Tips Menggunakan dan Membersihkan Kursi Toilet Lipat

Tips Menggunakan dan Membersihkan Kursi Toilet Lipat – Sakit memang suatu hal yang tidak enak karena kita tidak bisa melakukan berbagai hal yang dilakukan saat kita sakit. Selain itu, ketahanan tubuh kita akan menurun karena virus dan bakteri yang menyerang kita. Bahkan untuk makan pun terkadang kita terasa lemas dan masih membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu sekarang berbagai alat sudah diciptakan untuk membantu para pasien untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari termasuk buang air.

4-alasan-wanita-sering-buang-air-kecil

Kebanyakan orang sakit tidak bisa menggunakan alat untuk buang air yang biasa dipakai oleh orang sehat karena mereka akan kesulitan bergerak apalagi untuk pasien yang harus selalu berada di tempat tidur. Oleh karena itu, para pasien membutuhkan alat khusus untuk membantunya buang air. Kursi toilet lipat digunakan untuk pasien yang tidak sanggup untuk jongkok saat buang air. Selain itu, kursi toilet lipat sangat praktis bisa dibawa kemanapun dan dipasang dimanapun baik di samping tempat tidur pasien atau di kamar mandi. Bisa juga diatur ketinggiannya sesuai dengan keadaan pasien.

Kegunaan Kursi Toilet Lipat

Tips-Melancarkan-Buang-Air-Besar

Secara umum, tujuan penggunaan kursi toilet lipat adalah untuk membantu kebutuhan sehari-hari biologis pasien untuk membuang kotoran dan untuk mengurangi pergerakan pasien. Dan secara khusus, membantu mengetahui kelainan urin atau feses pada pasien secara visual sehingga bisa diketahui tanda-tanda kemungkinan penyakit pada pasien. Khusus untuk kursi toilet lipat, sebelum menggunakannya, kita harus mempersiapkan berbagai alat seperti :

  1. Kursi toilet lipat
  2. Air bersih
  3. Tissue toilet dan tempatnya
  4. Sarung tangan bersih, masker dan celemek

Persiapan di atas dilakukan jika pasien membutuhkan bantuan perawat/keluarga selama proses buang air. Setelah semua peralatan siap, kita perlu berkomunikasi dengan para pasien sebelum melaksanakan prosedur penggunaan kursi toilet lipat.

Cara Kerja Kursi Toilet Lipat

Prosedur penggunaannya yaitu sebagai berikut :kursi-toilet-lipat

  1. Cuci tangan terlebih dahulu dan bersihkan tangan yang basah dengan tissue hingga kering.
  2. Bawa kursi toilet lipat ke dalam kamar mandi
  3. Buka lipatan kursi toilet lipat
  4. Pakai celemek, masker, dan sarung tangan bersih.
  5. Arahkan pasien untuk menanggalkan pakaian bagian bawah dan duduk di atas kursi toilet lipat sambil sedikit menekuk lututnya.
  6. Bila sudah selesai, dan pasien ingin membersihkan sendiri bagian tubuhnya maka perawat dapat membantu pasien menyerahkan tissue dan menyiramkan air.
  7. Buang tissue ke dalam kursi toilet dan tutup kembali kursi toilet tersebut.. Setelah itu keringkan bagian tubuh pasien sebersih mungkin.
  8. Buang kotoran pasien ke kamar mandi dan bersihkan kursi toilet dengan benar.

Kita bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk membersihkan kursi toilet lipat setelah pakai :

  1. Bawa kursi toilet lipat yang kotor ke dalam spoel hoek
  2. Gunakan sarung tangan untuk membersihkan kursi toilet
  3. Buang tissue habis pakai ke dalam keranjang sampah dengan memakai korentang spoel hoek
  4. Kemudian buang kotoran ke bak septic tank. Dengan cara menyiramkan air kran supaya kotoran akan hilang dari septic tank dan tidak menempel.
  5. Setelah itu sikat kursi toilet lipat dengan menggunakan sikat bertangkai, sikat bagian-bagian yang sulit untuk dijangkau seperti bagian kaki kursi agar kuman tidak berkembang biak di bagian tersebut.
  6. Lalu bilas dengan air bersih
  7. Larutkan desinfektan, lepaskan bagian toiletnya, dan rendam bagian toilet sampai semua bagian terendam. Sikat bagian kursi dengan larutan tersebut hingga bersih lalu bilas dan keringkan
  8. Bersihkan lagi bagian toilet tersebut dengan menyikat kembali dengan sikat bertangkai hingga sebersih mungkin.
  9. Angkat bagian toilet dari rendaman dan bilas di bawah kran/air mengalir agar kotoran tidak menempel lagi.
  10. Rendam bagian toilet kembali di dalam larutan pemutih (bayclin) yang ditaruh di ember atau bak. Tujuannya adalah untuk memutihkan bagian toilet dan membasmi kuman dengan benar-benar bersih.
  11. Angkat bagian toilet dari rendaman lalu keringkan dengan lap hingga benar-benar kering.
  12. Pasang kembali bagian toilet pada kursinya dan simpan pada tempat yang seharusnya.

Kita harus senantiasa menjaga kebersihan bahkan saat merawat orang sakit sekali pun untuk mencegah bakteri dan virus menyerang mereka. Selamat mencoba!

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *