Pemeriksaan Urine Cepat Dengan Urine Strip

Urine merupakan salah satu hasil dari sisa metabolisme atau kotoran yang harus dikeluarkan dari tubuh. Selain itu urine juga membantu mengatur jumlah cairan yang ada di dalam tubuh manusia. Zat yang keluar bersama urine adalah zat sisa yang memang harus dikeluarkan dari tubuh seperti racun, obat dan zat buruk dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jika tidak dikeluarkan maka bisa menjadi sumber penyakit.

_9664649185

Apakah Anda pernah melakukan tes urine? Jadi sebenarnya pemeriksaan urine dapat dilakukan untuk mengetahui kelainan atau kondisi yang terjadi pada kandung kemih. Selain itu tes urine juga dilakukan untuk mengetahui berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh gangguan metabolisme pada tubuh. Faktanya ada berbagai alasan yang membuat seseorang harus melakukan tes urin. Tes tersebut biasanya diperlukan atas rujukan dari dokter atau rumah sakit. Bahkan ada beberapa lembaga khusus yang menjadikan tes urine sebagai syarat tes kesehatan, termasuk juga bagi Anda yang melamar pekerjaan atau sedang bekerja di suatu perusahaan. Hampir semua perusahaan yang menginginkan karyawan dan calon karyawannya melakukan tes urine sebagai salah satu syarat lolos tes kesehatan.

Urine Analyzer : Perkecil Human Error pada Pemeriksaan Urine

Pada dasarnya ada berbagai jenis metode tes urine yang dapat dilakukan oleh seseorang. Diantara tes urine tersebut adalah tes urine strip, tes analisis urine, tes kultur urine, tes kehamilan, tes urine untuk narkoba dan dopping serta pengujian tes urine selama 24 jam. Kali ini kita akan mengulas khusus tentang tes urine strip.

Fungsi Strip Urine

Tes urine strip adalah salah satu jenis tes urine yang dilakukan dengan cepat. Dalam hal ini akan digunakan strip khusus sebagai alat utama tes. Strip khusus ini akan dicelupkan ke dalam sampel urine yang ingin di tes selama beberapa detik. Hasil tes dapat dilihat dari perubahan warna indikator pada strip khusus tersebut. Semua jenis prosedur tes ini data dilakukan dengan mudah.meskipun begitu pengambilan sampel urine ini harus dilakukan dengan benar. Kelebihan tes urine strip adalah tes ini dapat dilakukan di rumah, rumah sakit, klinik dan juga laboratorium.

Berikut ini adalah fungsi-fungsi dari tes urine strip yang perlu Anda ketahui :

  1. Tes urine strip dapat bermanfaat untuk mengetahui salah satu kondisi yang menggambarka penyakit pada bagian bawah perut.
  2. Tes ini juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi penyakit yang menyerang bagian punggung dan juga penyakit pada saluran kandung kemih.
  3. Tes ini juga dapat digunakan untuk melihat kondisi kesehatan urine jika urine mengandung darah.
  4. Khusus untuk penderita diabetes, tes ini dapat berfungsi untuk mengetahui kadar gula dalam urine.

5 Penyakit Ini Bisa Dideteksi Dari Urin

Untuk penilaian tes urine strip ini sendiri ada beberapa poin yang dapat diambil. Beberapa jenis standar penilaian yang digunakan dalam tes urine strip adalah nilai pH harus 5-7, keton negatif, bilirubin negatif, urobilinogen negatif, gula negatif, nitrit negatif, sel darah putih negatif dan sel darah merah negatif. Semua penilaian yang dilakukan harus menunjukkan nilai negatif karena Jika hasil tes ada yang menunjukkan nilai positif, maka bisa menjadi indikasi penyakit tertentu.

Indikasi Penyakit Yang Dapat Dideteksi Urine Stripe

dfi-strip-cek-urin-dus-10-m-0Dari tes urine strip ini jika ada hasil yang menunjukkan nilai positif maka Anda harus melakukan tes lanjutan untuk mengetahui penyakit atau masalah yang sebenarnya. Berikut ini adalah beberapa indikasi penyakit yang dapat dilihat dari nilai positif yang terdapat dalam tes urine strip :

  • Penyakit Batu Kemih

Jika dalam pengujian urine strip Anda mendapatkan nilai pH kurang dari 5 atau lebih dari 7 maka itu berarti ada infeksi yang terjadi pada bagian saluran kemih. Dalam taraf ini Anda membutuhkan tindakan lanjutan dan perwatan lebih khusus.

  • Peradangan Ginjal

Indikasi ini bisa dilihat jika dalam tes urine strip ditemukan tingkat protein yang terlalu tinggi (positif).

  • Diabetes

Jika dalam tes urine strip ditemukan bahwa nilai keton positif (ada) maka hal ini berarti urine Anda mengandung gula.

  • Infeksi Bakteri Dalam Darah

Untuk indikasi yang satu ini dapat dilihat jika dalam tes urine strip ditemukan adanya sel darah putih dan nitrit.(dwi)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *