Kegunaan Responder Bag Dalam Keadaan Emergency

Kegunaan Responder Bag Dalam Keadaan Emergency – Berbagai macam alat kesehatan sebenarnya telah tersedia dan dapat digunakan untuk mendiagnosa ataupun menyembuhkan penyakit. Sayangnya tidak semua rumah sakit, puskesmas, posyandu atau pun klinik kesehatan lainnya memiliki alat kesehatan yang lengkap. Ketidaklengkapan alat kesehatan di berbagai klinik kesehatan terjadi karena berbagai factor, seperti harganya yang mahal, toko alat kesehatan yang jauh, akses yang sulit, dan berbagai kendala lainnya. Padahal fungsi alat kesehatan sendiri sangat penting bagi pasien yang memerlukan pengobatan.

Selain alat kesehatan yang terdapat atau digunakan di rumah sakit, ada beberapa alat kesehatan yang keberadaannya telah disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Misalnya saja ketika terjadi kecelakaan dijalan raya, gempa, longsor atau lainnya yang mengharuskan seseorang mendapat pertolongan pertama. Biasanya untuk pertolongan pertama kotak P3K yang seringkali digunaan. Padahal Selain kotak P3K ada beberapa alat lagi yang digunakan pada saat pertolongan pertama yakni responder bag.

first-responder-kit-with-dyna-med-first-responder-bag

Responder bag merupakan tas yang diberisi berbagai peralatan yang digunakan pada pertolongan pertama. Meskipun digunakan dilapangan pada kondisi emergency, namun peralatan yang terdapat didalam responder bag bisa dibilang cukup lengkap. Didalam responder bag biasanya berisi berbagai obat-obatan, hingga peralatan operasi kecil yang dibawa oleh first responder saat melakukan proses evakuasi. Maka tak heran jika pada kondisi-kondisi darurat dilapangan responder bag akan sering dibawa atau digunakan oleh paramedic.

Beberapa set perlengkapan yang terdapat pada responder bag diantaranya.

  1. Wound Management

Wound management merupakan peralatan yang digunakan untuk penanggulangan berbagai luka, seperti luka bakar, luka sobek, dan berbagai luka luar lainnya. peralatan yang termasuk dalam wound management diantaranya ada cat gut meliputi  plain catgut dan chromic catgut, scalpel handle, scalpel blade, pean straight, pean mosquito, utility scissor, burn gel, kassa steril, kassa gulung, adhesive tape, adhesive plester, triangular bandage, creep bandage, dan pavodine iodine.

  1. Diagnostic Set

Diagnostic set meliputi bagai alat yang dapat digunakan untuk mendiagnosa pasien. Berbagai alat yang termasuk dalam diagnostic set diantaranya, sphygmomanometer, stethoscope, reflex hammer, penlight, digital termometer, dan tornoquit.

  1. Air Way Set

Selanjatnya ada peralatan yang digunakan untuk membantu pernafasan atau disebut air way set. Beberapa alat yang termasuk dalam air way set adalah ambu bag / resuscitator valve, guedel airway, pocket mask, dan laryngoscope.

  1. Infusion Set

Infusion set merupakan berbagai alat yang digunakan untuk melakukan infuse atau memasukkan cairan atau obat melalui vena kepada pasien. Beberapa alat yang termasuk infusion set diantaranya, intra vena canula, infusion set, IV fixation dressing, water infusion, syring 50, 20, 10, 5, 3, 1 cc, alcohol swab, sterile gloves, dan tourniquet.

  1. Perlengkapan Tambahan

Selain beberapa alat diatas, ada juga beberapa alat yang digunakan sebagai alat perlengkapan tambahan diantaranya disposable gown, cairan desinfectan, hand sanitizer, cotton ball, safety pin, oxy can, nasal cannula, note book, ballpoint, masker dan beberapa lainnya.

TK080_500_1

Seseorang yang bekerja di bidang kesehatan memang selalu dituntut untuk sigab manangani setiap pasien dalam kondisi apapun, namun jika tanpa adanya bantua alat medis rasanya hal tersebut akan sulit untuk dilakukan. Maka dari itu alat medis atau alat kesehatan sangat penting dalam segala kondisi. Begitu pula dengan responder bag.

Bagi anda yang bekerja sebagai tenaga medis dan ingin memiliki responder bag secara pribadi tidak ada salahnya untuk membelinya, namun yang perlu diperhatikan adalah anda tahu betul bagaimana cara menggunakan berbagai alat tersebut dan dimana anda bisa mendapatkannya. Untuk bisa memiliki responder bag lengkap dengan berbagai isinya anda sudah tidak perlu bingung lagi mencari dimana penjual alat ini. Cukup mengunjungi toko alat kesehatan online medicalogy.com semua keinginan anda sudah bisa terpenuhi. Tidak hanya menyediakan responder bag saja, medicalogy juga menyediakan berbagai alat kesehatan lainnya.

Tidak perlu ragu lagi untuk berbelanja alat kesehatan di Medicalogy.com, sebab prosesnya sangat cepat, mudah dan aman. Medicalogy melayani pengiriman ke semua wilayah di indonesa. Jika barang yang anda terima tidak sesuai dengan pesanan atau rusak, maka medicalogy akan memberikan garansi 100%. Nah tunggu apa lagi, segeralah berbelanja alat kesehatan di medicalogy.com dan buktikan kemudahannya.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *