Termometer Digital : Termometer Modern yang Akurat

Termometer merupakan salah satu alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur suhu benda, zat maupun ruang termasuk juga suhu badan manusia. Penggunanya juga beragam mulai dari perusahaan, penyedia pelayanan umum seperti rumah sakit  serta masyarakat yang hendak menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Termometer pada umumnya harus mencakup beberapa sifat agar bisa digunakan yakni memiliki kepekaan pengukuran, adanya lebar jangkauan suhu yang diukur, skalanya mudah terbaca dan aman digunakan oleh siapapun

Kelembapan Udara, Sang Penentu Kualitas Kesehatan yang Sering Diabaikan

Cara penggunaan termometer ini terbagi atas dua cara yakni meletakkan termometer dibawah ketiak beberapa menit saja atau memasukkannya di dalam mulut hingga menyentuh pangkal lidah anda. Jenis thermometer  sendiri bermacam – macam dimulai dari termometer yang menggunakan  alcohol, bimetal, raksa hingga digital. Termometer yang banyak ditemui saat ini kebanyakkan menggunakan air raksa padahal di era yang super canggih seperti sekarang ini termometer digital telah menjadi primadona tersendiri di kalangan masyarakat tertentu.

Kekurangan Termometer Raksa

07360e5ecc2061d7ede23db399d6d18b_XL

Di Negara – Negara maju banyak yang memilih menggunakan termometer digital ketimbang termometer raksa.  Alasannya beragam mulai dari kemudahan penggunaan, kecanggihan teknologi yang digunakan hingga kemasannya yang lebih menarik.  Bila dibandingkan antara termometer raksa dengan termometer digital maka kekurangan dari termometer biasa tentu saja lebih banyak dilihat dari segi model dan fungsinya. Beberapa kekurangan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Memakan waktu lama dalam mengukur

Bila anda menggunakan termometer air raksa pasti merasakan bahwa mengukur dengan thermometer jenis ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Kira – kira dibutuhkan 3 hingga 5 menit untuk mengukur suhu. Bila anda hendak menggunakannya lagi guna mengukur suhu benda lain maka perlu mengibas-ibaskan termometer ini beberapa saat.

Bahannya rawan kecelakaan

Seperti yang kita ketahui bahwa termometer  biasa menggunakan air raksa didalam thermometer. Bila tidak sengaja terjatuh dan termometer pecah tentunya zat tersebut rawan mengenai tubuh anda. Bila  terkena air raksa meskipun hanya sedikit  mampu membuat  kulit menjadi iritasi dan merusak jaringan kulit luar anda.

Tak ada pemberitahuan

Bilamana termometer ini selesai melakukan pengukuran tidak akan nampak alarm yang bisa memberitahukan bahwa pengukuran suhu telah selesai.  Anda pun dituntut untuk selalu mengeceknya. Selain itu tidak ada pula memori yang mampu menyimpan riwayat  suhu yang telah selesai diukur.  Disini anda juga diharuskan mencatat manual suhu pada termometer secara manual.

Kelebihan Termometer Digital

Kekurangan – kekurangan diataslah yang menyebabkan masyarakat modern kini mulai beralih menggunakan termometer digital yang memiliki kemampuan lebih baik.  Kelebihan lainnya dari termometer ini ialah memiliki alat sensor dilengkapi decorder display dan juga memori yang bisa merekam suhu yang telah anda ukur sebelumnya.  Nah kini saatnya anda berpindah menggunakan termometer digital yang dilengkapi kelebihan sebagai berikut:

  1. Mampu Mengukur Suhu Yang Amat Tinggi

Bila termometer air raksa hanya mampu mengukur suhu hingga level 100 C maka termometer digital bisa digunakan untuk mengukur suhu yang amat tinggi. Anda pun bisa mengukur suhu benda yang memiliki panas hingga 1000 C.

  1. Lebih Aman

Tidak seperti termometer air raksa yang mengandung bahan yang dapat membahayakan bilamana terkena kulit manusia, termometer digital dinilai lebih aman. Selain itu termometer digital bahkan bisa mengukur suhu tanpa harus menyentuh benda yang sedang diukur. Anda cukup meletakkan pada permukaan kulit maka suhu sudah bisa dideteksi.

  1. Cepat Dalam Mengukur

Keunggulan lainnya adalah cepat dalam mengukur suhu suatu benda, zat maupun ruang. Bila termometer air raksa membutuhkan 3 – 5 menit maka termometer ini hanya butuh waktu kurang dari 1 menit saja.

  1. Adanya Memori Penyimpanan

Bila anda menggunakan termometer digital sebagai alat ukur suhu anda maka tak perlu lagi mencatat secara manual riwayat suhu suatu benda. Di dalam thermometer digital terdapat memori yang digunakan untuk menyimpan suhu suatu benda yang diukur sebelumnya.

  1. Model Lebih Kreatif

beurer-termometer-digital-jft-20-0bentuk dari model termometer ini bahkan lebih kreatif dan inovatif bahkan tersedia ada yang  bentuknya lucu dan imut. Termometer yang lucu ini seperti ditunjukkan dari produk beurer yang dapat menarik perhatian anak – anak.

Medicalogy: Distributor Alat Rumah Sakit Berkualitas

Anda ingin berbelanja termometer digital seperti merek beurer? Caranya mudah cukup dengan berbelanja di www.medicalogy.com yang terkenal akan produk kesehatan berkualitas. Tertarik berbelanja di toko kami?(dwi)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *