Mengetahui Kadar Karbon Monoksida Dengan Smokerlyzer CO Detector

Udara merupakan hal yang terpenting untuk manusia, terutama udara bersih. Udara yang selama kita hirup ini merupakan campuran dari beberapa gas. Gas-gas dalam udara tersebut ada yang bersifat negative untuk tubuh ada juga yang bersifat positif. Tentu kita tau gas yang bersifat negative ialah gas yang berasal dari asap rokok, transportasi maupun industri. Gas yang dihasilkan dari asap rokok, transportasi dan industri ini mengandung karbon monoksida yang bisa membahayakan bagi manusia.

Smokerlyzer Co Detector

Korbon monoksida yang memiliki rumus kimia CO ini merupakan gas yang tak berasa, berwarna dan berbau.  Karbon monoksida merupakan senyawa inorganik yang merupakan hasil pembakaran tak sempurna dikarenakan memuat hanya satu atom oksigen saja. Karbon monoksida ini bersifat racun bagi tubuh. Afinitas yang dimiliki terhadap hemoglobin 300 kali lebih kuat dari pada oksigen. Jika kita terpapar gas ini terlalu banyak akan dapat mengurangi atau mengilangkan sepenuhnya kemampuan hemoglobin untuk mengedarkan oksigen keseluruh tubuh. Jika dalam keadaan konsentrasi yang tinggi bisa menyebabkan kematian untuk seseorang, karena karbon monoksida dapat mempengaruhi sistem syaraf tubuh, sestem kardiovakuler atau kerja jantung, janin dan seluruh organ yang ada dalam tubuh yang peka terhadap oksigen.

Jenis-Jenis Alat Kesehatan Rumah Sakit

Micro2-500x500Untuk menghindari hal tersebut dibutuhkannya alat yang bisa mendeteksi atau mengukur jumlah kardar karbon monoksida baik itu pada suatu ruangan maupun yang ada dalam tubuh manusia. Smokerlyzer Co Detector adalah alat yang membantu untuk mengukur kadar gas monoksida dalam napas dan juga aliran darah seseorang dengan melakukan tes napas non invasive. Dilakukanya tes ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penggunaan rokok seseorang atau untuk mengetahui apakah orang tersebut merupakan perokok atau bukan. Meskipun kita bukanlah seorang perokok aktif namun jika selalu terpapar asap rokok, tentu karbon monoksida yang ada diasap tersebut bisa masuk dalah tubuh, karena perokok pasif lebih menerima dampak buruknya dari pada perokok aktif. Smokerlyzer Co Detector ini sangat mudah digunakan, tidak perlu dimasukkan dalam tubuh hanya tinggal meniupnya saja hasil akan terlihat pada layar yang tertera pada alat tersebut, selain itu tes ini juga murah.

Smokerlyzer Co Detector ini tidak hanya digunakan langsung pada manusia, akan tetapi sejumlah tempat tertentu yang diinginkan untuk mengetahui kadar karbon monoksida yang ada.  Karena bahanyanya karbon monoksida ini tentu membuat kita khawatir karena gas ini tidak berwana dan berbau namun sangat mematikan. Untuk mencegah keracunan dari gas karbon monoksida adalah:

  1. Tidak menyalakan mesin motor dan mobil pada ruang tertutup, dalam ruangan ataupun gang sempit. Jika ingin memanasi kendaraan bermotor lebih baik diluar ruangan. Asap kendaraan bermotor seperti yang telak kita ketahui merupakan penghasil karbon monoksida dan merupakan penyebab polusi terbesar yang ada dibumi
  2. Jika menggunakan pemanas ruangan manual atau tungku pembakaran pastikan asapnya keluar ruangan, jangan biarkan asap tersebut terperangkap dalam ruangan.
  3. Hindari melakukan aktivitas pada jalan raya pada waktu yang lama, apalagi jika tidak menggunakan masker ketika mengendarai kendaraan beroda dua
  4. Hindari juga berdekatan dengan orang yang sedang merokok

Smokerlyzer Co Detector yang dipasang dalam ruangan bisa mendeteksi orang yang merokok meskipun pada saat tersebut orang itu tidak sedang merokok. Karena alat ini dapat bekerja saat orang tersebut menghembuskan nafas, bisa juga bau asap yang masih menempel pada pakaian yang sedang digunakannya. Alat ini bisa digunakan untuk perokok yang merokok secara diam-diam.

Kupas Tuntas Nebulizer, Alat Terapi Pernapasan paling Populer

pico_monitor_1Sensor yang terdapat pada Smokerlyzer Co Detector ini memiliki sensitifitas yang tinggi dan waktu yang relative cepat terhadap karbon monoksida. Keluaran yang dihasilkan oleh sensor tersebut berupa sinyal analog dimana sensor ini membutuhkan tegangan direct current 5V. Nilai resistansi sensor ini dapat berubah bila mengenai gas serta pemanas yang digunakan untuk pembersih ruangan dari kontaminasi udara luar. Rangkaian yang sederhana diperlukan untuk sensor ini, dan juga membutuhakn power heater sebesar 5V, load resistance dan juga output sensor dihubungkan pada analog to digital yang akan dikeluarkan dalam bentuk sinyal digital.(dwi)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *