Sekilas tentang Alat Laboratorium untuk Tes Narkoba

multi-drug-panel-test-3-panel-chemtron

Tes deteksi penggunaan narkoba melalui urine sering kita dengar. Tetapi tahukah anda bagaimana cara alat ini bekerja dan hal apa saja yang perlu diketahui agar alat ini bekerja maksimal, juga dimana saja alat ini biasa digunakan?

Alat tes narkoba ini termasuk alat laboratorium, menggunakan urine untuk mengukur kandungan narkoba dalam tubuh seseorang. Yang menggunakan alat ini bukan hanya kepolisian saat razia narkoba saja, tetapi juga perusahaan-perusahaan elit. Mereka umumnya mengharuskan calon pegawainya melalui tes narkoba ini sebelum dinyatakan lolos seleksi. Karena model alat yang simpel siapapun dapat dengan mudah menggunakan alat ini.

Sekarang ini orangtua juga direkomendasikan membeli alat ini untuk memantau pergaulan anak-anak remaja mereka. Dengan rutin tes urine orangtua jadi tahu apakah anak-anak mereka bersih dari narkoba atau tidak.

Alat tes narkoba ini memberikan hasil yang cepat, juga tanpa prosedur tes darah karena menggunakan urine. Sebagian besar alat laboratorium sekarang ini didesain mudah digunakan, memberikan hasil yang cepat dan fungsinya bisa bermacam-macam. Umumnya alat ini juga digunakan untuk screening alkohol, bukan hanya narkotik seperti amphetamines, benzodiazepines, marijuana, kokain, PCP dan opium saja.

Cara Penggunaan

Gunakan cup spesimen. Untuk hasil tes lebih akurat, biasanya seorang perawat akan menemani orang yang akan dites mengambil urine. Ini untuk mencegah kemungkinan curang. dan, menginstruksikan untuk bersihkan lebih dahulu bagian intim. Jangan sentuhkan cup spesimen ke bagian intim. setelah urine dirasa cukup, segera berikan pada dokter, perawat, atau pihak yang sedang mengetes.

Alat deteksi narkoba ini tidak menjelaskan seberapa besar kandungan narkoba yang dikonsumsi, tetapi mengukur seberapa besar kemampuan tubuh membentuk antigen-antibody. Hasil tes ini diukur dalam bentuk ng/ml (nanogram per milimeter). Hasil tes diperlihatkan dalam bentuk angka. Tetapi, ada pula alat tes deteksi narkoba yang menunjukkan hasil berupa strip. Warna strip akan berubah jika hasil yang diperoleh positif atau negatif. Jika anda tidak pernah menggunakan narkoba, bisa jadi anda memperoleh positif palsu. Atau, anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Segera hubungi rumah sakit untuk menindaklanjuti hasil tes tersebut dan lakukan tes GC/MS.

Jika anda perlu memiliki alat deteksi narkoba ini di rumah, anda bisa dapatkan di Medicalogy.com.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *