18 Rahasia Panjang Umur

Banyak orang bertanya-tanya apa yang sebenarnya mereka inginkan dalam hidup. Harta berlimpah? Jabatan tinggi? Pekerjaan yang sesuai passion? Dari semua itu, sebenarnya satu hal yang semua orang menginginkannya : umur panjang. Ya. Semua orang ingin berumur panjang, bahkan jika memungkinkan semua orang ingin tetap terlihat seperti remaja berusia 17 tahun bahkan walau umur mereka menginjak 80 tahun, bukan? Banyak cara menuju sehat dan berumur panjang namun tentu saja, semua butuh komitmen dalam menjaganya, dan tentunya, pikiran dan hati yang positif. Berikut adalah 18 rahasia umur panjang yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Gaya Hidup Sehat

5436187312_20459aa532_o

Terdengar mainstream karena jutaan artikel telah membahasnya sebagai salah satu tips umur panjang. Tapi, memang inilah yang utama.

Gaya hidup sehat dapat diterapkan sebagai pencegah seseorang menderita penyakit kronis di usia tua. Dengan pola hidup sehat tubuh akan terasa lebih segar dan ringan sehingga menjadi nyaman melakukan aktifitas sehari-hari. Untuk membentuk tubuh yang sehat ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga. Makanan sehat antara lain harus mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, yang umumnya terdapat pada buah dan sayur. Sedangkan olahraga akan dapat memperlancar peredaran darah dan salah satu cara mencegah munculnya penyakit kronis.

Ketika umur kita bertambah, bagian akhir kromosom kita akan menjadi semakin pendek. Kromosom, atau sebuah unit genetik dalam inti sel kita, didalamnya tersusun DNA dan protein-protein. Hidup sehat merupakan salah satu cara untuk melindungi DNA kita sehingga kromosom tidak memendek dengan lebih cepat yang mengakibatkan kita lebih rentan terkena penyakit.

  1. Do your best and be a winner!

Sebuah penelitian selama 80 tahun menemukan bahwa orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam setiap pekerjaannya, teliti dan selalu melakukan hal-hal dengan cara yang benar, dapat hidup lebih lama. Orang-orang semacam ini biasanya punya kemampuan untuk mempertahankan hubungan dan mencapai karir yang baik. Di samping itu mereka adalah kelompok winner yang selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam setiap hal. So, let us be a winner!

  1. Memiliki banyak teman

2370121138_23a6e22a0b_m

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa memiliki banyak teman dapat memperpanjang umur. Memiliki banyak teman berarti selalu bersikap baik pada mereka- teman-teman yang kita miliki saat ini, melestarikan tali silaturahmi dan mau berkenalan dengan orang baru serta memiliki hubungan dengan mereka. Jadi, mari kita perluas networking kita!

  1. Memilih teman dengan bijak

Kita memang dianjurkan memiliki banyak teman, akan tetapi bukan berarti kita harus asal dalam memilih teman, terutama teman dekat. Akan lebih baik jika kita bisa memilih teman-teman yang membawa pengaruh baik untuk kita, salah satunya pilih teman yang juga memiliki gaya hidup sehat dan selalu berpikiran positif.

  1. Berhenti merokok

Merokok masih menjadi salah satu faktor resiko terjadinya berbagai macam penyakit, utamanya penyakit kronik. Sebenarnya apa yang menjadikan rokok sesuatu yang berbahaya? Kandungan zat kimia dalam rokok. Menurut penelitian, rata-rata satu batang rokok memiliki hingga 3000 zat kimia berbahaya. Beberapa yang utama, antara lain, nikotin, tar, formaldehida, aseton, arsenic, karbon monoksida dan masih banyak lagi. Nikotin dapat merusak struktur DNA dan berpotensi tinggi menyebabkan kanker, karbon monoksida merupakan gas beracun yang bisa menempel pada sel darah merah dan menyebabkan gangguan pengangkutan oksigen dalam darah sehingga berpotensi tinggi menyebabkan penyakit koroner.

  1. Tidur siang

Ya. Terdengar simple, walau mungkin banyak dari kita yang tidak melakukannya karena pada jam-jam tidur siang biasanya kita masih berada di kantor atau masih berkutat dengan pekerjaan sehingga sulit meluangkan waktu untuk melakukannya. Akan tetapi, siapa sangka ternyata tidur siang mampu memperpanjang usia kita, ini berdasarkan bukti yang scientific, atau penelitian yang akurat. Mereka yang terbiasa tidur siang memiliki 37% lebih rendah kemungkinan untuk terserang penyakit jantung. Kemungkinan hal ini dikarenakan pada saat tidur siang kadar hormon-hormon pemicu stress dapat menurun sehingga membantu proteksi jantung.

  1. Ikuti diet Mediterania

2421458561_a378d55663_m

Diet Mediterania kaya akan buah, sayur, gandum utuh, minyak zaitun, dan ikan. Diet ini dapat membantu kita terhindar dari sindrom metabolik, sebut saja obesitas, tekanan darah tinggi, dan gula darah tinggi.

  1. Makan seperti orang-orang Okinawa, Jepang.

Kita tahu bahwa orang-orang di Okinawa, Jepang hidup lebih lama daripada kelompok manusia manapun di bumi. Mereka memiliki diet tradisional yang disebut why, kaya akan sayuran hijau dan kuning serta rendah kalori. Hal ini ditambah lagi dengan kebiasaan mereka yang memakan hanya 80% dari makanan mereka di piring. Fakta ini diperkuat dari bagaimana generasi-generasi muda disana yang meninggalkan kebiasaan tersebut dan tidak hidup sama lamanya dengan generasi sebelum mereka.

  1. Carilah pasangan

15827663854_2fdcb5b89a_m

Percaya atau tidak, ternyata orang-orang yang menikah bisa hidup lebih lama, lho. Hal ini berdasarkan beberapa penelitian, yang dianalisa penyebabnya karena support ekonomi dan sosial dari pasangan lah yang mampu membuat hidup lebih bahagia dan lebih panjang umur.  Bahkan orang-orang yang cerai atau menjanda memiliki laju kematian yang lebih rendah daripada mereka yang sama sekali tidak menikah. Jadi, segera menikah ya..

  1. Turunkan berat badan

Kita tidak harus menjadi sekurus beberapa model catwalk agar bisa hidup sehat, tetapi setidaknya usahakan tidak mencapai overweight. Tubuh yang slim dapat membantu mencegah diabetes, penyakit jantung, dan penyakit-penyakit lain. Jika memang terlanjur overweight, kita bisa fokus pada mengurangi belly fat, atau lemak di perut. Caranya? Diet kaya serat dan exercise secara rutin terutama yang berfokus pada bagian perut. Jangan biarkan perut anda buncit..

  1. Keep moving

15496039145_b6387a96ea_m

Ya. Teruslah bergerak. Banyak bukti bahwa orang-orang yang melakukan exercise atau aktifitas fisik secara rutin hidup lebih lama daripada yang tidak. Tentu saja, karena aktfiitas fisik secara rutin membantu mengurangi munculya penyakit-penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, bahkan kanker. Well, bahkan depresi. Exercise secara rutin bahkan juga membantu kita untuk tetap sehat secara mental hingga usia tua. Tidak perlu exercise yang berlebihan, hanya dengan berlari kecil selama 10 menit, ditambah dengan olahraga ringan selama 2,5 jam setiap minggu sudah cukup.

  1. Kurangi konsumsi alkohol, atau, lebih baik jangan sama sekali

Terlalu banyak alcohol dapat meningkatkan resiko berbagai macam penyakit, salah satunya dapat meningkatkan tekanan darah, juga penyakit jantung. Jika anda tidak terbiasa meminum alkohol, jangan pernah memulainya.

  1. Jadilah religius

Orang-orang yang lebih religious dan rajin menghadiri pertemuan-pertemuan keagamaan hidup lebih lama daripada mereka yang tidak. Pada sebuah penelitian selama 12 tahun pada orang-orang berumur 65 ke atas, mereka yang hadir ke pertemuan keagamaan lebih dari satu kali seminggu memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibanding teman-teman mereka yang tidak. Melakukan kegiatan keagamaan bersama dapat meningkatkan kesehatan kita.

  1. Memaafkan

Belajar untuk tidak mendendam pada orang lain secara mengejutkan dapat menjaga kesehatan, lho. Kemarahan yang kronis apat memicu munculnya penyakit jantung, menurunkan kesehatan paru, dan masalah-masalah kesehatan lain. Memaafkan dapat mengurangi kecemasan, menurunkan tekanan darah, dan keuntungan-keuntungan ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya umur kita.

  1. Safety riding

3400633061_8dbb80b2b7_z

Di Amerika, kecelakaan adalah top 5 penyebab umum kematian, dan kasus teratas untuk mereka yang berusia 24. Salah satu cara untuk menghindari kecelakaan adalah memakai perlengkapan yang lengkap dan benar saat berkendara. Sabuk pengaman, contohnya, dapat menurunkan resiko kematian karena cedera serius akibat kecelakaan sebesar 50%. Demikian juga dengan berkendara menggunakan motor, cedera kepala merupakan penyebab utama kematian pada kasus ini, oleh karenanya gunakan helm saat mengendarai motor.

  1. Tidur cukup

Jadikan tidur cukup sebagai prioritas. Mengapa? Karena tidur yang cukup dapat menurunkan resiko obesitas, penyakit jantung, dan gangguan mood. Di samping itu, tidur cukup dapat menolong kita untuk lebih cepat pulih dari sakit. Sebaliknya, tidur kurang dari 5 jam setiap malam justru akan meningkatkan resiko kematian lebih awal. Oleh karena itu, biasakan tidur cukup setiap hari.

  1. Mengontrol stress

Kita tidak dapat menghindari stress, tapi kita dapat belajar mengontrollnya. Bagaimana caranya? Salah satu yang bisa anda coba adalah yoga dan meditasi, atau biasakan menarik napas panjang saat stress mulai muncul, atau melakukan pijatan ringan padabeberapa bagian  tubuh anda. Selain itu, anda bisa mengukur tingkat stress dengan stress analyzer, sebuah alat yang mampu mendeteksi stress baik stress fisik maupun psikis. Prinsip kerja alat ini umumnya dengan mengukur heart rate variability yang berpengaruh terhadap kondisi stress. Bahkan terdapat alat analisa stress smart pulse yang mampu mendeteksi status stress hingga adanya gangguan kardiovaskular atau sirkulasi darah. Dengan menggunakan alat ini akan membantu anda mengetahui secara pasti status stress apakah stress fisik atau psikis sehingga dapat segera dikontrol sebelum mencapai tingkat stress yang lebih tinggi lagi.

  1. Memiliki tujuan hidup dan melakukan aktivitas yang bermakna

Hobi dan aktivitas-aktivitas yang bermakna dapat memperpanjang hidup. Sebuah studi selama 13 tahun di jepang menemukan bahwa laki-laki dengan tujuan dan passion yang kuat memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena penyakit strok, penyakit jantung, disbanding mereka yang kurang yakin pada diri mereka sendiri. Memiliki arah hidup yang jelas juga membantu menurunka  resiko terkena penyakit Alzheimer.

Itulah 18 rahasia umur panjang dan hidup lebih lama. Overall, kuncinya adalah komitmen dalam melaksanakan tips-tips tersebut, apakah itu gaya hidup sehat, safety riding, dan jangan pernah menyerah ya untuk melaksanakannya. Mari kita sama-sama mencoba dan merasakan manfaatnya (uc).

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *