Perawatan Fraktur Bahu Menggunakan Korset Bahu

Perawatan Fraktur Bahu Menggunakan Korset Bahu – Pernahkah anda mengalami patah tulang? Mengalami patah tulang pada salah satu anggota tubuh pasti membuat Anda tidak nyaman. Bagaimana tidak, misalkan saja kaki atau tangan anda mengalami patah tulang, tentu aktivitas anda akan terganggu, dan bahkan bisa jadi anda harus istirahat total dan meninggalkan semua pekerjaan. Patah tulang merupakan gangguan pada bagian persendian atau pun tulang yang terjadi karena terkilir, terjatuh, terbentur batu benda keras, dan sebagainya. Tidak hanya patah tulang, namun beberapa kejadian tersebut juga dapat menyebabkan tulang berada tidak sesuai pada posisinya. Secara umum patah tulang yang sering dialami oleh banyak orang adalah patah tulang kaki, dan tangan. Padahal pada beberapa kondisi, ada pula seseorang yang mengalami patah tulang pada bagian bahu.

Patah tulang pada bahu, atau dikenal dengan patah tulang selangka, fraktur klavikula, atau fraktur bahu adalah cedera tulang akibat tabrakan atau terjatuh yang menyebabkan bahu sebagai tumpuannya. Tidak hanya itu, patah tulang bahu bisa juga terjadi karena terjatuh dan bertumpu pada tangan maupun lengan, sehingga menyebabkan dampak getaran yang sangat kuat untuk kemudian dampaknya dapat tersalurkan ke tulang selangka dan mematahkannya.

bahbah2Tulang selangka merupakan dua tulang yang berada di dada bagian atas, tepat di bawah leher. Kedua tulang inilah yang menghubungkan tulang dada dengan tulang belikat. Jika bagian ini mengalami cedera atau patah tulang, tentu penderitanya akan sulit menegakkan dadanya. Pengobatan patah tulang bahu biasanya dilakukan dengan operasi. Namun setelah operasi pasien atau penderita harus melakukan pemulihan yang cukup lama. Setidaknya untuk anak-anak penyembuhan bisa memakan waktu tiga hingga enam minggu. Begitupun pada orang dewasa tentu dengan kondisi tulang bahu yang sudah mengeras akan memerlukan waktu yang lebih lama dan bahkan bisa berbulan-bulan. Oleh sebab itu, pada masa penyembuhan si penderita disarankan untuk menggunakan sebuah alat yang disebut korset bahu.

Mendengar nama korset bahu, mungkin anda akan berfikir alat ini berbentuk layaknya korset yang digunakan pada perut. Korset bahu memiliki bahan yang tidak jauh berbeda dengan bahan untuk korset perut, hanya saja bentuknya disesuaikan dengan bagian bahu. Salah satu jenis korset bahu yang banyak digunakan adalah korset bahu Oppo 1072. Alat ini sangat baik digunakan pada penderita patah tulang bahu karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya :

  1. Menyangga dan melindungi bahu yang mengalami fraktur atau patah tulang akibat kecelakaan.
  2. Menghangatkan bahu dan bagian atas lengan.
  3. Melindungi bagian bahu yang mengalami cedera.
  4. Mencegah terjadinya cedera lebih lanjut.
  5. Membantu mempercepat proses pemulihan fraktur bahu.

Untuk dapat menggunakan korset bahu, ada beberapa petunjuk yang harus Anda perhatikan, yakni :

  1. Masukkan lengan ke dalam lengan bantuan pada korset bahu
  2. Tarik lengan korset hingga mencapai bahu.
  3. Tarik tali dada keatas kepala, lalu kebawah ketiak pada lengan sebelah (berlawanan)
  4. Pastikan pemakaian telah pas pada bahu.

Korset Bahu Pundak OPPO 1072 Shoulder Support Penyangga SSelain memperhatikan cara penggunaan, ketika membeli korset bahu pehatikan pula ukuran yang sesuai di gunakan pasien. Ada beberapa ukuran yang ditawarkan oleh produk Oppo 1072, yakni S (83,2 – 93,3 cm), M (93,3 – 103,5 cm), L (103,5 – 13,7 cm), dan XL (113,7 – 126,4 cm). Ukuran tersebut dibuat demi memenuhi kebutuhan semua pasien. Mengingat cedera fraktur atau patah tulang bahu tidak hanya dialami oleh orang dewasa, namun juga anak-anak, remaja, dan semua kalangan dengan postur badan yang berbeda-beda. Gunakan korset bahu tersebut secara rutin dan hindari melakukan olahraga ketika masa penyembuhan atau tiga hingga empat bulan setelah masa penyembuhan dan pemulihan. Selain itu, melakukan terapi-terapi ringan juga penting dilakukan supaya bagian bahu anda tidak merasa kaku dan proses pemulihan dapat selesai dengan cepat. Jika masih ada beberapa hal yang dirasa perlu dikonsultasikan, jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Bagi anda yang mengalami cedera fraktur bahu, medicalogy menyediakan korset Oppo 1072 dari berbagai ukuran dengan harga terjangkau. Segera kunjungi www.medicalogy.com dan nikmati kemudahan berbelanja alat kesehatan disini. Anda juga bisa melengkapi kebutuhan perlengkapan bayi anda di toko kami. Semoga informasi ini bermanfaat.(dwy)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *