Review Alat dan Spesifikasi Audiometer Maico MA 50

Review Alat dan Spesifikasi Audiometer Maico MA 50 – Audiometer adalah sebuah alat kesehatan yang difungsikan untuk pemeriksaan pendengaran. Audiometer mampu mengetahui tingkat pendengaran seseorang. Disamping itu audiometer juga dapat dimanfaatkan untuk melihat jenis gangguan pendengaran seseorang. Beberapa tujuan dari tes dengan menggunakan audiometer antara lain mengetahui jenis tuli dan melihat derajat gangguan pendengaran seseorang dimana ada beberapa derajat gangguan yaitu berat, sedang dan ringan. Ada beberapa jenis tuli yaitu tuli konduktif,tuli sensorineural dan tuli campuran. Audiometer juga dapat difungsikan untuk mengukur ketajaman pendengaran, mengindikasi terjadinya kehilangan pendengaran serta mencatat kemampuan pendengaran.

pendengaran-berkurang
Semua orang dapat melakukan pemeriksaan pendengaran. Bagi orang dengan indikasi tertentu lebih dianjurkan untuk melakukan tes pendengaran dibandingkan orang lain. Indikasi tersebut antara lain: adanya tinitus atau bunyi dengung di telinga, seseorang yang mengalami penurunan pendengaran, telinga terasa penuh, ada riwayat  tertentu seperti keluar cairan dari telinga, terpapar bising, pemakaian obat ototoksik, trauma di telinga dan adanya riwayat gangguan pendengaran dalam keluarga. Orang dengan gangguan keseimbangan juga perlu melakukan tes pendengaran.


Terdapat beberapa bagian dari alat audiometer yaitu headphone, switch indicator, switch interuptor, indikator (indikator frekuensi, nada, intensitas, perubahan fungsi audiometer), microphone, bone conductor dan masking indikator. Headphone berfungsi sebagai air conductor. Pemasangan headphone harus diperhatikan sesuai warna yang tertera, Warna biru digunakan untuk telinga kiri dan warna merah digunakan untuk telinga kanan. Switch indikator digunakan untuk memilih telinga mana yang ingin diperiksa.


Pemeriksaan telinga dengan menggunakan audimeter dilakukan dalam ruangan kedap udara.  Sebelum dilakukan pemeriksaan pasien harus melepaskan segala aksesoris. Anting dan alat bantu dengar bisa menganggu pemasangan headphone. Kebersihan telinga juga perlu diperhatikan. Tes pendengaran dimulai dengan memberikan berbagai macam frekuensi dan intensitas suara pada telinga pasien. Intensitas suara dicatat dengan program komputer atau plot manual.


maico-ma-50-audiometer-diagnostikAudiometer Maico MA 50 merupakan salah satu alat audiometer yang praktis. Alat ini telah terintegrasi dengan tas pembawa. Audiometer Maico MA 50 didesain dengan ruang penyimpanan. Ruangan tersebut dapat digunakan untuk menyimpan aksesoris alat. Hal ini memudahkan pengguna untuk membawa alat ini, tidak diperlukan tas khusus lainnya untuk menyimpan dan membawa alat. Audiometer Maico MA 50 dapat dioperasikan dengan mudah oleh pengguna. Pengoperasian alat ini juga cepat untuk dilakukan. Alat ini dilengkapi dengan layout keyboard dan lampu LED. Setiap fungsi bahkan telah dilengkapi dengan lampu LED untuk mengurangi resiko terjadinya error. LED display juga disediakan untuk mengatur frekuensi dan intensitas. Hal ini akan memudahkan dalam mengontrol pemeriksaan. Saat ini telah tersedia audiometer dari berbagai produsen yang menawarkan berbagai fungsi dan fitur. Masing-masing produk memiliki keunggulan salah satunya adalah Audiometer Maico MA 50.


Audiometer Maico MA 50 dapat digunakan dengan mudah. Alat ini dapat terkoneksi ke komputer karena telah dilengkapi dengan koneksi dan tampilan PC. Fitur ini akan memudahkan dalam mentransfer data secara otomatis ke PC. Fitur utama dari audiometer Maico MA 50 adalah sinus dan warble tone, masking noise, air dan bone conduction, alat didesain ergonomis, dilengkapi gagang yang lembut sehingga nyaman dibawa dan PC interface untuk memudahkan melihat hasil.
Berikut adalah spesifikasi Audiometer Maico MA 50:
·    Tingkat intensitas 5 dB
·    Sinyal pengukuran : pure dan warble tone
·    Frekuensi pengukuran (KHz): 0,125; 0,25; 0,5 ; 0, 75 ; 1 ; 1,5 ; 2 ; 3 ; 4; 6; 8
·    Rentang level air conduction antara -10 hingga 120 dB
·    Headset air conduction : DD45
·    Input : tombol patient respon
·    Output : bone conduction dan air conduction
·    Rentang level bone conduction antara -10 hingga 70dB
·    Sinyal masking : narrow, noise
·    Headset bone conduction : radio ear B71
·    Berat alat 4,6 kg belum termasuk aksesoris dan 5,8 kg termasuk aksesoris
·    Ukuran alat : 36 x 46 x 15 cm
·    PC interface : USB
·    Sumber daya : 50/60 Hz, 100 – 240 Volt, sekitar 25 VA
·    Standar : IEC 60601-1, IEC 6064501 kelas 3 sesuai dengan medical directive 93/42/EEC

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *