Konsumsi Ini Agar Tekanan Darah Anda Meningkat

8-Makanan-Pencegah-Hipotensi-Pada-Ibu-Hamil food-for-hypotension-2

Bagi sebagian orang, hipertensi atau hipotensi merupakan suatu kondisi yang cukup mengganggu aktifitas sehari-hari. Pasalnya, penderita akan mengalami beberapa keluhan seperti pusing, ngantuk, pandangan kabur, sulit berkonsentrasi, terlihat lemah dan loyo, atau bahkan pingsan. Hal ini tentunya hal ini akan membuat seseorang menjadi kurang aktif dan kurang produktif. Jika Anda termasuk penderita hipotensi atau yang sering mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan, maka beberapa bahan ini dapat Anda coba agar tekanan darah kembali dalam rentang normal.

Bagi sebagian orang, tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan suatu kondisi yang cukup mengganggu aktifitas sehari-hari. Pasalnya, penderita akan mengalami beberapa keluhan seperti pusing, ngantuk, pandangan kabur, sulit berkonsentrasi, terlihat lemah dan loyo, atau bahkan pingsan. Tentunya hal ini akan membuat seseorang menjadi kurang aktif dan kurang produktif. Jika Anda termasuk penderita hipotensi atau yang sering mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan, maka beberapa bahan ini dapat Anda coba agar tekanan darah kembali dalam rentang normal.

1. Wortel

Selain memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, ternyata wortel juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengatur tingkat tekanan darah hingga stabil. Agar dapat mengobati hipotensi, wortel dapat dikonsumsi dengan cara dijus. Jangan lupa untuk menambahkan dua sendok makan madu dalam segelas jus wortel. Minum saat kondisi perut masih kosong sebanyak dua kali sehari (pagi dan sore hari) untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

2. Lemon

Lemon dinilai sangat efektif untuk mengobati tekanan darah rendah. Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengatur sirkulasi darah dan menjaga kestabilannya. Konsumsi segelas air perasan lemon yang dicampur dengan sedikit gula dan garam untuk mengobati hipotensi.

3. Kismis

Kismis dianggap sebagai obat alami yang sangat baik untuk mengobati hipotensi. Kismis membantu meningkatkan fungsi kelenjar adrenal sehingga dapat menjaga level tekanan darah dalam batas normal. Konsumsi kismis untuk menaikkan tekanan darah dapat dilakukan dengan cara merendam sekitar 30-40 kismis dalam secangkir air semalaman, lalu memakannya di pagi hari saat perut masing kosong. Lakukan rutin selama 1 bulan untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

4. Kafein

Kafein yang terdapat pada kopi, cokelat, dan minuman berkafein lainnya dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Kafein dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin dan menghalangi hormon yang bertanggung jawab untuk pelebaran arteri.

5. Susu dan Almond

Sama halnya seperti kismis, susu dan almond pun dapat meningkatkan fungsi kelenjar adrenal. Rendam 4-5 almond dalam air semalaman, keesokan harinya lepas kulit almond kemudian blender. Almond yang telah diblender ini kemudian ditambahkan ke dalam secangkir susu panas lalu diminum. Konsumsi susu dan almond ini secara rutin setiap pagi selama beberapa minggu untuk mengobati tekanan darah rendah.

6. Kacang-kacangan

Selain kacang almond yang dicampur dengan susu, ternyata terdapat jenis kacang-kacangan lainnya yang dapat membantu meningkatkan tekanan darah, yaitu kacang merah, kacang polong dan kacang hijau. Disamping meningkatkan tekanan darah, jenis ini juga dapat membantu menstabilkannya.

7. Garam

Sudah banyak yang mengetahui bahwa konsumsi garam yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi, sehingga jika keadaan yang terjadi adalah sebaliknya yaitu hipotensi, maka konsumsi garam akan dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan kandungan natrium yang ada di dalamnya. Namun hati-hati, konsumsi garam harus tetap dikontrol agar tidak berlebihan.

8. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran dinilai dapat meningkatkan tekanan darah, namun tidak semuanya. Beberapa jenis sayuran yang dapat dikonsumsi untuk hipotensi diantaranya adalah ubi, bayam, sawi, kol, brokoli dan lobak.

9. Air Putih

Bagaimanapun, air putih adalah yang paling sehat untuk dikonsumsi. Meminum air putih dalam jumlah yang cukup akan menghindari Anda dari dehidrasi dan dapat meningkatkan tekanan darah.

Kini Anda sudah mengetahui makanan dan minuman apa saja yang baik untuk mengobati hipotensi. Konsumsilah secara teratur agar memberikan hasil yang maksimal. Selamat mencoba. (pf)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *