8 Alat Kesehatan Canggih Yang Patut Dicoba

Plester Antidiabetes

Perkembangan teknologi memang tidak akan ada habisnya terutama di bidang kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan berbagai macam penemuan alat-alat kesehatan yang semakin cangih dan bermanfaat baik bagi tubuh.

Beberapa alat kesehatan canggih yang telah ditemukan diharap bisa membantu dalam penegakan diagnostik atau menunjang segala pengobatan yang ada.

1.Aspirin elektrik

Migran atau nyeri kepala sebelah seringkali menjadi momok bagi kebanyakan orang dan hal tersebut dapat mengganggu aktivitas kerja sehari-sehari. Cara pengobatan yang sering dilakukan adalah meminum obat-obatan yang diberikan oleh dokter. Penemuan alat kesehatan baru membuat anda tidak perlu khawatir dengan menggunakan aspirin elektrik. Alat ini bersifat sangatlah canggih dengan dasar dibuat menggunakan pemancar listrik kecil yang nantinya akan mampu membuat keluhan migran atau nyeri kepala tersebut hilang secara seketika.

Sebenarnya aspirin elektrik mempunyai kemampuan dalam menggantikan obat aspirin dengan berbahan dasar kimia. Penciptaan alat kesehatan ini dibuat oleh karena efek samping yang seringkali timbul ketika mengonsumsi obat0obatan berbahan dasar kimia seperti obat aspirin. Jika obat-obatan ini dikonsumsi secara berlebihan atau terus-menerus berefek dalam menurunkan fungsi kerja tubuh. Atas pertimbangan itulah dibuat aspirin elektrik dengan tujuan dapat menjadi inovasi yang ramah lingkungan serta mempunyai kualitas yang dapat diandalkan dalam mengobati migran.

2. Plester anti diabetes

Penyakit diabetes diperkirakan akan meningkat setiap tahunnya. Diabetes merupakan suatu penyakit kronis dan pengendalian gula darah menjadi kunci utama pengobatan ini. Pengendalian kadar gula darah sangat biasanya dilakukan dengan menggunakan test gula darah secara berkala. Terlalu sering cek gula darah tentu dapat mengganggu kenyamanan serta harus dilakukan secara hati-hati agar tidak terinfeksi oleh berbagai jenis mikroba penyebab penyakit lainnya. Oleh karena itu, perusahaan Echo Therapeutic berhasil mengembangkan plester anti diabetes. Plester digunakan dengan cara menempelkannya pada kulit dan biosensor yang ada diplester akan mendeteksi perubahan biokimiawi pada kulit terutama jika terjadi fluktuasi kadar gula darah. Informasi yang didapat akan dikirimkan secara nirkabel lewat monitor khusus. Jadi anda tidak perlu lagi merasakan sakit saat cek gula darah.

3. Kateter sapiens

Alat ini biasa digunakan untuk melakukan operasi jantung serta pemasangan katup jantung pada pasien yang dalam kondisi darurat atau kondisi di mana tidak mampu melewati fase rigor saat operasi. Katerer ini bekerja dengan memasangkan katup jantung tersebut lewat arteri femoral menuju katup jantung pasien yang rusak kemudian menambalnya.

4. Sikat gigi sensor kamera

Ternyata sikat gigi pun bisa berkembang menjadi alat kesehatan yang lebih canggih. Salah satunya adalah Oral-B Genius. Sikat gigi ciptaan Oral-B ini menggunakan teknologi Position Detection dengan menggunakan sebuah sensor yang diletakkan pada bulu sikat gigi. Sikat gigi jenius ini juga disematkan teknologi kamera video yang dapat mengenali area disekelilingnya.

Sikat gigi canggih ini akan bekerja sama dengan ponsel pintar saat digunakan. Alat kesehatan canggih ini menggunakan sikat bulu yang ada sehingga  memastikan bahwa seluruh area gigi telah tersikat dengan baik dan tidak ada yang terlewati. Sensor dan kamera yang terdapat pada sikat gigi akan langsung memberikan reaksi timbal balik lewat sebuah aplikasi mobile Oral-B App 4.1 terutama  jika mendapatkan area gigi yang terlewat sikat gigi.

Sikat gigi Oral-B Genius ini juga bekerja menggunakan bantuan baterai lithium yang dapat diisi ulang dayanya sehingga lebih praktis. Baterai dapat ditemukan pada gagang sikat gigi. Baterai ini ternyata bisa digunakan dalam kurun waktu dua minggu untuk setiap pengisian daya penuh. Alat kesehatan ini juga dilengkapi dengan sistem pencahayaan 360 derajat dan pilihan 12 warna berbeda yang bisa diatur melalui aplikasi ponsel sesuai dengan kebutuhan.

5. Robot check up kesehatan (RoboDoc)

Robot check up (RoboDoc) merupakan sebuah robot yang diciptakan sebagai alat check up kesehatan yang dilengkapi teknologi modern. RoboDoc sendiri diciptakan oleh dua perusahaan terkenal yaitu perusahan robot dan InTouch Health, sebuah perusahaan yang bergelut dalam bidang pengembangan alat kesehatan. Robodoc diberi nama RP-VITA Remote Presence Robot, memiliki kemampuan untuk memonitor dalam memonitor segala indikator vitalitas dari pasien satu kepasien lainnya.

Mekanisme kerja RoboDoc sendiri diatur oleh software yang mengendalikan sebuah alat bedah untuk memotong berdasarkan gambar hasil Rontgen yang didapat. Kekurangan dari alat kesehatan ini adalah walaupun gambar tulang dirontgen tampak terlihat jelas, namun bagian-bagian lunak terkadang tidak selalu bisa terlihat. Ini bisa menjadi risiko timbulnya komplikasi jika bagian-bagian lunak ini tidak terlihat secara jelas. Meskipun masih banyak pro dan kontra mengenai ciptaan RoboDoc ini, alat kesehatan ini tetap memberikan hasil baik saat melakukan check up kesehatan secara tepat dan hasil akurat.

6. Zeo Sleep System

Ini merupakan sebuah alat yang digunakan bagi para penderita insomnia. Alat ini berbentuk sebagai pita kecil yang dikenakan dikepala selama tidur dengan tujuan pasien dapat tidur nyenyak. Zeo Sleep System mampu mengukur gelombang otak saat anda sedang bermimpi dalam tidur dan menyelaraskannya dengan sebuah perangkat lewat Bluetooth. Alat yang dikemas menjadi sebuah aplikasi ini dapat mengatur waktu tidur berkualitas yang bisa diperoleh setiap malamnya. Hal iini sangatlah cocok bagi orang yang cenderung insomnia atau kecanduan kafein. Selain itu, alat ini sangatlah efektif dalam mengatur waktu kualitas tidur berdasarkan informasi perilaku yang dimasukkan. Alat ini juga memberiksan tips dan trik yang jelas untuk meningkatkan rutinitas tidur berdasarkan kebiasaan anda sehari-hari.

7. Pediatric Vision Scanner (PVS)

PVS merupakan sebuah perangkat genggam yang sebenarnya dirancang untuk membantu dokter memeriksa kelainan amblyopia ( “mata malas”) serta strabismus (mata sejajar) terutama pada anak-anak. Kasus amblyopia dan strabismus menjadi penyebab utama hilangnya penglihatan bagi anak-anak. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa 1 dari 20 anak mengabaikan kelainan mata yang gejala itu tidak dapat dilihat oleh orang tua dan sulit didiagnosis oleh dokter anak. Setiap tahunnya, ratusan ribu anak kehilangan penglihatan secara permanen akibat kurangnya deteksi dini dari diagnosis amblyopia dan strabismus. Jika deteksi dini bisa ditingkatkan, maka mereka dapat diobati dengan penggunaan kacamata atau penutup mata. Adanya PVS ini memberikan keakuratan sebanyak 94%, yang jauh melebihi apa yang telah kita lihat dari produk saat ini di pasar.

8. Scanner Kanker Kulit

Scanner kanker kulit dikenal dengan sebagai alat detector yang mampu membedakan tahi lalat yang sebenarnya tidak berbahaya dengan kanker kulit (melanoma) yang sebenarnya mematikan. Pemeriksaan melanoma ini biasanya menggunakan sampel jaringan atau lebih sering dikenal dengan biopsi. Namun, pemeriksaan dengan menggunakan sampel atau biopsi ini dianggap tidak efektif karena prosedurnya yang sering mengalami kesalahan sehingga hasil yang didapat pun tidak akurat. Oleh karena itu, diciptakan sebuah teknologi fotografi dengan berbagai jenis panjang gelombang elektromagnetik, kemudian data yang didapat akan dicocokkan dengan database melanoma yang telah dikumpulkan sebelumnya.(puja)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *