Gunakan Alat Cek Darah untuk Memeriksa Gula Darah Sendiri

Saat ini, penting bagi siapapun untuk memiliki alat cek darah. Minimal di rumah terdapat satu buah alat ini untuk dipakai oleh seluruh anggota keluarga. Sebab, dengan menggunakan alkes cek darah ini, kita bisa dengan cepat mengetahui berapa kadar gula darah dalam tubuh kita. Manfaatnya, dengan segera kita pun dapat melakukan deteksi secara dini jika terjadi peningkatan kadar gula. Sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan.

Dibandingkan dengan pergi ke klinik atau rumah sakit, hal ini juga lebih praktis. Sebab setiap saat kita bisa melakukannya langsung. Dengan demikian, tidak perlu keluar rumah untuk secara cepat mengetahui kondisi gula darah saat ini.

Penyakit berbahaya yang terkait dengan gula darah adalah kencing manis (diabetes melitus). Penyakit ini sangat berbahaya. Untuk itu dengan secara rutin melakukan pengecekan gula darah bisa dilakukan agar kondisi gula darah dapat terpantau.

Tips Memilih Alat untuk Cek Gula Darah

Sebelum membeli alat untuk melakukan pengecekan gula darah, penting ikuti tips berikut ini.

1. Ketahui jenis alat untuk cek gula darah yang dibutuhkan
Secara umum, ada dua jenis alat cek gula darah. Yaitu ada yang hanya berfungsi untuk mengukur gula darah semata, tapi juga ada yang bisa mengecek yang lain, seperti untuk mengecek kolesterol, mengecek asam urat, cek Hb, dan lainnya.

Untuk itu, Anda perlu tahu seperti apa kebutuhan Anda. Jika misalnya yang Anda perlukan hanyalah untuk pengecekan gula darah saja, Anda bisa beli alat yang memang berfungsi secara khusus untuk memeriksa hal tersebut. Namun jika membutuhkan yang multifungsi, maka bisa cari alat cek gula darah yang 3 in 1 atau 4 in 1.

Kalau umumnya, yang banyak digunakan orang saat ini adalah yang punya banyak fungsi. Jadi bisa digunakan sekaligus untuk mengecek keadaan dalam tubuh yang lain.

2. Sesuaikan dengan Dana yang Dimiliki
Biasanya untuk alat untuk mengecek darah yang memiliki fitur lengkap itu dijual lebih tinggi. Karena itu, Anda bisa sesuaikan antara dana dengan kebutuhan. Jika memang yang Anda butuhkan adalah yang alat pengecek darah model 3 in 1 namun dana yang dimiliki terbatas, bisa coba untuk cari alat tes darah model tersebut yang harganya murah.

3. Cari yang Awet dan Berkualitas
Alat semacam ini selalu dibutuhkan di setiap rumah. Karena itu, sebaiknya belilah alat untuk memeriksa darah yang berkualitas. Dengan begitu, akan awet untuk digunakan hingga bertahuntahun. Selain itu, alkes yang berkualitas itu hasil pengukurannya juga lebih akurat.

Beberapa Produk Alat Kesehatan untuk Cek Darah Harga Murah

Berikut ini beberapa alat kesehatan yang bisa Anda pertimbangkan untuk dibeli. Alat-alat berikut ini berkualitas bagus dan memiliki harga yang terjangkau.

1. Alat cek gula darah Gluco Dr Biosensor AGM 2100 merupakan salah satu produk terlaris di Indonesia. Sebab kualitasnya bagus dan harganya juga hemat. Bentuknya juga simpel dan mudah digunakan. Alat ini bergaransi seumur hidup.

alat cek gula darah

2. Alat cek gula darah Gluco Dr Biosensor AGm 2100 (with 25 strip) juga merupakan alat cek gula darah yang sangat diminati/ Penggunaannya yang mudah dan dilengkapi dengan strip yang mudah didapatkan.

3. Alat Cek Darah 3 in 1 Autocheck adalah alat cek yang bisa digunakan untuk memeriksa kadar gula darah, sekaligus asam urat dan kolesterol. Satu alat yang praktis yang dapat digunakan untuk berbagai pengecekan kondisi tubuh. Kelebihan alat ini adalah penggunaannya yang mudah. Sebab untuk strip gula darah menggunakan sistem auto-code.

alat cek gula darah

4. Alat Cek Gula Darah Nesco 3 in 1 adalah alat pengecek gula darah model 3 in 1 harga murah. Selain gula darah, dengan alat ini juga dapat digunakan untuk mengcek kadar asam urat dan kolesterol darah.

alat cek gula darah

5. Alat Cek Gula Darah Accu Chek Instant. Anda berharap bisa menemukan alat cek gula darah yang sangat mudah untuk memantau kadar gula Anda? Dengan menggunakan Accu Check Instant seperti semudah mengecek pesan di telepon Anda. Tidak ada pengaturan yang diperlukan, cukup masukkan strip tes, oleskan sampel darah dan Anda bisa langsung membaca hasil glukosa darah pada layar besar.

alat cek gula darah

Accu Chek Instant merupakan alat cek gula darah yang sangat praktis, meskipun penggunaan yang sangat praktis tidak Anda tidak perlu khawatir karena alat ini sudah memiliki standar ISO 15197 tahun 2013. Dengan penggunaan alat ini Anda juga bisa mengetahui seberapa tinggi kadar gula tersebut dengan indikator yang akan menunjukkan warna biru untuk tinggi, hijau untuk normal, dan merah untuk rendah.

Cara Menggunakan Alat Cek Gula Darah

Biasanya di setiap alat cek darha yang dibeli dilengkapi dengan penggunaan alat. Namun jika Anda ingin tahu bagaimana cara menggunakan alat cek darah tersebut, secara umum berikut ini langkah-langkahnya.

1. Tes lebih dulu. Sebelum menggunakannya untuk mengecek darah Anda, bisa lakukan tes terlebih dulu. Dengan tes tersebut bisa diaketahui apakah hasil pembacaan yang muncul sudah akurat atau tidak.
2. Bersihkan tangan. Sebelum darah Anda diambil, bersihkan dulu tangan Anda.
3. Berikan alkohol pada kapas.
4. Masukkan kertas strip pada alat cek gula darah.
5. Usapkan jari dengan kapas yang sebelumnya telah diberi alkohol.
6. Pakai jarum pada alat pengukur darah untuk mengambil darah dari ujung jari Anda.
7. Setelah darah keluar, teteskan darah tersebut pada kertas strip.
8. Nantikanlah hasilnya. Tiap alat memiliki waktu yang berbeda untuk memunculkan hasil dari pengecekan darah ini.

Demikianlah cara untuk menggunakan alat cek darah untuk memeriksa kondisi gula darah Anda. Semoga beramnfaat. Untuk mendapatkan alat cek gula darah tersebut, Anda dapat mengunjungi website medicalogy.com. Anda juga bisa mendapatkan alat kesehatan lainnya maupun info terbaru yang berkaitan dengan kesehatan. (Idr)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *