Teknologi Kesehatan Terkini untuk Anda

Semakin berkembangnya ilmu teknologi, dunia kesehatanpun juga tidak mau ketinggalan. Hal ini dibuktikan dengan mulai terciptanya berbagai teknologi canggih kesehatan yang memudahkan siapa saja untuk mengecek kondisi kesehatannya.

Ya, kesehatan adalah suatu hal penting yang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Dengan kesehatan manusia dapat melakukan segala aktivitas tanpa perlu ada kendala. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor utama banyak perusahaan-perusahaan menciptakan teknologi kesehatan canggih. Nah, berikut adalah beberapa teknologi kesehatan canggih beserta fungsinya yang wajib anda ketahui.

  • Melafind (scanner kanker kulit berbasis gelombang elektromagetik)

Melafind

Kanker adalah penyakit berbahaya yang diderita oleh ribuan manusia di dunia. Bahkan perkembangan penyakit ini pun semakin bertambah setiap tahun. Alat ini tercipta sebagai upaya menekan permasahan tersebut, khususnya resiko pada kenker kulit.

Fungsi alat ini untuk membedakan atau mendeteksi antara tahi lalat yang tidak berbahaya dengan kanker kulit (melanoma). Sistem kerja melafind ini dengan memanfaatkan teknologi dari fotografi dengan berbagai jenis panjang gelombang elektromagnetik. Data yang telah didapat kemudian disamakan dengan database melanoma yang telah terkumpul sebelumnya.

  • Aspirin Elektrik

Aspirin Elektrik

Seseorang terkadang selalu menyepelekan jika sedang sakit kepala atau migraine dengan hanya meminun aspirin atau obat-obat yang dapat dibeli di warung terdekat. Walaupun aspirin memang terbukti dapat meredakan sakit kepala, namun ada baiknya jika selalu cek kesehatan. Nah, bagi anda yang kesal dengan permasalahan sakit kepala atau migraine, sekarang sudah ada alat canggihnya lo. Alat tersebut bernama aspirin elektrik. Dengan alat ini anda dapat menghilangkan rasa sakit kepala biasa atau migraine dengan cepat.

Alat ini berupa pemancar sinyal listrik kecil yang dapat ditanamkan dalam cranial (tengkorak), khususnya pada bagian rahang yang bergusi. Aspirin elektrik akan memancarkan implus listrik untuk memblokir sinyal sakit kepala yang dipancarkan oleh sebagian sistem syaraf yang disebut Sphenoplatine Ganglion (SPG) tersebut.

  • MyTensio

MyTensio

MyTensio adalah sebuah alat yang mampu memonitor tekanan darah dalam jangka waktu tertentu. Penggunaan alat ini juga dapat disinkronkan dengan HP, sehingga hasilnya dapat terlihat melalui smartphone. My tensio sangat cocok digunakan bagi para penderita darah tinggi. Alat ini di buat oleh perusahaan di Prancis bernama Bewell Connect.

  • Plester Anti Diabetes

Plester Anti Diabetes

Bagi penderita diabetes, sekarang juga sudah ada alat canggih yang dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula darah atau kadar glukosa dengan mudah dan praktis. Alat ini bernama plester anti diabetes. Penggunaan alat ini sangat mudah.

Sesuai dengan namanya, alat ini hanya ditempelkan pada kulit dan biosensornya akan mendeteksi perbahan biokimiawi pada kulit akibat fluktuasi kadar gula darah. Untuk mengetahui hasilnya, dapat dilihat langsung pada monitor khusus yang telah terhubung sebelumnya. Alat ini diciptakan oleh perusahaan alat medis bernama Echo Therapeutic.

  • Robodoc (Robot Check Up Kesehatan)

Robodoc

Alat canggih yang selanjutnya adalah Robodoc. Alat ini berupa robot yang diciptakan untuk membantu rumah sakit yang memiliki banyak pasien dan pengunjung yang ramai.

Fungsi kerja alat ini adalah mengontrol dan memonitor indicator vitalis pasien dari kamar-kekamar lain tanpa adanya gangguan yang sering terjadi ketika rumah sakit ramai.

Alat ini dikembangkan oleh perusahaan robot iRobot Corp yang memiliki reputasi baik dalam pengembangan teknologi kesehatan. Namun sayangnya, robot ini masih dalam tahap trial.

  • Deteksi Pembuluh Darah

alat pendeteksi pembuluh darah

Bagi anda yang sering mendonorkan darah, mungkin anda pernah merasa tidak nyaman dengan perawat yang salah menemukan pembuluh darah. Nah, sekarang anda tidak perlu merasa takut lagi, sebab alat canggih yang satu ini akan membuatmu terhindar dari kejadian tersebut. Alat yang menggunakan perangkat sinar inframerah ini dibuat oleh peneliti Blood Service dengan bentuk genggam sehingga dapat memudahkan siapapun termasuk pasien untuk melihat letak nadi dan pembuluh darah.

  • MicroCHIPS (Alat Kontrasepsi Modern)

MicroCHIPS (Alat Kontrasepsi Modern)

Bingung mau milih alat kontrasepsi yang aman? Sekarang ada solusi aman, praktis dan sangat canggih. Belum lama ini, sebuah lembaga penelitian di bidang kesehatan berhasil mengembangkan suatu alat kontrasepsi modern yang ditanamkan pada tubuh manusia. Chip ini nantinya dapat disinkronkan melalui smartphone sehingga memudahkan pengguna untuk mengendalikan. Jika pasien sedang tidak ingin memiliki anak, dia tinggal mengaktifkannyadan secara otomatis chips akan memberikan semacam serum yang biasa digunakan dalam metode kontrsepsi melalui suntikan.

Itu tadi beberapa rekomendasi alat-alat kesehatan canggih yang wajib anda tahu. Namun, meskipun alat-alat kesehatan sudah canggih, alangkah lebih baiknya untuk selalu menjaga kesehatan.

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *