai untuk melihat luka jenis tertentu agar menjadi lebih jelas.

Tips Penggunaan Emergency Kit

Peralatan P3K lengkap ini harus selalu tersedia di rumah. Sehingga ketika ada kondisi darurat Anda siap langsung menggunakannya. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk menjaga keselamatan dan kesehatan anggota keluarga dengan berbekal kotak P3K.

1. Pastikan ada alat P3K lengkap yang selalu siap digunakan. Alat P3K ini harus ada di rumah dan di mobil. Jadi saat dimanapun, Anda selalu siap ketika harus menghadapi kondisi yang tidak diinginkan.

2. Periksa emergency kit ini secara rutin. Untuk mengetahui alat dan obat masih dapat digunakan. Jika misalnya ada obat yang sudah kadaluarsa, Anda pun dapat menyingkirkannya.

3. Ketika Anda di tempat kerja, Anda harus tahu dimana tempat P3K ini berada. Jadi ketika ada situasi darurat, Anda bisa lekas menuju tempat tersebut untuk meminta pertolongan pengobatan.

4. Sesuaikan dengan kondisi dan situasi. Jika misalnya Anda hendak berkemah atau camping, Anda perlu periksa apakah ada obat atau peralatan P3K tambahan yang perlu dibawa. (Idr)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *