Tips Membeli Alat Kesehatan Murah

defibrillator-2

Jika anda sering menonton film atau sinetron, pasti anda tidak akan asing dengan benda yang ada pada gambar di atas. Alat tersebut bernama defibrillator dan digunakan untuk menormalkan ritme detak jantung yang sebelumnya sudah tidak beraturan dan dapat menimbulkan kematian. Defibrillator adalah salah satu dari sekian banyak alat kesehatan yang digunakan dalam praktek sehari-hari.

Alat kesehatan adalah sesuatu yang esensial dalam kehidupan sehari-hari dewasa ini, baik yang manual ataupun digital, maupun yang sederhana atau yang canggih. Alat kesehatan sendiri terbagi ke berbagai jenis penggolongan, seperti alat untuk perawatan, alat kedokteran umum, alat kedokteran gigi, alat kedokteran mata, alat kedokteran THT (Telinga Hidung Tenggorokan), alat bedah, dan sebagainya.  Alat kesehatan juga dapat dinilai berdasarkan sistemnya, misalnya terdapat tensimeter air raksa yang digunakan secara manual dan tensimeter digital, juga alat yang sederhana seperti stetoskop hingga yang canggih seperti EKG (elektrokardiogram).

Alat kesehatan tidak lagi hanya digunakan oleh petugas kesehatan, melainkan orang awam yang tidak mengenyam pendidikan kesehatan. Hal ini diakibatkan oleh meningkatnya pengetahuan dan keawasan masyarakat terhadap kesehatan dan lebih canggihnya alat kesehatan sehingga menggunakan alat-alat tersebut tidak lagi sesulit dulu. Misalnya, sekarang orang-orang lebih peduli terhadap perubahan tekanan darah terutama bagi mereka yang memiliki riwayat hipertensi, sehingga untuk mengontrol tekanan darah, mereka mampu menggunakan tensimeter digital yang pengoperasiannya mudah dan praktis.

Karena meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memonitor keadaan tubuhnya sendiri, maka alat kesehatanpun makin dicari. Lalu, bagaimanakah cara membeli alat kesehatan dengan harga yang murah? Berikut ini mungkin bisa menjadi tips bagi anda:

Ketahui merk alat kesehatan yang akan anda gunakan

armani-bag-bags-chanel-emporio-Favim.com-355181

Sama hukumnya seperti membeli pakaian atau sepatu dimana harga setiap merk rentang harganya bisa saja berbeda, beberapa merk alat kesehatan bisa lebih murah dibandingkan dengan merk lain. Misalnya, soal mengukur gula darah, terdapat beberapa merk alat ukur kadar gula darah seperti Accu Chek, Nesco, Gluco Dr., Omron, dan merk lainnya. Sejumlah merk ini memiliki jumlah fitur dan keunggulan yang berbeda-beda, sehingga dibanderol dengan harga yang berbeda. Misalnya, Accu Chek memiliki kemampuan untuk menyimpan 350 kali tes beserta hasil tes rata-rata selama 7 hari, 14 hari, dan 30 hari, sementara Gluco Dr. rata-rata hanya mampu menyimpan 250 hasil tes. Selain itu, popularitas sebuah merk dan asalnya juga menentukan nilai jual. Misalnya, merk Omron berasal dari Jepang dan telah menjadi sesepuh alat kesehatan sehingga lebih populer, dibandingkan dengan merk Nesco dari Taiwan dan baru muncul – sehingga harga Omron akan lebih mahal dibandingkan harga Nesco.

Manual vs digital

manual

Digitalisasi alat kesehatan adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan ketika memilih sebuah alat kesehatan. Misalnya ketika memilih tensimeter. Tensimeter dapat terbagi menjadi dua jenis, yaitu manual dan digital. Tensimeter manual ialah yang biasa kita lihat sebagai tensimeter air raksa ataupun aneroid.

Masing-masing jenis tensimeter memiliki kelebihan dan kekurangan, misalnya tensimeter air raksa sangat akurat dalam mengukur tekanan darah sehingga dijadikan gold standard untuk memeriksa tekanan darah dan digunakan pada praktek dokter hingga saat ini, namun penggunaannya membutuhkan teknik tertentu yang harus dipelajari terlebih dahulu dan air raksa bersifat racun sehingga apabila tabung raksa pecah dan raksa menyentuh kulit maka akan berbahaya. Tensimeter digital pengoperasiannya mudah dan tidak memakai air raksa sehingga lebih aman, namun tidak seakurat tensimeter manual dalam kondisi tertentu, misalnya apabila pasien yang diukur bergerak saat diperiksa maka akan memengaruhi hasil. Tensimeter manual pada umumnya akan dibanderol lebih murah dibandingkan tensimeter digital, karena tensimeter digital menawarkan kepraktisan dan juga dilengkapi dengan baterai.

Many in 1, kenapa tidak?

NECO GCHB

Seiring berkembangnya zaman, satu alat kesehatan dapat memiliki banyak fitur. Misalnya, sekarang alat cek gula darah dapat dilengkapi dengan cek kolestrol, dan asam urat, bahkan hemoglobin, seperti produk yang dikeluarkan oleh Nesco dan Benecheck. Anda dapat berhemat apabila membeli alat yang dapat mengukur gula darah, kolestrol, dan asam urat sekaligus dibanding membeli alat yang hanya dapat mengukur gula darah saja atau kolestrol saja.

Mulailah belanja online

Seiring berkembangnya teknologi, berkembang pula e-commerce atau penjualan via dunia maya. Belanja via dunia maya menawarkan kepraktisan dan biasanya menawarkan promo-promo menarik, ditambah lagi apabila anda merupakan member dari sebuah toko alat kesehatan online atau toko alat kesehatan online tersebut sedang mengadakan sale. Pilihlah toko online terpercaya yang anda bisa nilai dari website yang rapi dan tidak terkesan abal-abal, lengkap dengan kontak, prosedur pemesanan, pengiriman, dan juga testimonial.

Mintalah saran dari orang-orang berpengalaman

Hal ini merupakan tips paling utama dalam membeli alat kesehatan murah dan sangat membantu ketika anda sudah letih menelusuri halaman-halaman dan membaca spesifikasi alat kesehatan tertentu.

Rekomendasi adalah segalanya – tapi rekomendasi yang relevan tentu bisa anda dapatkan dari mereka yang sudah berpengalaman menggunakan alat kesehatan, seperti dokter anda atau mereka yang telah lebih dulu rutin menggunakan alat kesehatan. Anda bisa bertanya tempat dimana mereka membeli alat kesehatan atau merk apa yang mereka gunakan sehingga bisa jadi acuan bagi anda untuk mendapatkan alat kesehatan dengan harga yang lebih murah. Lebih bagus lagi jika rekomendasi ini memberikan diskon bagi anda saat anda mengunjungi toko alat kesehatan yang telah direkomendasikan tersebut.

Berlangganan

Men chatting at shop, Essaouira, Morocco

Harga yang lebih murah bisa didapatkan apabila anda berlangganan di suatu toko. Selalu ada harga spesial untuk pelanggan setia. Hal ini juga berlaku apabila anda mendapat rekomendasi sebuah toko dari seseorang, dimana orang itu merupakan langganan dan dikenal baik oleh toko tersebut – anda bisa saja mendapat diskon. Jika anda sudah menemukan toko yang cocok dengan anda, ada baiknya anda berlangganan di toko tersebut sehingga mereka tidak segan untuk memberikan penawaran-penawaran menarik bagi anda dan (mungkin) bagi orang yang anda rekomendasikan!

Intinya, untuk mendapatkan alat kesehatan dengan harga yang terbaik, jangan letih mencari dan bertanya. Dengan mencari dan bertanya, anda bisa mendapatkan banyak sugesti mengenai alat kesehatan dengan harga yang lebih murah. Kenali juga alat-alat yang anda butuhkan – anda mau merk apa? Anda ingin fiturnya seperti apa? Apakah anda ingin alat yang mudah digunakan dan praktis, atau lebih suka yang konvensional?

Satu lagi hal yang perlu diingat, mencari alat kesehatan dengan harga murah itu boleh saja, tapi harga yang diberikan haruslah rasional. Anda harus curiga ketika harga itu jauh sekali dibawah standar pasaran; bisa jadi harga yang turun drastis tersebut menandakan kualitas yang tidak bagus. Harga selalu berjalan berdampingan bersama kualitas, maka dari itu anda tetap harus cermat dalam menyikapi harga alat kesehatan yang murah dan berbelanjalah di distributor atau toko online yang terpercaya sehingga kemungkinan untuk ditipu oleh alat kesehatan super murah semakin kecil, contohnya seperti di Medicalogy yang menjual alat kesehatan secara online, dengan harga bersahabat, penawaran khusus, plus anda bisa mengajukan penawaran harga yang anda inginkan.

Happy shopping! (ad)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *