Trypanophobia, Apakah Anda Salah Satunya?

takut jarum

Kenal dengan istilah trypanophobia? Atau mungkin Anda adalah salah satu orang dengan trypanophobia namun belum menyadarinya? Mungkin Anda pernah mengalami atau melihat orang lain yang hendak disuntik tetapi menolak karena takut dengan jarum suntik. Ya, inilah yang dimaksud dengan trypanophobia. Trypanophobia adalah suatu perasaan phobia atau takut yang berlebihan dan bersifat terus menerus terhadap jarum suntik. Ketakutan ini selanjutnya akan dapat menimbulkan reaksi fisik berlebihan karena dipengaruhi oleh pemikirannya. Sebenarnya ketakutan yang dirasakan oleh orang dengan trypanophobia seringkali tidak beralasan dan tidak berdasarkan logika yang jelas.

Trypanophobia muncul karena adanya beberapa hal yang mendasari. Biasanya penyebab dari phobia jenis ini adalah faktor psikis seperti memiliki pengalaman masa lalu yang kurang menyenangkan tentang jarum suntik, sehingga trauma ini terus-menerus terbawa hingga kini. Penyebab lainnya bisa karena terpengaruh dari cerita menakutkan orang lain tentang jarum suntik.

Trypanophobia memang tidak menyebabkan kematian, namun orang yang mengalami phobia jenis ini akan mengalami kesulitan jika harus mendapatkan perawatan medis yang kaitannya dengan jarum suntik, misalnya tes darah, perawatan gigi, vaksinasi, dan jenis injeksi lainnya, karena ia pasti akan menolak segala tindakan medis yang memerlukan jarum suntik. Bila trypanophobia dialami oleh seorang wanita yang baru memiliki anak, maka tak menutup kemungkinan jika ia tidak akan melakukan imunisasi terhadap buah hatinya hanya karena ia takut dengan jarum suntik. Tentunya hal ini sangatlah disayangkan karena dapat merugikan kondisi kesehatan sang buah hati.

Reaksi yang akan timbul pada orang dengan trypanophobia jika melihat jarum suntik ataupun akan diinjeksi bisa bermacam-macam satu sama lain, tergantung dari tingkatan phobianya. Biasanya reaksi tersebut antara lain panik, pucat, mengeluarkan keringat dingin berlebihan, berteriak, lari, menangis, bahkan ada yang hingga pingsan. Tak jarang, orang yang phobia jarum suntik ini juga akan merasa takut dengan dokter, takut jika menonton orang lain yang mendapat suntikan, takut melihat darah, serta berusaha untuk menghindari segala prosedur medis yang melibatkan jarum suntik. Apabila yang terjadi seperti ini maka dokter atau tenaga kesehatan lainnya harus sangat berhati-hati jika hendak menangani pasien yang mengalami phobia ini.

Lalu bagaimana solusinya jika Anda mengalami trypanophobia ataupun menangani orang dengan phobia jarum suntik? Berikut terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba:

  • Menerapkan teknik terapi hipnosis (hipnoterapi), karena teknik ini dipercaya dapat menjadi penanganan yang paling tepat untuk menyembuhkan phobia jarum suntik secara cepat dan permanen.
  • Mencoba mengalihkan perhatian orang yang mengidap phobia ini ketika ia hendak diinjeksi.
  • Untuk menangani orang yang phobia jarum suntik, Anda dapat menggunakan anestesi topikal atau pereda rasa sakit yang dapat dioleskan ke kulit. Anestesi topikal ini akan membuat seseorang kebal terhadap rasa sakit akibat suntikan jarum. Sebenarnya jarum suntik hanya akan menimbulkan sedikit saja rasa sakit bagi kebanyakan orang. Tetapi bagi orang dengan trypanophobia, rasa sakit selama disuntik ini akan terasa sangat hebat. Oleh karena itu anestesi topikal dapat sangat membantu meredakan rasa sakit ini.
  • Minum obat antiansietas. Obat jenis ini dinilai bisa sangat membantu mereka yang takut pingsan atau mudah pingsan selama disuntik. Namun perlu diperhatikan pula dosis obat yang harus dikonsumsi agar tidak berlebihan.

Itulah sekilas informasi mengenai trypanophobia. Ada baiknya jika kita bukan termasuk pengidap phobia jenis ini, karena sebenarnya jarum suntik bukanlah suatu benda yang perlu ditakutkan. (pf)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *