Inilah Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

manfaat-donor-darah-bagi-kesehatan-medicalogy

Inilah saatnya Anda menggulung lengan baju Anda dan save a life. Satu donor whole blood yang berlangsung sekitar 45 menit hingga 1 jam dapat menyelamatkan hingga 3 nyawa. Mulia bukan? Donor darah sangat diperlukan tetapi terkadang Palang Merah Indonesia kesulitan memperoleh pendonor darah sehingga stok darah di Indonesia seringkali lebih sedikit dibandingkan keperluannya. Di sisi lain, masih banyak masyarakat yang tidak familiar bahkan takut untuk mendonorkan darahnya. Beberapa alasannya antara lain takut jarumg suntik, sedang lemas/tidak siap, kurang memperoleh sosialisasi manfaat donor darah.

Donor darah selain berguna untuk membantu memenuhi keperluan darah bagi yang memerlukan, juga bermanfaat bagi pendonornya sendiri. Ada beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dengan mendonorkan darah Anda:

  • Darah Anda mengalir lebih lancar

Jika darah Anda kental dan tahanannya tinggi, darah Anda akan mengalir seperti tetesan. Donor darah yang dilakukan berulang dapat melancarkan aliran darah yang mengurangi risiko rusaknya dinding pembuluh darah dan mengurangi sumbatan arteri. American Journal of Epidemiology menyatakan bahwa donor darah menurunkan risiko serangan jantung sebanyak 88%. Selain itu donor darah juga mengurangi resiko stroke dan kanker. Bagi pendonor yang sudah rutin melakukan donor darah, biasanya akan memberikan kesan rasa segar setelah melakukan donor darah. Tidak perlu khawatir, tubuh akan kekurangan darah karena donor, karena tubuh kita akan memproduksi kembali darah baru yang tentunya sangat membantu proses aliran darah yang lancar.

  • Anda mendapatkan mini check-up

Sebelum Anda mendonorkan darah, akan dilakukan pemeriksaan denyut jantung, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Jika Anda melakukan donor darah pertama kali, Anda dapat mengetahui golongan darah Anda. Seorang pendonor dapat mendonorkan darahnya apabila tekanan darahnya normal, kadar hemoglobinnya juga normal, dan dari wawacancara tidak sedang mengalami penyakit atau pengobatan dengan konsumsi obat – obatan yang berpengaruh terhadap kualitas darahnya. Setelah darah Anda sudah dikumpulkan dalam blood bag atau kantung darah, darah Anda akan dikirim ke laboratorium untuk dilakukan 13 pemeriksaan untuk penyakit infeksius, misalnya HIV. Jika ada tes yang positif, Anda akan segera diberi tahu. Namun, jangan pernah mendonorkan darah Anda jika Anda berpikir Anda mungkin terpapar atau menderita HIV atau virus lain.

  • Kadar besi Anda akan tetap seimbang

Dewasa sehat biasanya memiliki 5 gram besi dalam tubuhnya, sebagian besar terdapat di dalam sel darah merah namun juga terdapat dalam sumsum tulang belakang. Saat Anda mendonorkan 1 unit darah, Anda akan kehilangan sekitar 25% dari 1 gram  besi Anda, yang dapat diganti kembali melalui makanan yang Anda konsumsi beberapa minggu setelah donor darah. Pengaturan kadar besi ini sangatlah baik, karena kadar besi yang terlalu tinggi tidak baik untuk pembuluh darah Anda. Menurut data statistik, berkurangnya kadar besi pada orang sehat berdampak baik pada pembuluh darah dan penyakit yang berkaitan dengan kelainan pembuluh darah, seperti serangan jantung dan stroke.

  • Anda dapat hidup lebih lama

Melakukan hal yang baik adalah salah satu cara untuk hidup lebih lama. Sebuah penelitian psikologi menyatakan bahwa orang yang dengan sukarela melakukan sesuatu dengan alasan altruistik mengalami penurunan risiko kematian 4 tahun lebih lama dibandingkan yang sukarela untuk dirinya sendiri. Hal ini tentu saja sangat sugestif, tetapi dari donor darah kita memperoleh aliran darah yang lancar, membantu produksi sel darah merah baru. Selain itu, dalam diri sendiri pun akan menjadi lebih tenang dan bahagia karena telah berbuat kebaikan. Hal ini akan membantu ketenangan hidup sang pendonor.

Menarik bukan? Donor darah bermanfaat besar bagi pendonornya. Rasa sakit dari jarum suntik tentu tidak seberapa. Bila sudah sering melakukan donor darah, kita tidak akan lagi merisaukan jarum suntik tersebut. Untuk melakukan donor darah dapat dilakukan di pusat – pusat pengambilan darah milik Palang Merah Indonesia yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Tempat ini rutin buka untuk melayani pendonor darah rutin. Selain itu juga bisa dilakukan pada berbagai kegiatan bakti sosial donor darah. Pada saat donor darah, tidak perlu khawatir akan lemas, karena pihak penyelenggara pasti menyediakan makanan dan minuman penambah darah untuk pendonor.

Selalu ingat, satu donor darah dapat menyelamatkan hingga 3 nyawa. (ds&dn)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *