Tulang Penyusun Rangka Manusia

Tulang Penyusun Rangka Manusia – Bergerak adalah salah satu ciri khas pada makhluk hidup, termasuk manusia. Manusia bisa bergerak karena memiliki sistem gerak yang terdiri dari alat gerak pasif, yaitu rangka manusia dan alat gerak aktif yaitu otot. Kedua alat gerak ini harus bekerja sama agar kita dapat bergerak

Rangka adalah sekumpulan tulang-tulang yang saling berhubungan. Tulang tersebut saling berhubungan dan menyambung. Tulang penyusun rangka manusia dapat dibedakan menjadi tiga kelompok utama yaitu rangka kepala atau lebih dikenal dengan tulang tengkorak, tulang badan, dan tulang anggota gerak (anggota tubuh). Berikut penjelasanya:

  1. Rangka Kepala ( tulang tengkorak)

model-tengkorak-kepalaRangka kepala atau yang dikenal dengan nama tengkorak, terdiri dari tulang penyusun yang berbentuk pipih dan saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, sehingga membentuk rongga. Tulang-tulang tersebut mengelilingi dan melindungi organ tubuh yang vital seperti otak. Tulang tengkorak sendiri terdiri atas dua bagian utama yaitu tulang tengkorak bagian kepala (tempurung kepala) dan tulang tengkorak bagian muka (wajah). Tulang tengkorak bagian kepala berfungsi untuk melindungi bagian kepala yang lunak seperti otak. Tulang ini termasuk tulang yang tidak dapat digerakkan. Tulang-tulang tersebut meliputi satu buah tulang dahi, dua buah tulang ubun-ubun, satu buah tulang kepala belakang, dua buah tulang baji, dua buah tulang tapis, dan dua buah tulang pelipis.

Tulang tengkorak bagian muka berbentuk seperti langit-langit yang terdiri dari rongga hidung dan rongga mata. Tulang-tulang penyusunnya meliputi dua buah tulang rahang atas, dua buah tulang rahang bawah, dan dua buah tulang pipi, dua buah tulang langit-langit, dua buah tulang hidung, dua buah tulang air mata, dan satu buah tulang lidah, dari semua tulang yang ada di bagian muka hanya tulang rahang bawah yang merupakan satu-satunya tulang tengkorak yang dapat digerakkan, yaitu pada saat manusia mengunyah makanan dan berbicara.

  1. Rangka badan

Rangka_manusia_plastikRangka badan manusia terdiri dari kelompok tulang belakang yang terdiri atas ruas-ruas tulang belakang yang berfungsi sebagai penyangga tulang tengkorak dan merupakan tempat melekatnya tulang-tulang rusuk yang berbentuk pipih dengan panjang sekitar 15 cm. Tulang rusuk (iga) pada manusia umumnya berjumlah dua belas pasang dan berdasarkan perlekatanya pada tulang dada, tulang rusuk digolongkan menjadi tiga, yaitu tulang rusuk sejati, tulang rusuk palsu dan tulang rusuk melayang. Tulang-tulang ini berfungsi untuk melindungi organ vital seperti jantung. Selain itu ada tulang gelang bahu yang terdiri atas dua buah tulang belikat dan dua buah tulang selangka.

Tulang belikat berbentuk segitiga pipih dan mempunyai tonjolan yang dikenal dengan taju paruh gagak. Sedangkan tulang selangka mempunyai bentuk seperti huruf  S, biasanya  ujung tulang selangka melekat pada tulang dada, sedangkan ujung yang lain melekat pada ujung bahu tulang gelang panggul yang terdiri atas dua buah tulang usus, dua buah tulang duduk, dan dua buah tulang kemaluan, tulang-tulang tersebut memiliki hubungan yang erat satu dengan lainya.

  1. Rangka Anggota Gerak

Rangka anggota gerak meliputi tulang anggota gerak atas dan tulang anggota gerak bawah. Tulang anggota gerak atas berhubungan dengan gelang bahu, sedangkan tulang anggota gerak bawah berhubungan dengan gelang panggul. Tulang anggota gerak atas terdiri dari  tangan kanan dan kiri yang masing-masing terdiri atas satu buah tulang lengan atas, satu buah tulang pengupil, satu buah tulang hasta, delapan buah tulang pergelangan tangan lima buah tulang telapak tangan dan empat belas buah tulang jari

Tulang anggota gerak bawah terdiri dari kaki kanan dan kiri yang masing-masing terdiri atas satu buah tulang paha, satu buah tulang tempurung lutut, satu buah tulang kering, satu buah tulang betis, tujuh buah tulang pergelangan kaki, lima buah tulang telapak kaki, dan empat  belas buah tulang jari. Tulang paha merupakan tulang pipa yang terbesar dibandingkan kerangka yang lainya. Setiap tulang dihubungkan dengan sendi sehingga dapat bergerak. Kerangka tubuh manusia memiliki beberapa fungsi seperti menentukan bentuk tubuh, menegakkan tubuh, melekatkan otot atau daging, melindungi bagian-bagian tubuh yang penting dan lunak, sebagai tempat pembentukan sel-sel darah, sebagai alat gerak pasif.  Karena itu ada baiknya kita  selalu merawat rangka tubuh kita  agar kita pun selalu sehat.(dwy)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *