Rapid Test Malaria, Si Pendeteksi Penyakit Malaria

Menjaga kebersihan merupakan sebuah kewajiban yang tidak hanya penting untuk lingkungan namun juga kesehatan anda. Lingkungan yang bersih mampu mencegah bibit penyakit yang bisa saja dibawa oleh nyamuk. Nyamuk biarpun hewan yang kecil namun memiliki akibat yang fatal jika dihiraukan. Pasalnya beberapa nyamuk mampu mengakibatkan penyakit yang bisa menimbulkan kematian.  Salah satunya adalah Malaria yang pada 2010 lalu menginfeksi 544.470 orang Indonesia baik dari kalangan dewasa maupun anak – anak.

Malaria

Malaria pada mulanya adalah infeksi parasit akibat gigitan nyamuk Anopheles yang menyerang sel darah merah pada tubuh. Infeksi akibat gigitan nyamuk ini dinamakan sebagai infeksi plasmodium yang bahkan sempat menimbulkan kematian sebanyak 665.000 jiwa di seluruh dunia pada tahun 2010 lalu. Gejala timbulnya penyakit ini dimulai dari muntah, menggigil, demam hingga wajah terlihat pucat karena anemia. Apabila tidak  segera ditangani maka penderitanya akan mengalami Malaria serebral yang berujung kematian.

Ayo, Kenali Malaria Lebih Dalam!

Para balita pun rentan terkena penyakit Malaria yang dibuktikan pada hasil survey WHO dari jumlah korban jiwa di atas 86 persennya merupakan anak – anak. Malaria Selebral ini bahkan mampu membuat pasien mengalami koma hingga 30 menit lamanya disertai kejang – kejang. Untuk mengetahui adanya infeksi penyakit Malaria dalam tubuh perlu melakukan tes darah terlebih dahulu.  Mula – mula pasien diambil sampel darahnya untuk melihat kemungkinan adanya parasit berbentuk cincin yang merupakan ciri khas dari penyakit Malaria.

nyamuk-malaria-e1409816133555

Anda bisa melakukan pemeriksaan melalui puskesmas ataupun rumah sakit terdekat. Salah satu alat yang digunakan untuk memeriksa adanya penyakit Malaria dalam tubuh adalah dengan menggunakan rapid test Malaria. Rapid test Malaria biasa disebut juga dengan alat uji cepat Malaria yang juga tersedia di pasaran seperti di medicalogy.com.  Pengujian sampel darah dalam mandat yang diberikan oleh departemen kesehatan dianjurkan diperiksa dengan menggunakan mikroskop atau alat uji cepat.

Rapid Test Malaria

Pengujian menggunakan rapid test Malaria atau mikroskop sama – sama mampu memberikan bukti apakah ada plasmodium falciparum maupun plasmodim vivax pada darah atau tidak. Tak perlu takut jika dilakukan pemeriksaan menggunakan  alat rapid test Malaria sebab pasien tidak akan merasakan sakit. Rapid test Malaria berbentuk seperti test pack yang biasa digunakan sebagai alat pendeteksi kehamilan. Waktu pengerjaan menggunakan rapid test Malaria juga tidak terlalu lama yakni berkisar 1 menit dengan pembacaan mencapai 20 menit saja.

Rapid test Malaria menggunakan teknologi canggih yakni penerapan imunokromatografi dalam mendeteksi adanya infeksi Malaria dalam darah anda. Rapid test Malaria mampu mendiagnosis Malaria P.falciparum dan mendiagnosis Malaria P.Vvax. Alat ini juga bisa mendeteksi infeksi campuran yang terkadang terjadi pada beberapa orang.  Jumlah satu box biasanya berisi 10 buah alat tes yang juga dilengkapi dengan pipet tetes plastik, 1 botol buffer dan petunjuk penggunaannya.  Beratnya hanya mencapai 0.3 kg dengan harga bahkan tidak mencapai setengah juta serta memegang ijin edar AKD.

Jenis – Jenis Malaria

accses-bio-g0131-sk-rapid-testTentunya adanya alat ini bisa membantu anda mendeteksi penyakit Malaria lebih cepat dan aman untuk digunakan. Bagi pencegahan penyakit Malaria bisa dimulai sedini mungkin dengan cara sering membersihkan bak kamar mandi yang umumnya digunakan untuk menampung air. Menimbun benda – benda yang tak tepakai yang mampu dijadikan alat tampung air seperti kaleng bekas. Menyemprotkan obat nyamuk atau menyalakan obat nyamuk bakar untuk membunuh nyamuk yang bersarang di rumah anda. Bila sudah timbul gejala yan dicurigai sebaai Malaria pastikan dengan  menggunakan alat rapid test Malaria atau segera cek ke dokter.

Jangan coba – coba menunda – nunda pemeriksaan sebab bila tidak ditangani maka mampu membuat  nyawa anda melayang. Anda juga bisa berbelanja alat rapid test Malaria ini di medicalogy.com dan melakukan order  online. Tak perlu keluar rumah cukup nyalakan komputer dan berkunjung ke situsnya maka anda bisa mendapatkan rapid test Malaria berkualitas dengan harga terbaik.  Bila beruntung anda juga bisa mendapatkan diskon untuk beberapa alat kesehatan di toko online kami. Bagaimana berminat belanja online di medicalogy.com? Banyak promo dan diskon juga yang bisa anda nikmati di toko kami!(dwi)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *