Jangan Sampai Salah Memilih Sarung Tangan!

Sarung tangan keselamatan merupakan salah satu kebutuhan wajib di dalam bidang pekerjaan tertentu. Benda ini digunakan untuk melindungi tangan dari benda-benda yang tajam dan mencegah cidera pada saat bekerja.

Ketika memilih sarung tangan, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan antara lain;

  1. Banyaknya paparan sinar matahari yang akan Anda terima,
  2. Benda yang dihadapi atau dikerjakan, apakah benda tersebut bersifat korosif, panas, dingin, tajam atau kasar karena alat pelindung tangan berbeda-beda. Sarung tangan dapat terbuat dari karet, kulit, maupun kain katun. Jadi perhatikan lebih teliti lagi pelindung tangan bahan apa yang cocok sesuai dengan kebutuhan.

Benda ini digunakan untuk melindungi tangan agar terhindar dari kondisi yang bisa mengakibatkan cidera. Bentuk dan juga bahan pembuatnya disesuaikan dengan fungsi masing-masing pekerjaan. Pilih sarung tangan yang berkualitas tinggi dan juga ukuran yang pas dengan tangan anda. Jangan lupa untuk memeriksa jahitannya karena fungsi benda yang satu ini adalah untuk melindungi tangan pemakai dari cedera akibat gesekan.

Yuk, Kenali Alat Kesehatan Habis Pakai Lebih Lanjut

Setelah mendapat sarung tangan yang sesuai, coba kenakan dan gerakan seluruh jari-jari secara bergantian. Pastikan jari tidak merasa sakit karena terjepit oleh jahitan atau terlalu sempitnya ruang gerak jari di dalamnya. Lebih baik memilih sarung tangan yang menutupi pergelangan tangan agar tangan dapat terlindung secara maksimal.

Berikut adalah macam-macam sarung tangan dan bahan pembuatnya..

Macam-macam sarung tangan:

  • Leather Gloves, berfungsi untuk melindungi tangan dari permukaan yang
  • Latex disposable gloves berfungsi sebagai pelindung tangan dari bakteri dan juga kuman.
  • Rubber gloves, untuk melindungi tangan saat berkerja atau berhadapan dengan listrik.
  • Padded cloth gloves, berfungsi untuk melindungi tangan dari benda yang tajam dan bergelombang.
  • Heat resistant gloves, berfungsi untuk melindungi tangan dari panas api.
  • Vinyl dan Neoprene gloves, untuk melindungi tangan dari bahan-bahan kimia yang beracun dan berbahaya.
  • Metal mesh gloves berfungsi untuk melindungi tangan dari benda-benda tajam dan juga memberikan pencegahan agar tangan tidak terpotong oleh benda yang tajam.

Bahan Dasar Pembuat:

  • Karet alam yang diambil dari pohon karet.
  • Dari bahan sintetis
  • Polyvinyl klorida dan plasticizer (plastik PBC)
  • Dari bahan tekstil

Sarung tangan yang dibuat dari bahan sintetis memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan dengan jenis yang lain. Gloves sintetis memberikan perlindungan dari bahan kimia dan biohazard. Kelebihan dari gloves sintetis ini juga dapat bertahan terhadap objek tajam dan tidak mudah sobek.

Gloves sintetis adalah bahan yang biodegredable yaitu sampah yang tidak dapat diuraikan dengan sempurna oleh proses biologi aerob maupun anaerob.

Sarung tangan sangat dibutuhkan untuk meminimalisir terjadinya resiko cidera akibat mengangkat barang tajam, kasar, licin, atau bergerigi yang dapat membahayakan. Ketika menggenggam barang yang tajam saat sedang tidak memakai pelindung tangan ini maka akan mengakibatkan terkena goresan benda tersebut lalu terluka. Bila benda itu licin, kemungkinan yang terjadi adalah benda tersebut akan terjatuh dari genggaman dan dapat menimpa kaki.

Benda yang satu ini tak hanya dipakai oleh para pekerja saja tetapi juga dokter ataupun perawat. Fungsi sarung tangan untuk para petugas medis berbeda dengan fungsi sarung tangan untuk para pekerja. Petugas medis mengenakan benda pelindung tangan ini agar tidak menularkan penyakit ke pasien dan juga sebaliknya. Jenis sarung tangan yang biasa dipakai di rumah sakit ataupun pelayanan medis adalah latex dan nitril.

Tips merawat sarung tangan:

  • Letakkan kembali pada tempatnya setelah dipakai agar mudah dicari saat dibutuhkan.
  • Bersihkan secara rutin
  • Cek kondisinya sebelum dipakai dan pastikan tidak ada kecacatan seperti robek agar pelindung tangan ini dapat memberikan perlindungan yang maksimal.

 Alat Kesehatan Habis Pakai dan Fungsinya

Itulah beberapa fungsi sarung tangan keselamatan, semoga bisa membantu anda dalam bidang pekerjaan dan menjauhkan anda dari bahaya kecelakaan kerja. Pilih sarung tangan keselamatan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan anda. Jangan hanya memilih karena modelnya bagus, jangan lupa perhatikan bahan pembuatnya agar keselamatan tetap terjaga.(dwi)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *