Mengenal Hakikat Alat Medis dan Alat Kesehatan

Bagi Anda yang bekerja di unit pelayanan kesehatan, mungkin sudah paham mengenai perbedaan alat medis dengan alat kesehatan. Namun, untuk lebih mengenal hakikatnya berikut dijelaskan mengenai alat kesehatan dan medis serta perbedaannya. Alat kesehatan didefinisikan sebagai barang, instrumen aparat atau alat termasuk tiap komponen, bagian atau perlengkapan yang diproduksi, dijual atau dimaksudkan untuk digunakan dalam penelitian dan perawatan kesehatan, diagnosis penyembuhan, peringanan atau pencegahan penyakit, kelainan keadaan badan atau gejalanya pada manusia. Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 116/SK/79, alat kesehatan dapat digolongkan menjadi :

  1. Preparat untuk pemeliharaan dan perawatan kesehatan
  2. Pestisida dan insektisida pembasi hama manusia dan binatang  piaraan
  3. Alat kecantikan yang digunakan dalam salon kecantikan
  4. Wadah dari plastik dan kaca untuk obat dan injeksi, juga karet tutup botol infus
  5. Peralatan obstetri dan hgynekologi
  6. Pelalatan anestesi
  7. Peralatan dan perlengkapan kedokteran gigi
  8. Peralatan dan perlengkapan kedokteran tht
  9. Peralatan dan perlengkapan kedokteran mata

Sementara alat medis merupakan alat yang dipergunakan dalam bidang kedokteran atau medis. Fungsinya mulai dari pemeriksaan, pemeliharaan, sampai pengobatan. Banyak sekali jenis dari alat-alat kedokteran ini, begitu pun fungsinya. Beberapa contoh alat medis yaitu, stetoskop yang merupakan alat untuk mendengarkan detak jantung, suara usus, dan lain sebagainya. Dengan kemampuannya ini, stetoskop dapat digunakan pula untuk mengetahui kerja paru-paru dan juga untuk mengukur tekanan darah dengan mendengarkan denyut nadi.

index

Kedua, termometer yaitu alat medis yang dipergunakan untuk mengukur suhu tubuh. Ada dua jenis termometer yaitu termometer raksa dan digital. Perbedaannya terletak pada alat pengukurnya. Untuk termometer digital, jika suhu tubuh sudah didapat maka alat tersebut akan mengeluarkan bunyi dengan sendirinya sedangkan termometer raksa sendiri deteksinya memakan waktu yang lama, sehingga kurang efisien untuk dipergunakan. Ini salah satu alat yang wajib dimiliki dan tersimpan di kotak P3K Anda.

index2

Beberapa contoh yang lain yaitu tensimeter yang berfungsi untuk mengukur tekanan darah, spatel berfungsi untuk menekan lidah, Alat cek darah yaitu alat untuk mengecek kadar gula darah, juga dapat digunakan untuk mengecek asam urat dan kolesterol dalam darah. Dipergunakan pada pemeriksaan penyakit kolesterol, asam urat, diabetes, dan lain sebagainya.

Perbedaan dari alat kesehatan dan alat medis dapat kita simpulkan bahwa pertama, alat medis dan alat kesehatan berbeda dalam ruang lingkupnya yaitu alat medis berada dalam lingkup pengobatan kedokteran sementara alat kesehatan berada dalam lingkup perawatan kesehatan. Kedua, alat medis berada dalam ranah kuratif dan rehabilitatif seperti dalam pengobatan (stetoskop, termometer) sementara alat kesehatan berada dalam ranah preventif yaitu pencegahan seperti pada contoh pestisida, perawatan kecantikan. Ketiga, alat medis dan alat kesehatan keduanya memiliki perbedaan pula dalam penggunaan.

Dengan demikian, dapat kita bedakan hakikat antara alat medis dengan alat kesehatan. Sehingga kita lebih paham mengenai esensinya. Bagi Anda yang tidak bekerja di ranah kesehatan maupun medis mungkin penjelasan tersebut dapat memperbaiki persepsi masyarakat yang seringkali masih keliru dalam mendefinisikan antara alat medis dengan alat kesehatan.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *