Mengenal Heart Rate Monitor

Mengenal Heart Rate Monitor – Apa yang anda ketahui tentang Heart Rate Monitor? Ya, sesuai namanya Heart Rate Monitor atau sering disingkat HRM merupakan suatu alat kesehatan yang digunakan untuk memantau kondisi dan denyut jantung. Sejak pertama kali keluar, alat ini sudah banyak digunakan oleh mereka penggila olahraga, namun sekarang HRM sudah banyak pula digunakan oleh banyak masyarakat. Alat ini sangat praktis digunakan karena berbentuk seperti jam tangan. Pengukuran denyut nadi dilakukan melalui sensor jari.

beurer-heart-rate-monitor-pm-18Seperti yang kita tahu jika jantung merupakan salah satu organ vital yang ada dalam tubuh setiap manusia. Sayangnya, hingga kini banyak masyarakat yang kurang peduli dengan kesehatan jantung. Hal ini terlihat dari pola hidup masyarakat yang sembarangan, seperti berolah raga tidak semestinya, merokok, makan makanan tidak sehat, dan masih banyak lainnya. Jika aktivitas ini dilakukan secara terus-menerus dan tidak memperhatikan kesehatan tubuh, maka bukan tidak mungkin jika kesehatan organ tubuh lainnya juga akan terganggu. Maka dari itu para produsen alat kesehatan kemudian menciptakan HRM untuk mengontrol denyut jantung secara mudah.

Menggunakan HRM tentunya akan memberikan banyak kemudahan anda dalam merekam dan menganalisa kondisi jantung. Terlebih lagi jika anda sedang mengontrol kemampuan kerja jantung, alat ini merupakan pilihan yang tepat. Jika anda berniat melakukan program pelatihan diri, anda dapat melakukan pengaturan alat sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh. Artinya anda dapat memonitor detak jantung dan menyesuaikan dengan tujuan pelatihan serta batas atas dan bawah untuk mendapatkan hasil latihan yang terbaik. Cukup memasangkan alat ini pada pergelangan tangan dan sentuh sensor dengan jari telunjuk, maka hasil akan langsung terlihat secara otomatis.

Nah, untuk melakukan program pelatihan dan menyesuaikan dengan denyut jantung, anda pun harus memperhatikan beberapa zona latihan denyut jantung yang benar, diantaranya :

  1. Recovery Zone (Zona Pemulihan)

Denyut jantung pada zona pemulihan berada antara 60-70% dari maksimum denyut jantung. Pada zona ini energy yang akan digunakan untuk berlatih sangat efisien. Seseorang yang melakukan olahraga pada zona ini dapat meningkatkan kemampuan jantung dalam memompa darah.

  1. Zona Aerobik

Kedua, ada zona aerobic yang berada pada 70-80% denyut nadi maksimum. Zona aerobic sangat baik untuk latihan kardiovaskuler dan zona paling efektif untuk melatih kekuatan otot pedalis.

  1. Zona Anaerobik

beurer-heart-rate-monitor-pm-18-1Zona anaerobic berapa pada kisaran rentang 80-90% denyut nadi maksimum. Berlatih pada zona anaerobic secara berlebih dapat menyebabkan penumpukan asam laktat karena tubuh dapat dengan cepat melepas asam laktat yang diproduksi dalam tubuh. selain itu berlatih pada zona anaerobi sangat berat, sehingga bila tidak dilakukan dengan hari-hati dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti serangan jantung.

  1. Red Line Zone

Terakhir ada red line zone yang berada pada kisaran 90-100% denyut jantung maksimum. Anda yang berniat melakukan latihan pada zona ini pastikan benar-benar berada pada keadaa fit, karena zona ini digunakan untuk meningkatkan kecepatan.

Bagaimana, sudahkan anda paham dengan HRM dan zona-zona pelatihan jantung ? jika sudah, anda bisa bekerja sama melakukan latihan dengan menggunakan HRM. Untuk dapat membeli HRM tentunya anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit, namun hal ini tentu akan sesuai dengan fungsi yang diberikan. Berikut beberapa fitur dan kelebihan HRM :

  1. Jenis Pulse Measurement
  2. Transmission menggunakan Analogoue signal
  3. Display digital
  4. Baterai 2×3 V CR2032
  5. Dimensi kemasan 25 x 15 x 10 cm
  6. Fitur : cocok digunakan jalan atau hiking, pemantauan denyut jantung EKG akurat, tahan air, dilengkapi stopwatch, informasi jam, informasi kecepatan dan jarak tempuh, informas lemak serta kalori terbakar.

HRM memang memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya, maka tak heran jika harga yang ditawarkan pun tidak murah. Jika anda tertarik membeli alat ini, belilah di toko alat kesehatan terpercaya di kota anda. Selain itu, sebelum membeli teliti terlebih dahulu keaslian produk. Jangan asal membeli produk, karena bagaimanapun akan lebih baik jika anda menggunakan produk berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat berbelanja.(dw)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *