Waspada! Minum Alkohol Dapat Memperburuk Diabetes

minum-alkohol-buruk-bagi-diabetes

Apakah Anda penderita diabetes? Atau orang terdekat anda mengidap penyakit yang ditandai dengan kadar gula dalam darah yang sangat tinggi ini? Dalam upaya pengobatan, tentu penderita diabetes harus menghindari hal-hal yang dapat memperburuk diabetes yang dideritanya. Salah satunya adalah dengan menjauhi minuman beralkohol. Alasannya dikarenakan minuman beralkohol dapat memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan dan dapat memperburuk diabetes.

Bagaimana pengaruh mengkonsumsi alkohol pada penderita diabetes di antaranya seperti yang dijabarkan di bawah ini:

  • Ketika minum minuman beralkohol dalam jumlah yang dibatasi memberikan dampak meningkatkan kadar gula darah. Berlaku sebaliknya, berlebihan meminumnya justru dapat menurunkan kadar gula darah. Terkadang kadar gula darah turun hingga pada level yang berbahaya.
  • Minuman beralkohol seperti bir dan anggur mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula darah.
  • Alkohol menstimulasi nafsu makan sehingga orang yang meminumnya terus menerus merasa lapar. Pada penderita diabetes, hal ini pertanda yang berbahaya karena makan secara berlebihan terlebih tidak memerhatikan kandungan gizi dari makanan yang disantapnya, dapat mempengaruhi kontrol gula darah.
  • Alkohol dapat mempengaruhi penilaian Anda dalam mengambil keputusan. Termasuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan makanan. Menyebabkan Anda memilih makanan yang sebenarnya harus dihindari dan tak baik bagi kesehatan.
  • Minuman beralkohol memiliki banyak kalori. Akan sulit menurunkan berat badan berlebih jika terus menerus mengkonsumsi minuman keras ini.
  • Alkohol dapat mengganggu pengaruh positif dari obat-obatan yang dikonsumsi oleh penderita diabetes.
  • Alkohol dapat menyebabkan munculnya rasa mual, dan meningkatkan denyut jantung.
  • Alkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida (salah satu jenis lemak yang mengalir dalam darah) dengan cepat.
  • Alkohol dapat meningkatkan tekanan darah sehingga menyebabkan hipertensi.

Lalu, apakah itu berarti penderita diabetes yang suka mengkonsumsi minuman beralkohol tidak dapat meminumnya lagi? Pada dasarnya penderita  diabetes tetap dapat mengkonsumsi minuman satu ini asalkan hanya sesekali dan dalam jumlah yang dibatasi. Namun, meski demikian ada penderita diabetes yang harus benar-benar berhenti mengkonsumsinya, yakni  penderita diabetes yang memliki kadar gula darah yang tak terkontol dengan baik. Untuk lebih jelasnya tanyakan pada dokter Anda apakah minuman alkohol aman untuk Anda yang menderita penyakit diabetes. Jika dokter mengatakan Anda tidak boleh meminum alkohol, maka tinggalkanlah dan jangan pernah meminumnya lagi. Ganti dengan minuman yang aman untuk dikonsumsi.

Beberapa Hal Penting yang Harus Diingat ketika Minum Minuman Beralkohol :

  • Jangan lupa untuk makan terlebih dahulu sebelum menegak minuman keras ini. Mengkonsumsi alkohol dalam keadaan perut kosong, dapat membahayakan kesehatan Anda.
  • Jangan minum lebih dari 1 gelas minuman beralkohol untuk wanita, dan 2 gelas untuk pria. Minumlah secara perlahan-lahan, jangan cepat-cepat atau menghabiskannya dalam satu teguk.
  • Campur minuman beralkohol dengan air, soda atau diet soda, sehingga dapat mengurangi kadar alkohol yang masuk ke dalam tubuh. Hindari minuman beralkohol yang dicampur dengan krim dan pemanis.
  • Selalu cek kadar gula darah ketika Anda minum minuman beralkohol dan cek hari selanjutnya untuk melihat pengaruh alkohol pada Anda.
  • Ceritakan pada orang terdekat Anda bahwa Anda menderita diabetes, atau perhatikan orang terdekat Anda yang menderita penyakit ini. Beritahu tanda-tanda ketika kadar gula darah rendah sehingga mereka memiliki pemahaman mengenai penyakit diabetes.

Sama dengan pepatah “Lebih baik mencegah daripada mengobati”, akan lebih baik melakukan pencegahan dari segala sesuatu yang membahayakan kesehatan tubuh. Dalam hal ini dengan menghindari minuman beralkohol yang memberikan banyak efek negatif dan malah memperburuk diabetes. Jika penderita diabetes tidak mengontrol asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, dampaknya dapat memicu peningkatan gula darah yang signifikan. Pada akhirnya hal tersebut membahayakan kesehatan penderita diabetes sendiri. Oleh karena itu, Anda harus bijak dalam mengatur makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh mengingat betapa pentingnya kesehatan. Ikuti dan terapkanlah pola makan sehat yang disertai olahraga secara rutin dan konsisten.(ad/dn)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *