Mengenal Timbangan Bayi Untuk Mengetahui Perkembangan Berat Bayi Anda

Timbangan bayi, alat yang dipergunakan untuk mengetahui berat bayi yang baru lahir, awal timbangan menggunakan timbangan dacin atau timbangan gantung manual.

Timbangan bayi

Selama ini mungkin bagi Anda perkembangan berat badan bayi Anda menjadi misteri. Apakah berat badan bayi Anda sudah sesuai dengan standar dalam kesehatan atau tidak. Untuk itu penting bagi Anda untuk menimbang bayi Anda. Timbangan bayi merupakan salah satu alat yang dapat Anda gunakan.

Timbangan bayi adalah alat yang dipergunakan untuk mengetahui berat bayi yang baru lahir. Awal mula timbangan menggunakan timbangan dacin atau timbangan gantung manual, yaitu cara pemakaiannya dengan mengaitkan kain berupa ayunan kemudian bayi atau balita diletakkan pada kain tersebut.

Rumah sakit, posyandu ataupun klinik kesehatan merupakan tempat yang biasa menggunakan timbangan bayi dalam aspek kesehatan. Namun saat ini sudah banyak toko – toko alat kesehatan yang menjual timbangan yang dapat Anda gunakan di rumah untuk memantau berat badan bayi Anda. Timbangan sangat diperlukan untuk mengetahui data berat badan dari seorang bayi atau balita untuk memudahkan dalam pemantauan kesehatan pada tubuh anak tersebut.

Timbangan bayi didesain dan dirancang khusus agar nyaman dan memudahkan dalam penggunaannya. Seperti yang kita ketahui, bayi yang baru lahir sangatlah sensitif terhadap benda apapun, maka dari itu timbangan sekarang memiliki bentuk yang berbeda dari timbangan yang lain pada umumnya.

Timbangan bayiDahulu timbangan bayi yang digunakan lebih banyak yang menggunakan kain, atau sering disebut dengan timbangan dacin. Penggunaannya dengan cara bayi diletakkan atau ditidurkan di kain lalu ditimbang, namun untuk saat ni lebih banyak menggunakan timbangan digital, karena timbangan digital lebih mudah dan lebih efisien serta beban maksimal pada timbangan bayi biasanya sekitar 20 kg.

Timbangan digital merupakan timbangan bayi yang mempunyai akurasi yang tinggi, dengan indikator skala pembacaan berupa angka digital. Timbangan bayi jenis ini mempunyai kapasitas maksimum 20 kg disertai akurasi hingga 0.01 kg dan dapat menimbang berat terkecil yaitu 20 gram.

Timbangan bayiTimbangan manual atau timbangan bayi analog merupakan salah satu jenis timbangan bayi yang mempunyai indikator skala pembacaan berupa jarum. Timbangan jenis ini dapat menimbang berat bayi mulai dari lahir hingga 20 kg dengan akurasi 0.05 kg pada pengukuran 0 – 10 kg dan akurasi 0.1 kg pada pengukuran 10 – 20 kg.

 

 

Tips Memilih Timbangan Bayi

Pertumbuhan bayi di bawah 1 tahun memang tergolong cepat, tentu saja Anda sebagai ibu ingin mengetahui perkembangan dari bayi Anda. Untuk itu perlu bagi Anda memiliki timbangan bayi  yang dapat Anda gunakan di rumah. Sebelum membelinya penting bagi Anda untuk mengetahui tips memilih timbangan yang sesuai untuk bayi Anda. Berikut ini beberapa tips memilih timbangan bayi yang sesuai :

timbangan bayi

1. Anda dapat memilih timbangan dengan ukuran dan berat yang mendukung mobilitas

Penimbangan bayi berbeda dengan balita, bayi belum bisa berdiri seperti halnya balita. Untuk itu penimbangan untuk bayi dilakukan dengan cara posisi tidur. Sebelum Anda membeli timbangan, pastikan timbangan memiliki ukuran panjang yang ideal sehingga bayi bisa diletakkan pada timbangan dengan nyaman tanpa ada bagian tubuh yang menggantung.

2. Pilihlah timbangan dengan unit pengukuran yang detail

Bila memungkinkan, ada baiknya Anda memilih produk dengan detail unit pengukuran ≤10 gram. Timbangan ini lebih sesuai untuk mengamati perkembangan berat badan bayi. Sebagian produk bahkan memiliki unit pengukuran yang lebih kecil, yaitu 5 bahkan 1 gram.

3. Pilihlah timbangan berdasarkan kapasitas rentang pengukuran

Kapasitas pengukuran akan berpengaruh pada manfaat timbangan. Apabila Anda memilih timbangan dengan kapasitas rentang pengukuran yang luas, Anda dapat menggunakannya hingga anak sedikit lebih besar. Misalnya, timbangan dengan kapasitas rentang pengukuran hingga 20 kg, Anda dapat menggunakannya sampai anak berusia 4 atau 5 tahun. Bahkan, jika timbangan memiliki pengukuran maksimum hingga 30 kg, Anda tetap dapat menggunakannya sampai anak berusia 6 tahun.

4. Pilihlah timbangan berdasarkan fungsinya

Saat ini timbangan sudah banyak dilengkapi dengan dengan berbagai fungsi tambahan. Dengan demikian semakin mempermudah dalam penggunaan timbangan. Seperti, terdapat fungsi tera yang memungkinkan penggunaan alas kain atau handuk.

Itulah beberapa tips untuk memilih timbangan bayi, namun perlu juga bagi Anda untuk menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Anda dapat membeli timbangan bayi di Medicalogy.com. Medicalogy merupakan toko alat kesehatan online yang menjual berbagai alat kesehatan dari berbagai produk dan merek dengan harga bersaing dan banyak kemudahan. Medicalogy.com juga menyediakan berbagai jenis alat-alat kesehatan lainnya. Ayo tunggu apalagi, buktikan kemudahan berbelanja alat kesehatan Anda di Medicalogy.com dengan proses aman, cepat dan mudah. (sr)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *