Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh agar Terbebas Virus Corona

Menjaga tubuh agar tetap sehat sangat penting terlebih di tengah pandemi corona seperti saat ini. Dari hari ke hari, kasus virus corona di negara kita memang terus bertambah namun kita tak boleh panik dibuatnya, oleh karena itu kita perlu meningkatkan imunitas tubuh yang dapat dilakukan dengan menjaga pola gaya hidup yang sehat. Banyak orang telah pulih dari Covid-19, artinya sudah diketahui terbukti bahwa sistem kekebalan tubuh dapat melawan virus corona. Nah, berikut beberapa tips meningkatkan imunitas tubuh :

1. Tidur yang cukup.

anterokini                                           source img: anterokini

Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa setidaknya membutuhkan tidur selama 7–9 jam setiap harinya. Tahukah Anda jika istirahat dan tidur yang cukup erat kaitannya dengan reaksi tubuh terhadap insulin? Yaitu hormon yang mengontrol tingkat glukosa atau gula darah. Kurang tidur membuat kadar gula darah kita lebih tinggi dari batas normal. Sebaiknya tidur sebelum pukul 23.00 akan membantu tubuh memperbaiki sel – sel dan organ dalam lainnya.

Jika Anda sulit tidur, cobalah membatasi waktu menatap layar handphone, tv, ataupun laptop selama satu jam sebelum tidur karena cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel, televisi, dan komputer dapat mengganggu ritme sirkadian atau siklus bangun-tidur alami tubuh Anda. Selain itu aromatherapy dan essence akan memudahkan Anda tidur.

2. Konsumsi makanan gizi seimbang.

kemkes                    source img: KemKes

Makanan gizi seimbang diperoleh dengan makanan yang bervariasi yaitu mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan mineral lainnya. Makanan kaya nutrisi dan antioksidan dapat memberi Anda keunggulan terhadap patogen berbahaya. Antioksidan dalam makanan ini membantu mengurangi peradangan dengan memerangi senyawa tidak stabil yang disebut radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan ketika mereka menumpuk di tubuh Anda dalam kadar tinggi. Oleh karena itu apa yang Anda makan sangat mempengaruhi kondisi tubuh baik dimasa sekarang ataupun masa mendatang.

Cara pengolahan makanan pun perlu diperhatikan misalnya sayur yang dimasak terlalu lama akan mengurangi kandungan vitamin dan mineral didalamnya, juga sangat disarankan menghindari makanan instant. Selain itu lengkapi pula dengan penunjang gizi dari buah, susu dan air putih yang cukup.

3. Rutin berolahraga.

klikhijau      source img: klikhijau

Keistimewaan olahraga sangat beragam, salah satunya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Menurut ahli di National Institutes of Health – Medlineplus, olahraga bisa merangsang kinerja antibodi dan sel-sel darah putih. Sel darah putih merupakan sel imun tubuh yang melawan berbagai penyakit. Melalui olahraga juga sel darah putih dapat bersirkulasi lebih cepat. Alhasil sel-sel tersebut bisa lebih awal untuk mendeteksi penyakit.Keunggulan lainnya dari berolahraga juga bisa membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernapasan. Kondisi inilah yang bisa mengurangi risiko terjangkit virus corona.

Lalu bagaimana dengan intensitasnya? Menurut anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam Physical Activity and Adults, orang dewasa (18–64) harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik aerobik intensitas sedang dalam satu minggu. Bisa juga 75 menit aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi dalam satu minggu.

 

4. Hindari stress, rokok, dan alkohol.

alodokter

source img: alodokter

Stres berlebihan tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, namun juga kesehatan secara umum. Sistem kekebalan seseorang yang sedang stres juga akan menurun, sehingga menjadikan tubuh sulit melawan penyakit. Hal ini disebabkan tubuh melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon tersebut juga mampu meluapkan energi secara percuma sehingga Anda merasa mudah lelah. Lalu bagaimana mengenali stres berlebihan atau stres jangka panjang? Umumnya ditandai dengan depresi, tidak nafsu makan, obesitas, disfungsi seksual, rambut rontok, dan gangguan mental. Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk kelola stress sebab banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari stress yaitu dengan mengutarakan beban pikiran, meditasi, menjalani hobi, dll.

Kemudian hindari perokok aktif maupun pasif dari asap rokok nikotin ataupun elektronik. Terpapar nikotin amat merugikan bagi sistem kekebalan tubuh karena dapat meningkatkan kadar kortisol (hormon stres) yang mengurangi pembentukan antibodi sel B dan respons antigen sel T (kelompok sel dalam sistem imun tubuh). Juga, mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menjadi bumerang bagi diri, apalagi di tengah-tengah pandemic corona. Ingat, kadar alkohol di dalam tubuh bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Semoga tips diatas dapat membantu Anda meningkatkan sistem imunitas tubuh dan jagalah kebersihan selalu, bila perlu gunakan desinfektan maupun peralatan kesehatan lainnya yang dapat Anda temukan di medicalogy.com

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *