Jenis-Jenis Alat Kesehatan Rumah Sakit

edan-ecg-se-1200-12-channel-keyboard

Alat kesehatan rumah sakit disuplai oleh banyak pabrik khusus pembuat alat rumah sakit. Untuk membuat alat ini tentu memerlukan riset, terutama untuk alat-alat canggih, seperti USG, rontgen, audiometer, dan-lain-lain. Jadi, wajar jika alat ini mahal.

Alat kesehatan rumah sakit dibagi dalam beberapa kategori, yaitu:

Alat Kardiologi

Alat kardiologi digunakan untuk mendiagnosa penyakit jantung dan pembuluh darah. Berikut contoh alat-alat kardiologi, EKG, stetoskop, vena finder, kateter, treadmill, dan X Ray film.

Alat Farmasi

Alat farmasi yang dijual bebas di pasaran adalah alat peracik puyer manual, blender obat, kertas perkamen, sendok racik puyer, dan alat peracik puyer elektrik.

Alat Sterilisasi Medis

Ada dua alat sterilisasi medis yang biasa digunakan, lampu UV dan Autoklaf. Untuk alat sterilisasi lampu UV, ada yang menggunakan lampu UV 4 lampu, ada yang menggunakan 5 lampu.

Alat THT

Alat THT digunakan oleh dokter spesialis THT merawat telinga, hidung, dan tenggorokan. Alat THT memiliki beragam jenis, seperti timpanometer, tonometer, otoskop, audiometer skrining, audiometer diagnostik, aksesoris audiometer, laringoskop, dan kotak kedap suara.

Alat Kedokteran Umum

Alat kesehatan rumah sakit bagian kedokteran umum meliputi stetoskop, penlight GC, dan stetoskop dual head.

Alat Kesehatan Paru

Alat kesehatan paru biasanya berupa peak flow meter, mucus extractor, sprirometer, dan masker CPAP.

Seragam Medis

Seragam medis diciptakan bukan untuk tujuan fashion, tetapi untuk kepentingan medis. Berikut contoh seragam medis, baju pasien, gelang pasien, jas laboratorium, baju operasi OK, baju operasi, baju perawat, dan jas dokter.

Alat Bedah

Alat bedah digunakan tidak hanya untuk operasi besar, tetapi juga operasi minor. Contoh alat bedah adalah electrosurgical device, lampu operasi, mesin anestesi, and infusion pump.

Furniture Rumah Sakit

Furniture rumah sakit masuk ke dalam golongan alat kesehatan rumah sakit. Furnitur ini didesain sesuai kebutuhan pasien, seperti X Ray Film reviewer, tempat tidur, inkubator bayi, examination bed, meja operasi, dan kursi transfusi darah.

Breathalyzer

Ada dua breathalyzer yang dijual bebas di pasaran, yaitu alcohol detector dan smokerlyzer CO detector.

Alat Ginekologi

Alat Ginekologi sangat beragam, namun yang mudah didapatkan adalah fetal doppler, bilirubin meter, CTG doppler, dan USG.

Alat Neurologi

Alat neurologi ada dua yang biasa dilihat di ruang praktek dokter, yaitu EEG dan alat analisa stress.

Alat Forensik

Untuk alat kesehatan rumah sakit yang bisa dijual bebas di pasaran adalah body bag atau kantung mayat dan mortuary refrigerator atau pendingin penyimpan mayat.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *