Mengenal Lebih Dekat Tentang Tensimeter

Apa itu tensimeter?

Tensimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur  tekanan darah. Dengan mengetahui berapa tekanan darah kita, kita dapat menilai apakah tekanan darah/ tensi darah kita normal atau tidak. Tekanan darah normal manusia dewasa adalah 100-130 mmHg untuk tekanan sistolik dan 60-90 mmHg untuk tekanan diastolik.

Tekanan sistolik adalah tekanan darah pada saat terjadi kontraksi otot jantung. Tekanan diastolik adalah tekanan darah saat jantung sedang relaksasi/ beristirahat. Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi jika tekanan darah/ tensi darahnya diatas 140/90mmHg. Dan dikatakan menderita tekanan darah rendah jika tekanan darah/ tensi darahnya di bawah 90/60mmHg.

Macam – macam Tensimeter

Pengukuran tekanan darah dengan cara konvensional atau manual tentu bisa melalui ujung ruas ibu jari, telunjuk, tengah atau manis, dengan meletakkan dibagian titik nadi seperti leher dan tangan maka dengan cara inilah Anda mengukur tekanan darah. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa menggunakan tangan tentu tingkat akurasinya kurang tepat, untuk itu perlu sebuah alat ukur tekanan darah yang tepat yakni dengan menggunakan tensimeter.

Nah, untuk mempermudah khalayak umum melakukan monitoring tekanan darah maka produsen kesehatan melansir sebuah alat yang dinamakan tensimeter. Alat ini sudah sejak lama hadir, dan digunakan diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Apalagi para penderita tekanan darah tinggi, jantung dan penyakit lain yang berhubungan dengan tekanan darah, maka wajib memiliki alat ini dirumah. Dan sedikitnya terdapat 3 macam-macam tensimeter yang ada saat ini, dan ketiganya memiliki kinerja serta fungsi yang sama, yakni sebagai alat ukur tekanan darah.

  1. Tensimeter Air Raksa

8

Merupakan jenis alat ukur tekanan darah konvensional yang sudah jarang digunakan oleh rumah sakit di luar negeri, alasan utamanya adalah sisi keamanan, karena terdapat air raksa sebagai pengukur tekanan darah maka jika pelindungnya pecah maka akab berakibat buruk bahkan di beberapa bagian tubuh berakibat fatal. Meski begitu, keunggulan tensimeter air raksa adalah memiliki tingkat akurasi yang baik, karena sistem kerjanya menggunakan dua alat yakni tensimeter dan stetoskop untuk mendengar munculnya bunyi suara tekanan sistolik dan diastolik pada jantung.
, keduanya dikombinasi sehingga bisa menyimpulkan secara akurat bahwa tekanan darah Anda normal atau tidak.

  1. Tensimeter Aneroid

Pada jenis ini penggunannya lebih aman, alat ukur tekanan darah Aneroid ini tidak menggunakan air raksa tetapi diganti dengan menggunakan jarum mekanik yang akan bekerja ketika tekanan udara yang melingkar pada lengan lewat bahan kain sintetis anti bocor ini. Prinsip kerja tensimeter Aneroid sama dengan tensimeter air raksa, keunggulan tensimeter Aneroid adalah lebih aman karena menggunakan putaran berangka sebagai penggantinya bukan air raksa. Seperti halnya dengan tensimeter air raksa, jenis aneroid masih menggunakan stetoskop.

9

  1. Tensimeter Digital

7

Tensimeter digital dipercaya lebih akurat, praktis dan modern. Tetapi penggunaan tensimeter digital ini dikhususkan untuk membantu yang terdapat masalah pada pendengaran, karena jika mengalami masalah tersebut tidak bisa menggunakan Tensimeter Aneroid atau Air Raksa. Mesin digital ini memiliki cara kerja sama, tetapi dikonversi secara digital dengan bantuan batu baterai sebagai daya.

Tetapi menurut beberapa pengakuan pasien penggunaan alat digital ini kurang akurat, apalagi daya atau baterai sudah melemah, tingkat akurasinya sudah tidak bisa dipercaya, bisa ukuran melebih batas normal sehingga membuat pa sien menjadi khawatir berlebih. Merupakan jenis alat ukur tekanan darah yang lebih modern dan akurat, langsung menunjukan hasil dalam bentuk angka. Berbeda dengan jenis air raksa yang memerlukan stetoskop untuk mendengarkan suara sebagai pertanda tekanan sistolik dan siastolik, maka tensimeter digital menggunakan sensor sebagai alat pendeteksinya sehingga baik dipakai untuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran.

Itulah 3 jenis tensimeter yang perlu Anda ketahui sebelum membeli, pilihan tentu ada ditangan Anda, dan perlu Anda ketahui juga bahwa untuk penggunaan alat ukur tekanan darah Air raksa dan Aneroid perlu asisten untuk melakukannya, tetapi jika jenis digital, Anda tak perlu asisten.

Saat ini sudah mulai umum orang memiliki tensimeter atau alat pengukur tekanan darah di rumah. Penggunaan alat ini relatif mudah, namun Anda harus teliti menggunakannya. Menurut James Beckerman, MD, FACC, dari St. Vincent Medical Center Portland Amerika, alat ini cukup mudah digunakan. Namun, dia menyarankan Anda melakukan tips berikut ini agar hasil dari pengukuran tekanan darah Anda bisa maksimal. Pertama, carilah lokasi yang tenang. Misalnya di dalam rumah atau di dalam kamar yang sejuk. Pastikan Anda nyaman dengan kondisi tempat Anda melakukan tes. Bila Anda menggunakan kemeja atau kaus lengan panjang, gulung ke atas hingga atas siku. Setelah itu istirahatkanlah tangan selama 5-10 menit dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas. Ikatkan manset (kain pengikat) sedikit di atas siku. Setelah itu baru nyalakan tensimeter digital Anda. Selanjutnya ikuti cara berikut untuk mengukur tekanan darah.

Tips cara penggunaan tensimeter :

  • Duduklah dengan lengan telanjang, boleh menggunakan baju lengan pendek atau lengan panjang yang digulung keatas. Perhatikan gulungan lengan baju, jangan terlalu ketat.
  • Letakkan lengan secara bebas di atas meja, dengan posisi lengan sama tinggi dengan jantung.
  • Pasang manset di lengan kira-kira 2,5 cm dari siku.
  • Pastikan pemasangan manset tidak terlalu ketat. Beri jarak setinggi 2 jari antara manset dan lengan.
  • Beri tekanan pada manset dengan memompa atau dengan memencet tombol on off pada tensimeter digital jenis 2.
  • Hentikan pemompaan, maka tekanan pada manset akan berkurang dan darah bisa mengalir lagi ke lengan bawah. Pada tensimeter yang menggunakan stetoskop bunyi/ detak nadi yang pertama kali muncul adalah tekanan sistolik dan bunyi/ detak nadi yang terakhir kali terdengar adalah tekanan diastolik. Pada tensimeter digital, hasilnya akan keluar secara otomatis pada layar.
  • 30 menit sebelum melakukan pengukuran jangan melakukan aktifitas yang terlalu berat, jangan merokok, jangan minum-minuman yang berkafein seperti kopi, teh, soda dan jangan konsumsi obat-obatan yang mengandung kafein, seperti Panadol dan lain lain.
  • Sebelum melakukan pengukuran duduklah dengan tenang selama 5 menit, jangan stress.
  • Selama melakukan pengukuran tekanan darah, jangan berbicara.
  • Lakukan pengukuran 2-3 kali, dengan selang minimal 2 menit, dan hitung rata-rata hasilnya.
  • Untuk penderita hipertensi, perlu dilakukan pemeriksaan tensi darah setiap hari untuk mengetahui efek obat antihipertensi yang diminum. Lakukanlah pengecekan pada waktu yang sama setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Tidak perlu repot untuk keluar rumah untuk mendapatkan alat – alat ini. Anda tinggal duduk dan memesan secara online dan menunggu paket kiriman Alat kesehatan Anda akan datang. Yap, dengan memesan secara online di www.medicalogy.com, segala alat kesehatan yang Anda inginkan akan sampai kerumah Anda. Dengan jaminan kualitas 100% Asli, distributor alat kesehatan nomor 1 di Indonesia, Medicalogy menjadi solusi dari segala masalah kesehatan Anda. Jangan lupa untuk melihat  katalog alat kesehatan terbaru dari kami dan mensubscribe email Anda, untuk mendapatkan update promo  – promo terbaik dari toko kami. Salam sehat!(tp)

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *