Alat – alat yang Sering Digunakan oleh Petugas Medis

Alat-Alat Berikut ini Sangat Sering Digunakan oleh Ahli Medis. Apa Saja? – Tidak semua orang memiliki alat kesehatan yang lengkap, apa lagi di negara Indonesia ini yang notabenya masih sangat minim pengetahuan akan pentingnya kesehatan.

Kebanyakan masyarakat di Indonesia akan memiliki alat kesehatan jika memang sudah dalam tahap yang parah. Masyarakat enggan untuk menyediakan alat kesehatan ringan guna pencegahan terjadinya penyakit, misalnya menyediakan kotak P3K.

Dijamin tidak semua rumah memiliki kotak P3K. Kalaupun ada kotak P3K, pasti isinya tidak lengkap. Jalankan dirumah, di sekolah yang seharusnya memililki standar kesehatan yang baik pun masih belum banyak menyediakan kotak P3K yang lengkap. Padahal disetiap sekolah harusnya memiliki standar kesehatan yang baik untuk para siswanya.

uks-ilustrasi

Bisa kita jumpai beberapa sekolah yang minim sekali perhatian dari pihak sekolah. Bisa dilihat jelas saat menengok keadaan UKS. Ukuran UKS biasanya sempit, alat kesehatan serta obat yang tersedia tidak bisa dibilang memenuhi standar. Tempat tidur yang keadaanya kurang baik dengan sprei atau selimut yang keadaanya kurang baik pula.

Alat kesehatan sendiri tersedia berbagai macam dan jenis sesuai dengan fungsinya. Jika pada sebelumnya sudah dibahas sedikit mengenai alat kesehatan yang biasa tersedia di rumah dan di sekolah, berikut ini akan dibahas macam-macam dari alat kesehatan yang sering kita jumpai dirumah sakit dan sering digunakan oleh para ahli medis seperti dokter dan perawat. Berikut ini akan diuraikan beberapa macam alat kesehatan yang sering digunakan.

medical-device

  • Pertama adalah Stethoscopes atau biasa disebut dengan steteskop. Stetoskop merupakan alat kesehatan yang sering dipakai oleh para ahli medis. Alat ini berfungsi untuk mendengar suara yang berada dalam tubuh (internal) manusia ataupun hewan.
  • Kedua adalah Reflex Testing Hammer (Padded). Alat ini biasa digunakan untuk menguji tingkat reflek dari sistem motorik tubuh seseorang.
  • Ketiga adalah Blood Pressure Meter atau Sphygmomanometer. Alat ini sering digunakan untuk mengukur tekanan darah seseorang. Didalamnya terdiri atas komponen manset karet guna menekan aliran darah, menometer mekanik berguna sebagai pengukur dan merkuri.
  • Keempat adalah A Thin Bean Electric Torch atau yang biasa kita jumpai berbentuk menyerupai senter. Alat ini berguna dalam melihat kondisi dalam mata dan juga berguna dalam menguji reflek pupil pada mata terhadap sinar cahaya.
  • Kelima adalah Stopwatch. Guna alat ini adalah mendeteksi detak dan denyut nadi jantung serta berfungsi untuk menghitung laju pernafasan serta tes pendengaran.
  • Keenam adalah A measuring Tape yang merupakan pita pengukur dalam dunia kesehatan.
  • Ketujuh adalah Tongue Depressor. Alat ini biasa digunakan saat melakukan tes lesan.
  • Kedelapan adalah A weighing Machine. Kegunaan alat ini adalah untuk mengukur berat badan, dalam bahasa kita biasa menyebutnya dengan timbangan.
  • Kesembilan adalah Tuning Forks. Bentuk alat ini menyerupai garpu tala. Gunanya untuk resonator akustik yang memiliki ciri khas berbentuk U. Terbuat dari logam yang elastis. Obyek yang dapat diteliti biasanya berupa gema serta getaran.
  • Kesepuluh adalah Kidney Dish yang memiliki bentuk cekung yang dangkal serta biasa digunakan pada bangsal medis dan bedah yang berguna untuk menampung kotoran maupun limbah medis saat operasi, alat ini terbuat dari bahan kertas, plastik ataupun stainless steel.
  • Kesebelas adalah Bedpan yang juga sering disebut sebagai pispot. Alat ini berfungsi menyimpan cairan – cairan khusus seperti tinja dan kemih. Alat ini ada yang berbahan dasar logam, plastik atau kaca.
  • Keduabelas adalah Thermometer. Dalam dunia medis alat ini biasa dimanfaatkan untuk menghitung perubahan suhu dari pasien kemudian mengkonversikan kedalam bilangan numerik.
  • Ketigabelas adalah Gas Cylinders atau yang biasa kita sebut sebagai tabung gas. Alat ini biasanya berisi oksigen, karbondioksida dan nitrous oxide.
  • Keempatbelas adalah Oxygen Mask or Tubes. Axigen Mask merupakan Masker yang berguna dalam menghubungkan lubang pernafasan pasien dengan tabung gas. Kebanyakan digunakan untuk menyalurkan oksigen atau obat yang berbentuk gas pada pasien.
  • Kelimabelas adalah Vaporizer. Alat ini dapat menghasilkan uap.

Alat kesehatan sendiri masih memiliki macam yang masih sangat banyak kelimabelas daftar diatas hanya beberapa alat kesehatan yang biasa dijumpai dan sering digunakan para ahli medis. Alat- alat yang sering digunakan oleh petugas medis bisa jadi tergolong alat kesehatan yang dapat pula digunakan di rumah.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *