Berapa Nilai Normal Kolesterol dan Lipid Darah

Cek kolesterol dan cek lipid darah merupakan cek yang sangat penting terutama untuk mengetahui apakah anda berisiko terkena penyakit jantung koroner atau penyakit stroke. Cek kolesterol secara sederhana dapat anda lakukan dengan menggunakan alat cek kolesterol sederhana yang sama dengan alat cek gula darah dan asam urat dan strip untuk uji kolesterol sederhana. Cek kolesterol sederhana ini dapat anda lakukan dengan pengambilan darah di salah satu ujung jari tangan dan meletakkan sampel darah tersebut dalam strip cek  kolesterol untuk selanjutnya dianalisis oleh alat cek kolesterol sederhana. Akan tetapi, jika anda tertarik untuk mengetahui nilai lipid darah anda, anda dapat melakukan cek kolesterol dan cek lipid darah. Cek kadar lipid sekarang juga sudah tersedia dengan pengukuran lewat darah kapiler, di mana darah diambil dari ujung jari pasien. Contoh alat untuk cek kadar lipid ini bisa anda lihat di sini.

Satuan dari hasil cek kolesterol dan lipid darah ini dapat berupa mg/dl atau mmol/L (contoh di Inggris). Adapun hasil dari cek kolesterol dan cek lipid darah, menurut National Heart, Lung and Blood Institute, dapat anda lihat dalam tabel di bawah ini

Nilai kolesterol total

Nilai kolesterol total ini, menurut AHA, dapat anda temukan dengan menjumlahkan nilai HDL dengan nilai LDL serta 20 persen dari total nilai trigliserida atau dapat dituliskan dengan rumus berikut:

Nilai total kolesterol = Nilai HDL +Nilai LDL + 20% Nilai Trigliserida

< 200 mg/dl Nilai yang dianjurkan
200 – 239 mg/dl Garis batas
240 mg/dl dan ke atas Tinggi

Nilai Low Density Lipoprotein atau yang lebih dikenal dengan lemak buruk adalah

< 100 mg/dl Normal
100 – 129 mg/dl Di atas normal
130 – 159 mg/dl Garis batas
160 – 189 mg/dl Tinggi
190 mg/dl dan ke atas Sangat tinggi

Nilai High Density Lipoprotein atau yang lebih dikenal dengan lemak baik adalah

< 40 mg/dl Bahaya karena faktor risiko tinggi untuk terkena   penyakit jantung
40 – 59 mg/dl Dianjurkan untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi
60 mg/dl dan ke atas Faktor risiko rendah untuk terkena penyakit jantung

Nilai trigliserida

< 150 mg/dl Normal
150 – 199 mg/dl Garis batas
200 – 499 mg/dl Tinggi
500 mg/dl dan ke atas Sangat tinggi

Setelah mengetahui nilai dari cek kolesterol dan lipid darah anda, tenaga kesehatan akan memberitahukan anda apakah anda mempunyai risiko tinggi, risiko sedang, atau risiko rendah untuk terkena penyakit jantung dan stroke. Akan tetapi, faktor risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke ini juga dapat dpengaruhi oleh faktor lainnya seperti faktor genetis atau riwayat keluarga, umur dan jenis kelamin anda, berat badan anda, gaya hidup anda seperti kebiasaan merokok dan aktivitas fisik anda, serta beberapa kondisi kesehatan seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes mellitus, dan kondisi kesehatan lainnya.

Setelah memberitahukan nilai dari cek kolesterol dan lipid darah anda serta memberitahukan hasil cek kolesterol dan lipid darah tersebut termasuk dalam kategori faktor risiko tinggi, sedang, atau rendah, maka tenaga kesehatan akan memberitahukan beberapa cara bagi anda untuk dapat menurunkan nilai kolesterol dan lipid darah anda (jika hasil cek kolesterol dan lipid darah anda berada di atas nilai normal atau nilai yang dianjurkan) yaitu:

  • Mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol seperti makanan yang diproses dengan digoreng
  • Memperbanyak makanan yang rendah akan lemak jenuh dan kolesterol seperti buah – buahan, sayur, dan makanan olahan yang mengandung rendah lemak dan kolesterol
  • Menganjurkan anda untuk menurunkan berat badan anda
  • Memperbanyak aktivitas fisik seperti berolahraga minimal 30 menit dalam sehari
  • Dalam beberapa kasus, tenaga medis mungkin akan memberikan obat untuk menurunkan kolesterol dan lipid darah anda walaupun tetap saja, konsumsi obat ini harus dibarengi dengan poin – poin yang telah disebutkan sebelumnya. (wm)
Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *