Mengontrol Asupan Oksigen melalui Oksigen Regulator dengan Aman

Oksigen merupakan suatu kebutuhan hidup yang sangat jarang dipikirkan meskipun memiliki nilai yang sangat penting bagi. Tanpa terkecuali, setiap manusia membutuhkan oksigen   setiap saat untuk dapat bertahan hidup. Bagi kebanyakan orang, kebutuhan ini memang tak perlu dipikirkan karena sistem pernapasan kita secara langsung mengambil asupan oksigen dari udara sekitar baik kita menyadarinya atau tidak. Tanpa pelu diperintah, tubuh kita memiiliki sistem regulasi pernapasan yang memastikan kebutuhan oksigen kita dari waktu ke waktu selalu terpenuhi selama oksigen tersedia di udara sekitar. Sayangnya, bagi beberapa orang dengan masalah sistem pernapasan, sistem ini tidak dapat berjalan dengan baik. Meskipun oksigen tersedia di udara sekitar dalam jumlah besar, mereka tidak dapat mendapatkan asupan oksigen yang cukup untuk memastikan tubuh berfungsi dengan baik. Untuk memastikan asupan oksigen yang cukup ini, mereka membutuhkan supply oksigen dari tabung dan oksigen regulator untuk menjaga aliran oksigen ke dalam tubuh pada jumlah yang dibutuhkan.

Kondisi yang membuat pasien membutuhkan bantuan dalam regulasi asupan oksigen

oksigen terapi, oksigen regulator, pernapasan

Berbagai macam masalah sistem pernapasan dapat menyebabkan gangguan proses pengabilan asupan oksigen yang cukup bagi tubuh. Gangguan bagi pasien dalam mendapatkan asupan oksigen ini pada umumnya hanya terjadi untuk jangka waktu yang pendek. Kebanyakan pasien dengan gangguan pernapasan membutuhkan terapi oksigen ketika mereka berada pada kondisi kritis atau dalam proses perawatan hingga masalah yang mereka miliki teratasi. Beberapa macam masalah kesehatan yang membuat seorang pasien membutuhkan terapi oksigen dalam waktu singkat diantaranya adalah kasus pneumonia berat, serangan asma berat, atau masalah Respiratory Distress Syndrome (RDS) yang baisa ditemui pada bayi yang lahir secara prematur.

Ketika kondisi kritis telah terlewati, pasien dengan masalah kesehatan diatas dapat kembali menikmati asupan oksigen yang teratur dari udara luar. Bagaimanapun pada beberapa kasus kesehatan tertentu, bantuan dalam regulasi asupan oksigen ke dalam tubuh pasien dibutuhkan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Pasien-pasien tersebut pada umumnya memiliki masalah kesehatan atau penyakit yang bersifat kronis seperti penyakit paru obstruksif kronis (PPOK) , gagal jantung stadium akhir, cystic fibrosis, ataupun gangguan sistem pernapasan lain yang menyebabkan pasien tidak dapat mengambil cukup oksigen bagi tubuh.

Perangkat alat-alat yang terlibat dalam terapi oksigen

Untuk dapat menjalani terapi oksigen dalam jangka waktu yang lama, seorang pasien tentunya harus mengerti dan memahami berbagai macam perangkat alat yang terlibat dalam proses terapi oksigen ini. Pemahaman ini bersifat kritis karena sebagian besar terapi ini akan dijalani tanpa adanya petugas medis di sekitar mereka. Selain itu, psien perlu menjaga kondisi dari perangkat terapi oksigen ini agar terapi berjalan dengan baik dan aman. Adapun perangkat alat yang umumnya terlibat dalam suatu terapi oksigen meliputi:

  1. Tabung oksigen sebagai tempat penyimpanan oksigen.
  2. Oksigen regulator yang berfungsi untuk mengatur tekanan dan kecepatan alir oksigen yang keluar dari tabung agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Oksigen regulator ini juga biasanya telah dilengkapi dengan flow-meter yang dapat menunjukkan kecepatan alir oksigen.
  3. Kanula atau selang pernapasan yang mengalirkan oksigen langsung ke lubang hidung pasien.
  4. Masker yang terhubung pada selang oksigen bagi pasien yang membutuhkan lebih banyak oksigen atau memiliki hidung yang tersumbatg sehingga penggunaan kanula tidak  dapat membantu pernapasan.

Penggunaan oksigen regulator dalam regulasi asupan oksigen

oksigen regulator, regulator oxygen, terapi oksigen
Perangkat Oksigen Regulator

Oksigen regulator bekerja dengan prinsip pengaturan tekanan gas dalam tabung agar oksigen dapat mengalir keluar dengan kecepatan dan tekanan yang sesuai dengan yang dibutuhkan pengguna. Secara umum, suatu oksigen regulator akan dapat mengatur aliran oksigen ke dalam sistem pernapasan dalam kecepatan 0 – 25 liter oksigen per menit. Kecepatan aliran oksigen setiap pasien ini akan berbeda-beda sesuai dengan yang dianjurkan oleh petugas medis yang bersangkutan dan jenis oksigen regulator yang digunakan. Biasanya okigen regulator yang digunakan pasien di rumah dalam terapi jangka panjang mengatur aliran oksigen pada kisaran 0-8 atau 0-15 liter per menit. Oksigen regulator dengan kapasitas regulasi 0-25 liter per menit umumnya digunakan oleh petugas medis dalam kondisi darurat. Dilihat dari sistem pengaliran oksigennya, terdapat dua macam jenis oksigen regulator, yaitu:

  1. Continous Flow Oxygen Regulator. Oksigen regulator pada kelompok ini merupakan yang banyak digunakan pada terapi oksigen, terutama dalam terapi jangka panjang. Regulator ini dapat dipasangkan di bagian atas tabung oksigen dan memiliki fungsi pengaturan bagi pasien agar dapat mengontrol kecepatan aliran oksigen yang diinginkan. Ketika kecepatan aliran oksigen telah diatur, maka oksigen akan dapat mengalir dari tabung oksigen dengan kecepatan yang konstan hingga persediaan oksigen dalam tabung telah habis. Jenis oksigen regulator ini biasanya menghabiskan oksigen dalam tabung secara cepat. Oksigen regulator jenis ini umumnya bisa didapatkan dengan mudah dan dalam harga yang juga cukup murah.
  2. Oxygen Conserving Regulator. Kelompok oksigen regulator ini memiliki pengaturan tambahan yang dapat membantu menjaga persediaan oksigen dalam tabung agar tidak habis terlalu cepat. Proses konservasi oksigen ini bekerja dengan memastikan bahwa oksigen hanya mengalir ketika pasien bernapas saja. Saat pasien menarik napas oksigen regulator ini akan mengenal perubahan tekanan ini sebagai sinyal untuk melepaskan oksigen ke dalam selang yang terhubung. Dengan menghentikan aliran oksigen pada saat pengguna tidak sedang menarik napas, oksigen regulator jenis ini dapat membantu menjaga persediaan oksigen dalam tabung hingga lima kali lebih lama dibandingkan ketika menggunakan oksigen regulator biasa. Cara kerja ini terkadang menimbulkan permasalahan ketika oksigen regulator kurang sensitif terhadap seorang pasien yang bernapas melalui mulut atau ketika pasien tidak menarik napas yang cukup dalam. Kebanyakan oksigen regulator jenis ini juga memiliki pengaturan untuk mengalirkan oksigen secara terus menerus (continous flow) dengan kecepatan terbatas ketika memang diperlukan.

Menjaga kondisi oksigen regulator untuk keamanan penggunaan

Oksigen dalam konsentrasi tinggi dapat memicu terbentuknya api dan terjadinya kebakaran. eberapa hal yang dapat meningkatkan resiko bahaya dari oksigen yang terkonsentrasi adalah ketika terjadi kebocoran oksigen dari tabung atau ketika tekanan oksigen dalam tabung terlalu tinggi. Resiko bahaya ini dapat diminimalisir ketika pengguna mengikuti petunjuk keselataman dengan baik. Selain petunjuk keselamatan yang pasti seperti menjauhkan oksigen dari barang-barang mudah terbakar, api, rokok, alkohol, dan lain-lain, kondisi dari berbagai komponen perangkat terapi oksigen juga sebaiknya diperhatikan untuk membantu meningkatkan tingkat keamanan dan keselamatan pengguna. Kondisi oksigen regulator juga merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk meminimalisir resiko bahaya dari penggunaan tabung oksigen ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi dan kualitas oksigen regulator adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan bahwa oksigen regulator memiliki kapasitas yang mendukung kecepatan aliran yang dibutuhkan. Hal ini penting diperhatikan karena setiap pengguna memiliki kebutuhan yang berbeda-beda bergantung pada kondisi kesehatannya.
  2. Pastikan bahwa oksigen regulator dan tabung oksigen berada dalam kondisi yang bersih dari debu dan kotoran, terutama pada tempat bertemunya oksigen regulator dan tabung oksigen.
  3. Pastikan bahwa oksigen regulator berada dalam kondisi yang baik dan diservis secara reguler.
  4. Pastikan oksigen regulator telah terpasang dengan baik dan tidak ada kebocoran sebelum digunakan oleh pasien.

Untuk mendapatkan oksigen regulator berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau dan disertai dengan garansi resmi, anda dapat langsung mengunjungi Medicalogy. Tanpa harus beranjak dari rumah, tinggal pesan dan tunggu barang kami antar, mudah bukan?

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *