Stress? Atasi Dengan 10 Cara Berikut!

index.stress2.

Stress merupakan suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stress jika dialami dalam jangka panjang bahkan dapat mendatangkan malapetaka yang memperburuk emosi dan kesehatan fisik anda karena dapat mendatangkan berbagai jenis penyakit. Maka dari itu, Anda perlu mengatasinya dengan 10 cara mengurangi stress berikut.

  1. Berpikir positif

Ketika Anda sedang stress, cobalah untuk berpikir positif. Berpikir positif merupakan sikap mental yang melibatkan proses memasukan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran-gambaran yang konstruktif (membangun) bagi perkembangan pikiran anda. Pikiran positif menghadirkan kebahagiaan, sukacita, kesehatan, serta kesuksesan dalam setiap situasi dan tindakan anda. Apapun yang pikiran anda harapkan, pikiran positif akan mewujudkannya. Jadi berpikir positif juga merupakan sikap mental yang mengharapkan hasil yang baik serta menguntungkan. Sehingga, Anda dapat mengurangi stress Anda dengan Anda berpikir positif.

  1. Buatlah perubahan-perubahan dalam hidup Anda

Atasi stress Anda dengan mulai dari perubahan-perubahan kecil seperti mengganti gaya rambut, menata ulang kamar, atau mengambil berbagai kursus dan aktivitas yang baru.  Perubahan-perubahan kecil ini bisa membantu anda melupakan stress di pikiran sekaligus mensugesti diri untuk lebih siap membuka lembaran hidup baru. Perubahan tersebut mampu mengurangi stress Anda.

  1. Menceritakan masalah anda pada orang lain yang anda percaya

Anda bisa juga mengatasi stress dengan menceritakan masalah anda pada orang lain yang anda percaya. Tumpahkanlah semua perasaan yang terpendam dalam hati. Dengan demikian Anda akan merasa masalah Anda sedikit tercurahkan. Anda juga bisa meminta pendapat maupun saran dari orang tersebut.

  1. Musik

Musik dapat menenangkan pikiran Anda. Musik dapat mengatasi stress, ketegangan pikiran, perasaan tertekan, kekacauan pikiran dan susah fokus yang disebabkan oleh kelelahan mental, target pekerhaan, masalah pribadi atau karena beban pikiran dan beban perasaan lainnya.

  1. Libur dari pekerjaan dan melakukan aktivitas yang Anda sukai

Dengan mengambil libur dari pekerjaan Anda kemudian melakukan aktivitas yang Anda sukai, hobi maupun kegiatan bermanfaat lainnya dapat mengurangi stress Anda.

  1. Olahraga

Penelitian menunjukkan bahwa latihan fisik sehari-hari dapat membantu mencegah otak dari stress karena depresi. Anda sebaiknya melakukan aktivitas fisik seperti berjalan, jogging, bermain game seperti tenis atau sepak bola setiap hari selama minimal 30 menit untuk membuat pikiran rileks dan mempertajam indera Anda.

  1. Kunjungi Dokter

Apabila anda masih mengalami susah tidur dan benar-benar sudah mendapatkan efek samping dari stress berat yang dialami, cobalah untuk meminta bantuan profesional.  Kunjungilah psikolog atau psikiater, dan cobalah untuk mengatur satu hingga dua sesi konseling.  Mereka akan memberi anda berbagai alternatif yang bisa membantu mengatasi stress.

  1. Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi stress berat. Menurut penelitian, melakukan meditasi selama 25 menit setiap hari dapat memberikan efek yang sangat bagus. Cara ini cukup ampuh untuk membantu orang yang sedang memiliki tekanan yang berat.

  1. Pola Hidup Sehat

Pola makan dan pola hidup yang baik sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Maka, Anda perlu mengubah pola makan dan pola hidup menjadi pola hidup sehat.

  1. Jalan-Jalan

Anda bisa meluangkan waktu dengan berjalan-jalan sejenak untuk refreshing dari aktivitas Anda. Berjalan keluar mungkin jogging atau shopping bisa menjadi kegiatan yang membantu mengatasi stress. Selain itu, kegiatan ini dapat berpengaruh baik bagi psikologis Anda.

Dengan melakukan 10 cara mengatasi stress di atas, maka Anda akan merasa lebih baik. Hal-hal tersebut tetap harus disesuaikan dengan jenis stress Anda dan permasalahannya.(rr).

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *