Napas terhenti saat tidur, Kenali dan Waspadai Gejala Sleep Apnea

Penyakit gangguan tidur merupakan penyakit kelainan yang membuat pasien mengalami kesulitan pada mengatur pola tidurnya. Penyakit gangguan tidur atau disebut dengan sleep disorder memiliki ciri seperti Anda bangun tidur tidak merasa segar, mudah lelah, cepat mengantuk meski tidur cukup, sulit berkonsentrasi, hingga daya ingat yang menurun.

Baru baru ini artis komika Pandji Pragiwaksono mengalami gejala seperti napas terhenti saat tidur, terbangun dari tidur karena merasa tercekik bahkan batuk-batuk dimalam hari, tidur cukup tetapi badan tetap lemas, sakit kepala ketika bangun tidur, dan obesitas. Gejala yang dialami Pandji Pragiwaksono, merupakan gejala umum pada penyakit tidur yang disebut sleep apnea. Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang mengganggu aktifitas pernapasan seseorang hingga napas berhenti sementara pada saat tidur. Kondisi ini menyebabkan otak, jantung hingga seluruh tubuh akan kekurangan asupan oksigen yang tentunya sangat berbahaya untuk tubuh. 

sakit kepala

Penyakit sleep apnea ini tidak bisa disepelekan dapat meningkatkan resiko beberapa penyakit pada pasien, jika sleep apnea tidak segera ditangani antara lain :

  1. Sakit kepala dengan rentang waktu yang lama, disebabkan karena henti napas yang menganggu kerja otak karena tidak mendapatkan oksigen yang cukup.
  2. Penyakit jantung, kerja jantung yang extra keras saat kita tidur karena kurangnya asupan oksigen.
  3. Stroke
  4. Hingga pasangan Anda tidak ingin tidur dengan Anda, karena suara dengkuran yang terlalu keras.

Ada 2 Penyebab penyakit gangguan tidur / sleep apnea, yaitu sleep apnea obstruktif dan sleep apnea sentral berbeda:

  • Sleep apnea obstruktif kondisi disaat otot belakang tenggorokan mengendur, dan saluran pernapasan menyempit serta menutup saat bernapas. Hal ini menyebabkan menurunnya oksigen pada tubuh. Gangguan ini disadari otak dapat membangunkan penderita dari tidur untuk membuka kembali saluran pernapasan. Kondisi terbangun sangat sebentar hingga penderita dengan sleep apnea tidak mengingatnya.
  • Sleep apnea sentral, kondisi otak penderita yang gagal mengirimkan sinyal untuk otot bernapas. Ini Membuat otot tidak bernapas untuk beberapa waktu. Menyebabkan penderita terbangun dengan sesak napas, batuk-batuk hingga merasa tercekik yang berakibat memiliki kesulitan untuk kembali tidur.

Bagaimana cara pengobatan, ataupun cara mengatasi sleep apnea / penyakit tidur? Meruntut dari hasil test pemeriksaan Pandji Pragiwaksono, sleep apnea terkait dengan penurunan kualitas dan kuantitas tidur. Pengobatan sleep apnea dapat dapat dilakukan dengan perubahan gaya hidup, seperti mengatur pola tidur yang sehat sesuai dengan porsinya, dapat juga dengan menghindari minum-minuman alkohol, menghindari mengkonsumsi obat penenang, merubah posisi tidur (sebaiknya tidak tidur terlentang), mulai lah untuk berhenti merokok jika Anda perokok.

Pengobatan sleep apnea bertujuan untuk menormalkan pernapasan saat tidur. Guna menghindari adanya komplikasi seperti resiko jantung. Dapat juga dilakukan dengan terapi, dengan penggunaan perangkat bantuan napas pada saat tidur dengan mesin CPAP / continuous positive airway pressure. Sebelum melakukan pembelian peralatan terapi yang sesuai ada baiknya Anda perlu menghubungi dokter. Temukan produk – produk kesehatan lainnya maupun info terbaru tentang kesehtan Anda di medicalogy.com.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *